Air Terjun Harangi Sumba, Air Terjun Yang Masih Alami

Air Terjun Harangi adalah salah satu harta terpendam di Pulau Sumba, yang memang memiliki variasi destinasi wisata alam yang tak ada habisnya.

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan popularitas Sumba dengan mengoptimalkan kondisi alamnya yang eksotis.

Selain pemandangan alam, Sumba juga memiliki beberapa wisata budaya yang tidak kalah indah, seperti Desa Waitabar yang terletak di Waikabubak.

Desa ini menyajikan adat istiadat khas Sumba yang dapat wisatawan kunjungi selain wisata alam. Wisata alam Sumba tersebar di hampir semua wilayah, termasuk di Kabupaten Sumba Tengah.

Air Terjun Harangi Sumba

Air Terjun Harangi Sumba

Air Terjun Harangi Sumba

Sumba Tengah memiliki beberapa tujuan wisata seperti Pantai Maloba, Tugu Ornamen, dan sebagainya. Contoh salah satu wisata alamnya adalah Air Terjun Harangi yang terletak di Desa Wangga Walyengu, Sumba Tengah.

Belum begitu banyak orang yang mengetahui lokasi dan keindahan pesona air terjun ini. Oleh karena kondisi itu, air terjun ini masih terjaga kebersihannya. Sehingga Anda bisa mengunjunginya dan menenangkan pikiran sembari mendengar suara deras air di Air Terjun Harangi.

Lokasi Air Terjun Harangi

lokasi Air Terjun Harangi Sumba

lokasi Air Terjun Harangi Sumba – foto g maps Umbu Pandabandjal

Air Terjun Harangi terletak di Desa Wangga Walyengu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, sekitar 15 km dari pusat Kota Waibakul. Lokasi ini berjarak sekitar 300 meter dari pemukiman penduduk, tidak begitu jauh.

Kita butuh waktu kurang lebih 30 menit dari Ibukota Sumba Tengah untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini.

Meskipun perjalanan menuju Air Terjun Harangi masih belum memadai, tetapi jerih payah akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi air terjun. Destinasi ini belum begitu banyak dikunjungi wisatawan, sehingga kebersihannya masih terjaga dengan baik.

Untuk menuju ke lokasi, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi. Biaya masuknya gratis, karena memang belum dikomersialkan oleh pemerintah setempat.

Seperti tempat wisata lain yang belum begitu populer, akses masuk ke Air Terjun Harangi masih buruk. Terlebih lagi saat musim hujan, kita harus berhati-hati saat berjalan masuk ke lokasi.

Jika akses jalan masuk ini lebih memadai, sekiranya Air Terjun Harangi bisa menjadi salah satu tempat wisata baru yang bisa dikunjungi di Sumba Tengah.

Air Terjun Harangi

Kondisi Air Terjun Sejuk dan Nyaman – Photo: @rambu.yaku

Fasilitas di Air Terjun Harangi

Kondisi air terjun yang belum banyak dikembangkan tentu menjadi berita negatif, karena pengunjung akan kesulitan menuju lokasi.

Namun, hal baiknya, pesona Air Terjun Harangi masih terjaga dan asri. Banyak wisatawan yang telah berkunjung memuji kejernihan air dan kesejukan destinasi wisata ini.

Salah satu fasilitas umum yang ada di Air Terjun Harangi adalah jembatan kayu yang menghubungkan lokasi air terjun dari area parkir kendaraan.

Jembatan kayu ini sekarang mengalami perbaikan dan pembenahan, sehingga wisatawan bisa mendapat akses jalan yang lebih aman.

Air Terjun Harangi Sumba

Air Terjun Harangi Sumba – foto g maps Umbu Pandabandjal

Daerah sekitar Air Terjun Harangi juga dijaga keasliannya, sehingga kita tidak bisa menemukan warung atau tempat makan milik warga di sepanjang jalan menuju lokasi.

Namun, kita bisa menemukan warga yang sedang berkebun di sekitar lokasi air terjun. Selain itu, kita akan melihat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar.

Pulau Sumba sendiri memiliki beberapa PLTMH yang tersebar di beberapa kabupaten. Hal ini wajar mengingat Sumba mempunyai banyak air terjun dengan debit air yang besar.

Baca juga artikel lain mengenai air terjun di Sumba:

Keindahan Air Terjun Harangi

Saat mengunjungi air terjun ini, kita akan menemukan tempat yang benar-benar menyatu dengan alam.

Meskipun jalan menuju lokasi air terjun belum sepenuhnya baik, pemerintah sudah mulai memberi perhatian dengan mulai memperbaiki jembatan kayu yang terhubung ke air terjun.

Diperkirakan bahwa nantinya lokasi ini akan dikenai biaya masuk seiring dengan berkembangnya air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata.

Air terjun yang bersih dan sejuk, tentu membuat wisatawan merasa betah untuk duduk berlama-lama. Ditambah lagi, aroma khas lumut juga menjadi salah satu daya tarik untuk mengunjungi lokasi indah ini.

Namun, pemerintah setempat perlu bersikap serius dalam memperbaiki infrastruktur jalan ke lokasi air terjun. Sehingga, hal ini akan memudahkan turis dan secara tidak langsung juga memberi dampak positif ke warga lokal, karena mereka bisa bekerja sebagai pemandu wisata.

Bagaimana? Tertarik untuk melepas penat di Air Terjun Harangi?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x