Mengenal Kota Waibakul, Ibukota Sumba Tengah

Mengenal Kota Waibakul – Bagi kalian yang sudah pernah ke Sumba, pernah mendengar Kota Waibakul? Mungkin kota ini masih terdengar agak asing di telinga kalian.

Waibakul merupakan ibukota dari Kabupaten Sumba Tengah, sebuah kabupaten yang diapit oleh 2 kabupaten lain di kanan dan kirinya.

Letak Kabupaten Sumba Tengah di Pulau Sumba – Foto: Google Maps

Kabupaten Sumba Tengah sendiri merupakan kabupaten dengan populasi penduduk terendah di Nusa Tenggara Timur. Populasi penduduknya sekitar 80 ribuan berdasarkan data tahun 2018.

Dikarenakan hanya ada dua bandar udara di Pulau Sumba yang terletak di bagian barat dan timur, jarak dari bandara ke kota Waibakul terhitung agak jauh. Bandara terdekat ada di wilayah Sumba Barat Daya.

Dari Bandar Udara Tambolaka, wisatawan memerlukan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan darat untuk bisa mencapai kota ini.

Fasilitas Publik di Waibakul

Kota Waibakul

Pasar Baru Waibakul – Foto: Citra Hasan

Waibakul sebagai pusat dari wilayah Sumba tengah memiliki beberapa fasilitas publik untuk menunjang kehidupan warganya dan para pendatang.

Beberapa diantaranya adalah gedung-gedung bank, kantor pos, dan juga pasar tradisional bernama Pasar Baru Waibakul. Kota ini mengandalkan transportasi darat seperti mobil dan lainnya sebagai transportasi utama.

Jarak Tempuh Objek Wisata di Sumba Tengah dari Kota Waibakul

tempat wisata di Sumba Tengah

Air Terjun Matayangu – Foto: idntimes.com

Di sekitar kota ini kalian bisa menemukan beberapa situs wisata populer yang bisa disinggahi saat liburan. Misalnya Kampung Adat Pasunga, Air Terjun Matayangu, dan Pantai Maloba.

Jarak dari Kota Waibakul ke Air Terjun Matayangu sekitar 14 km, dan bisa ditempuh sekitar 25 menit perjalanan darat. Di tempat tersebut wisatawan akan disambut air biru jernih dan air terjun yang tidak terlalu tinggi namun deras.

Kampung Pasunga

Kampung Adat Pasunga – Foto @vita_pohan

Kemudian objek wisata Kampung Adat Pasunga yang hanya berjarak sekitar 4 km dari Waibakul, bisa ditempuh sekitar 10 menit naik mobil. Di kampung adat, kalian bisa menikmati keunikan arsitektur rumah adat dan keseharian warga kampung tersebut.

Pantai Maloba – Foto: Matthias Jungk

Objek wisata terakhir di Sumba Tengah yang dibahas di artikel ini adalah Pantai Maloba. Pantai ini terkenal dengan pemandangannya yang eksotis dan garis pantai menawannya.

Dari Waibakul, kalian bisa menyewa mobil untuk bisa mencapai pantai Maloba. Dalam waktu perjalanan sekitar satu setengah jam, kalian bisa mencapai pantai indah ini.

.

Sekarang apakah kalian sudah lebih mengenal Kota Waibakul dan tempat wisata sekitarnya? Mungkin Sumba Tengah bisa menjadi salah satu destinasi dalam rute liburan kalian.

Baca juga:

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x