Air Terjun Ngadulara Sumba, the Undiscovered Heaven

Air Terjun Ngadulara terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya yang memiliki ibukota Tambolaka. Sumba Barat Daya termasuk wilayah Sumba yang mudah diakses, karena kabupaten ini memiliki Bandara Tambolaka dengan infrastruktur yang memadai.

Sumba Barat Daya sendiri memang kerap menjadi tujuan wisata populer bagi turis karena memiliki bentang alam yang indah. Beberapa contoh destinasi wisatanya yang sudah terkenal seperti Pantai Waikuri, Pantai Mandorak, Pantai Mbawana, dan Kampung Adat Ratenggaro.

Namun, Sumba Barat Daya tidak hanya memiliki pantai dan kampung adat, disini ada Air Terjun Ngadulara dengan panorama yang tidak kalah indah untuk dipamerkan di media sosial. Wisata Air Terjun Ngadulara lebih tepatnya berlokasi di Pada Ewata, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Air Terjun Ngadulara

Air Terjun, Destinasi Wisata Favorit di Musim Kemarau

Tidak seperti kota atau pulau lain yang hanya layak dikunjungi di salah satu musim, Sumba menawarkan keindahan yang berbeda di musim kemarau dan musim hujan. Wisatawan dapat mengunjungi Sumba di kedua waktu tersebut, tergantung pada apa yang mau dicari.

Di musim hujan, kita bisa menikmati perbukitan hijau sejauh mata memandang. Tentu kita sudah sering menemukan foto Instagram yang diambil di Sumba, lengkap dengan latar hijau sampai ujung horizon. Sedangkan di musim kemarau, kita bisa mengunjungi lebih banyak tempat, seperti savana, sunset di pantai dengan langitnya yang bersih, dan air terjun.

Musim hujan tentu bukan waktu yang tepat untuk mengunjungi air terjun, karena debit hujan yang tinggi akan menghasilkan air yang keruh. Ditambah lagi, jika hujan berkepanjangan, akses jalan ke air terjun (yang biasanya terjal dan licin) bisa jadi banjir dan tertutup. Faktor keamanan tetap harus diperhatikan saat kita jalan-jalan.

Maka dari itu, waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun di Sumba adalah saat musim kemarau, yaitu antara bulan Mei hingga Juli.

Air Terjun Ngadulara

Sumba Barat Daya, Surganya Air Terjun

Kabupaten Sumba Barat Daya memiliki banyak air terjun yang layak untuk dijadikan tujuan wisata. Jika bosan dengan pantai dan bukit Sumba yang fotonya sudah tersebar kemana-mana, berwisata air terjun bisa dijadikan alternatif yang baik.

Jika ingin mencari ketenangan hati sembari mendengar gemuruh air dan kicau burung, air terjun tentu menjadi pilihan wisata yang tepat. Kita juga bisa mengunjungi air terjun bersama teman dan keluarga, lantas duduk-duduk sambil merendamkan kaki ke segarnya air.

Beberapa air terjun populer yang berada di Sumba Barat Daya adalah Air Terjun Lokomboro, Laipopu, Weekacura, Pabeti Lakera, dan Bokota Katura. Air terjun ini memiliki keindahan dan karakteristiknya masing-masing. Selain lima air terjun itu, Sumba Barat Daya juga memiliki Air Terjun Ngadulara yang belum banyak diketahui orang.

Baca juga artikel air terjun kami yang lain:

Lokasi Air Terjun Ngadulara

Air Terjun Ngadulara berada dalam satu aliran sungai dengan Air Terjun Lokomboro yang berada di Desa Lokomboro. Air Terjun Lokomboro sendiri tergolong lebih populer, mengingat air terjun ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat luas dan pemerintah daerah sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Meski terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Air Terjun Ngadulara berjarak lebih dekat ke Waikabubak, yang merupakan ibukota Sumba Barat. Dari Waikabubak, air terjun dapat dicapai setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Sedangkan dari Tambolaka jaraknya hampir dua kali lipat. Namun, jangan patah arang, perjalanan panjang akan terbayar lunas setelah merasakan segarnya air terjun.

Tidak seperti tetangganya yang lebih terkenal, Air Terjun Ngadulara masih tergolong sepi. Oleh karena itu, kondisi ini tentu menjadi kelebihan sendiri jika kita sedang ingin mencari ketenangan. Air Terjun Ngadulara adalah tempat yang sempurna untuk bermeditasi dan menenangkan pikiran.

Tempat ini memiliki udara segar, lingkungan hijau asri, dan jauh dari keramaian jalan. Pastikan mengunjungi air terjun ini saat cuaca bersahabat, agar kondisi air terjun memang sempurna untuk dikunjungi. Demi kenyamanan bersama, jangan ragu untuk membawa pemandu wisata. Hal ini dikarenakan beberapa tempat wisata di Sumba masih belum memiliki papan penunjuk arah, sehingga orang asing akan rawan tersesat.

Air Terjun Ngadulara

Itulah Air Terjun Ngadulara, sebuah surga tersembunyi di Sumba Barat Daya. Jika mengunjungi air terjun ini, jangan lupa foto-foto untuk dipajang di media sosial. Publikasi yang masif di internet memang bagai dua sisi mata uang. Kadang bisa membuat tempat wisata itu terkenal, atau malah tercemar. Namun, Air Terjun Ngadulara jelas perlu dipromosikan lebih jauh.

Selain untuk turis, sebuah destinasi wisata yang ramai juga akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat sekitar. Sekiranya mereka memiliki pilihan tambahan untuk mencari nafkah, seperti menjadi tour guide, menjual oleh-oleh khas, atau membuka warung makan.

Selamat menikmati Air Terjun Ngadulara. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x