Indahnya Air Terjun Pabeti Lakera yang Instagramable

Jika sedang ke Pulau Sumba jangan lupa mampir ke Air Terjun Pabeti Lakera. Sebuah destinasi wisata paling hits di Sumba yang dianggap bakal viral bahkan hingga ke mancanegara. Bahkan tempat pelesir ini disebut surga tersembunyi-nya Sumba.

Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Lakera//Merahputih

Jika ke air terjun ini jangan lupa membawa kamera tercanggih kamu lengkap dengan tripod-nya. Karena di sini banyak sekali spot alami yang masih perawan yang bikin hasil jepretan instagramable. Dijamin foto yang dihasilkan pasti memuaskan.

Di bawah ini akan dijelaskan review singkat tentang Air Terjun Pabeti Lakera Sumba. Silakan disimak kalau perlu masukkan ke jadwal perjalanan kamu saat liburan. Berikut ulasan selengkapnya:

Pesona Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Sumba//Merahputih

Air Terjun Pabeti Lakera adalah air terjun yang berada di atas bukit. Tebing curug sendiri berukuran cukup tinggi dan dipastikan tidak bisa melakukan tracking ke puncak karena deburan air yang jatuh begitu deras.

Di dasar air terjun terdapat kolam danau berair jernih. Di sekelilingnya terdapat bebatuan kali berwarna hitam yang berkilau saat diterpa cahaya matahari. Sedangkan air danau mengalir melalui sungai kecil yang jernih hingga batu kerikil terlihat ke permukaan.

Di sungai kecil ini juga banyak bebatuan kali berukuran kecil dan sedang. Umumnya traveler duduk di atas batu sambil kedua kaki berjuntai merasakan air sungai yang sejuk dan dingin. Dijamin jika aktivitas ini dilakukan rasa penat hilang seketika.

Aktivitas Wisata di Air Terjun Pabeti Lakera

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Air Terjun Pabeti Lakera. Jadi kamu tidak hanya disuguhkan pemandangan air terjun saja tetapi juga bisa menikmati dengan beragam kegiatan di sini. Ini kegiatan yang dimaksud:

1. Berenang di Kali Batu Hitam

Jika di dasar air terjun mungkin tidak direkomendasikan untuk berenang. Selain karena aliran air cukup deras kedalaman juga masih belum diketahui. Namun kamu bisa berenang di Kali Batu Hitam yang berjarak beberapa meter dari air terjun.

Di sini kamu bisa menikmati sejuknya air terjun dengan berenang sepuasnya. Apalagi kedalamannya tidak terlalu ekstrem bahkan ada yang hanya sebetis orang dewasa saja. Selain itu pemandangan alam di sekitar kali adalah hutan yang hijau.

2. Tracking Wisata

Aktivitas yang berikut adalah melakukan tracking wisata. Dengan kegiatan ini kamu bisa mencapai puncak air terjun yang suasananya jauh lebih menakjubkan. Untuk jalur tracking sendiri sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Ketika melakukan tracking traveler akan diajak mendaki dengan melalui jalur tikus di tengah hutan. Jika beruntung akan bertemu dengan hewan langka yang ternyata juga banyak di tempat tersebut.

Pastikan ketika melakukan tracking mengajak warga sekitar sebagai guide. Supaya traveler bisa sampai ke puncak tanpa harus tersesat. Namun di beberapa lokasi sudah disediakan papan penunjuk jalan menuju puncak curug.

Fasilitas Wisata Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Lakera Sumba

Air Terjun Pabeti Lakera Sumba//Merahputih

Sekalipun sebagai tempat wisata yang baru ditemukan tetapi pihak pengelola sudah meyakini kalau Air Terjun Pabeti Lakera akan menjadi destinasi hits dan ikonik di Sumba. Maka dari itu fasilitas wisata di dalam sudah mulai dipersiapkan.

Selain mulai membangun jalur tracking dan undakan-undakan buatan pihak pengelola juga membangun gazebo atau lopo-lopo yang jumlahnya cukup banyak tersebar di sekitar lokasi wisata. Ini untuk mempermudah traveler yang ingin rehat.

Tak hanya itu fasilitas parkir juga mulai dibangun. Lahan yang digarap juga cukup luas untuk menampung hingga puluhan kendaraan. Sedangkan pihak instansi terkait juga menyumbang lampu taman untuk menambah fasilitas wisata.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Pabeti Lakera

Curug Terjun Pabeti Lakera beralamat di Desa Delo Kecamatan Wewewa Selatan Kabupatan Sumba Barat Pulau Sumba. Jalur tercepat adalah melalui Waitabula yang merupakan ibu kota dari Sumba Barat.

Jarak dari Watabula hanya 20 km yang bisa diakses selama 1 jam dengan kendaraan. Jika tiba di Waimangura silakan cari toko untuk membeli bekal pelesir. Karena di curug masih belum ada warung yang menyediakan.

Setelah itu silakan lanjutkan perjalanan menuju desa Kabali Dana, Tenateke baru menuju Desa Delo. Ketika tiba di Pustu Delo belok kanan saja untuk langsung masuk ke kawasan Air Terjun.

Itulah review singkat tentang Air Terjun Pabeti Lakera di Pulau Sumba yang masih digratiskan untuk umum. Maka dari itu silakan datangi saat ini juga. Apalagi curug dibuka selama 24 jam non stop.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x