Pantai Mambang Lamboya Sumba

Dari Pulau Sumba, mungkin pantai yang sering anda pernah dengar adalah Pantai Nihiwatu yang begitu hits, Pantai Bawana, atau Pantai Watu Parunu Sumba. Pernahkah anda mendengar Pantai Mambang? Pantai ini memang masih jarang disebut, padahal akses ke lokasi pantai sudah cukup bagus.

Akses ke Pantai Mambang Lamboya Sumba

Pasir putih Pantai Mambang – Foto: IG @upirocks

Pantai Mambang Lamboya terletak di desa Wetana, Kecamatan Lamboya Barat, Sumba Barat. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat kota Waikabubak atau sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil. Karena belum ada transportasi umum ke lokasi, maka sebaiknya anda menyewa mobil dari sekitar Bandara Tambolaka atau di Kota Waikabubak.

Dengan kata lain, anda harus memilih Bandara Tambolaka sebagai tujuan penerbangan anda. Karena belum ada maskapai penerbangan dari beberapa kota besar di Indonesia yang langsung menuju Bandara Tambolaka, maka kemungkinan besar, anda akan transit di Denpasar atau di Kupang.

Kembali ke perjalanan menuju wisata Pantai Mambang Lamboya Sumba. Meski memakan waktu yang cukup lama, anda tidak perlu khawatir atau merasa bosan. Karena sepanjang perjalanan menuju Pantai Mambang Lamboya Sumba, anda akan disuguhi ‘wisata’ alam lainnya, apalagi kalau bukan view Pulau Sumba yang hijau.

Deretan sawah, barisan pohon kelapa, dan rimbunnya rerumputan perbukitan di sepanjang perjalanan, akan membuat indera mata anda terasa segar. Sebuah pemandangan yang tidak akan didapatkan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau Medan. Hanya akan anda dapatkan saat traveling ke Pulau Sumba.

Eksplorasi Keindahan Pantai Mambang

View Pantai Mambang – Foto: sumbabaratkab.go.id

Setelah melewati beberapa jalan yang berkelok, dan perbukitan yang hijau saat musim hujan, dan coklat eksotik saat musim kemarau, kini saatnya anda bertemu dengan si pasir putih bak kristal dan si biru yang jernih bak kaca milik Pantai Mambang.

Di belakang pantai, anda akan melihat hijaunya perbukitan, dan di depan pantai anda akan melihat hamparan biru yang sungguh luas tak terbatas. Sangat kontras dengan putihnya pasir pantai yang menggelitik telapak kaki anda.

Gradasi Warna Pantai Mambang – Foto: IG @ilgian88

Selain bermain pasir, di Pantai Mambang anda bisa menikmati wisata bawah laut dengan cara menyelam atau snorkeling. Jernihnya Pantai Mambang Lamboya Sumba akan membuat anda lupa waktu saat menyelam atau snorkeling. Ombak Pantai Mambang juga sangat menantang bagi para peselancar. Anda bisa membawa papan selancar anda untuk menaklukan liukan ombak Pantai Mambang.

Spot foto di Pantai Mambang – Foto: IG @miranda_keiku

Tentunya anda bisa mengeksplor semua sudut pantai untuk menjadi background foto yang instagramable, dan memukau bila diposting ke dalam blog pribadi anda. Cukup siapkan sunblock agar kulit anda tidak terbakar. Dijamin, anda akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di Pantai Mambang yang biru jernih ini.

Mampir ke Desa ‘Pasola’ Gaura

Festival Pasola – Foto: NTT News

Bila anda traveling ke Sumba pada bulan Februari atau Maret, maka anda bisa sekalian mampir ke Desa Gaura, Kecamatan Laboya Barat, Sumba Barat. Jaraknya hanya 12 km dari Pantai Mambang Lamboya Sumba, atau sekitar 30 menit perjalanan.

Desa Gaura menjadi salah satu dari 4 desa di Sumba yang menggelar Festival Pasola. Festival yang menunjukkan kewibawaan para lelaki Sumba dalam adu lempar tombak sembari menunggang kuda. Konon, darah yang bercucuran akan menjadi ‘pupuk’ yang menyuburkan tanah desa, dan membuat hasil panen melimpah.

Pasola digelar sebagai bentuk rasa syukur warga yang menganut agama Merapu (agama asli suku Sumba) kepada Sang Maha Pencipta atas segala karunia melalui hasil bumi yang melimpah.

Biaya Ke Pantai Mambang

Pantai Mambang termasuk jenis pantai yang masih jarang dikunjungi. Fasilitas umum seperti warung penjual makanan pun belum ada, sehingga tidak ada biaya masuk ke pantai ini. Pastikan anda membawa perbekalan yang cukup untuk menghabiskan waktu di Pantai Mambang.

Satu lagi, sangat disarankan anda menyewa mobil beserta supir yang paham arah ke Pantai Mambang atau anda bisa memakai jasa tour guide, dan minta mereka memasukkan Pantai Mambang Lamboya Sumba ke dalam itinerary anda. Kemudahan kendaraan baru ada hanya saat Festival Pasola digelar, karena memang festival ini menjadi salah satu ikon yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan wisata ke Sumba.

Bila anda memiliki beberapa tujuan, maka gunakanlah jasa tour guide, atau menyewa mobil beserta supir, atau mengajak rekan anda yang memang warga Sumba. Ini supaya anda tidak tersesat dalam menemukan beberapa wisata surga di Sumba yang masih banyak tersembunyi.

So, let’s get lost!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x