Pesona Pantai Tirung Sumba, Pantai Yang Jarang dikunjungi Wisatawan

Pantai Tirung Sumba – Bila anda para pecinta traveling yang sangat menyukai wisata alam dengan keadaan yang masih perawan, maka cobalah untuk traveling ke Sumba Barat.

Ada apa di Sumba Barat?

Anda akan menemukan banyak pantai dengan ciri khas dan keindahan alam yang luar biasa, salah satunya Pantau Tirung, di Desa Gaura, Kecamatan Laboya Barat, Sumba Barat.

Belum Banyak yang Mengenal Pantai Tirung Sumba

Sebuah kebanggan tersendiri bila anda bisa menemukan surga dalam perjalanan traveling anda, dan Pantai Tirung adalah salah satu surga tersebut.

Memang butuh perjuangan khusus untuk mencapai Pantai Tirung yang tersembunyi ini. Sebuah perjuangan yang cukup menantang.

Pantai Tirung Sumba-Foto from fotoloobeta.files.wordpress.com

Pertama, karena belum ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan anda langsung ke Pantai Tirung Sumba ini. Sebaiknya, anda menyewa kendaraan beroda empat atau beroda dua.

Tapi bila anda ingin sekalian mengeksplor daerah sekitar yang masih jarang dikunjungi, sebaiknya anda menyewa kendaraan beroda dua atau sepeda motor.

Kalau anda berhasil menemukan Pantai Tirung Sumba, selamat! Anda telah mencapai surga yang belum banyak dikunjungi para wisatawan lain.

Lokasi dan Cara menuju ke Pantai Tirung Sumba

Untuk menuju Pantai Tirung di Desa Gaura, Kecamatan Lobaya Barat, anda sebaiknya memilih Bandara Tambolaka sebagai tujuan penerbangan dari kota Anda.

Mungkin anda akan transit di bandara lain, tentunya tergantung dari mana penerbangan anda berasal.

Sesampainya di Bandara Tambolaka, anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 – 2,5 jam dari bandara, bila dengan menggunakan mobil.

Baca Juga ya :

cara menuju Pantai Tirung Sumba

Cara menuju Pantai Tirung Sumba – Foto from jacktenabolo18.blogspot.com

Atau anda harus menempuh jarak sekitar 70-80 km, tergantung pada jalur yang anda pilih.  Karena anda bisa saja mampir ke beberapa daerah wisata di Sumba Barat, dan ini menentukan jalur perjalanan anda.

Pantai Tirung sendiri sejalur dengan Pantai Watu Bella bila anda memilih jalur dari Waikabubak, jarak antara ke dua pantai ini kurang lebih sekitar 17 km.

Apapun jalur yang anda pilih, pada saat mendekati Desa Gaura, Kecamatan Laboya Barat, anda akan melewati beberapa jalur tanjakan dan kelokan yang dikeliling oleh view alam yang indah.

Tidak semua akses ke sana berjalan mulus, jadi pastikan kendaraan yang anda sewa untuk wisata di Sumba Barat dalam keadaan prima.

Pesona Pantai Tirung yang Sulit Dilupakan

Setelah melalui beberapa kelokan, jalan yang menanjak dan menurun, serta berbatu, anda akan menemukan surga dunia yang belum banyak dijamah para wisatawan.

Pasir Pantai Tirung yang putih dan halus, suara ombak yang memecah barisan beberapa batu karang besar di tengah laut, dan birunya laut Pantai Tirung yang jernih akan menyambut sekaligus menghapus lelah perjalanan anda.

Pantai Tirung saat senja-Foto @josehamra from filckr

Pantai Tirung saat senja-Foto @josehamra from filckr

Pantai Tirung Sumba menawarkan wisata alam yang sedikit berbeda dari pantai pada umumnya. Pantai ini memiliki cukup banyak batu karang yang bertebaran dan berdiri dengan kokoh di tengah laut maupun di pinggir pantai. Sangat cocok untuk spot foto yang instagramable.

Batu-batu karang itu  memiliki bentuk berbeda-beda. Ada yang melebar, ada yang memanjang, ada yang mungil, dan ada pula batu karang yang menjulang tinggi. Sangat indah.

Anda yang menyukai wisata laut, harus ke Pantai Tirung ini. Karena bukan hanya batu karangnya saja yang indah, tetapi gulungan ombaknya yang bersemangat, seolah membangkitkan adrenalin anda untuk bermain di sepanjang Pantai Tirung. Anda pasti betah berlama-lama menghabiskan waktu di Pantai Tirung ini.

Selain Pantai Tirung, Desa Gaura Memiliki Wisata Budaya Pasola

Festival Pasola dekat dengan Pantai Tirung Sumba

Lokasi Festival Pasola dekat dengan Pantai Tirung Sumba – Foto from NTT News

Apakah anda pernah mendengar Festival Pasola?

Pasola adalah sebuah festival yang menyuguhkan pertarungan di antara para lelaki yang menganut agama Merapu, atau agama asli Sumba.

Mereka bertarung bukan untuk memperebutkan para gadis, tetapi mereka bertarung sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa.

Pasola sendiri digelar di empat kecamatan dengan waktu yang berbeda: Kecamatan Kodi, Kecamatan Lamboya, Kecamatan Wanokaka, dan Kecamatan Laboya Barat.

Khusus di Laboya Barat, festival ini digelar selama 2 hari. Hari pertama khusus anak-anak dan remaja, hari ke dua khusus orang dewasa.

Para lelaki yang menjadi peserta Pasola, akan menunjukkan kewibawaan dan kemahirannya dalam menunggang kuda dan melempar tombak ke arah lawan.

Tidak sedikit yang terluka dalam festival ini, namun luka mereka akan segera sembuh setelah diberi mantra oleh Rato, seorang pemimpin dalam agama Merapu.

Banyak wisatawan yang rela berlama-lama wisata ke Sumba hanya untuk menunggu digelarnya festival ini. Karena untuk mengadakan festival ini, Rato memerlukan perhitungan tersendiri, jadi tidak bisa ditentukan tanggal pasti digelarnya festival.

Harga Tiket Pantai Tirung Sumba

Bila anda memiliki beberapa tujuan wisata di Sumba, anda bisa menyewa mobil atau motor, sesuai dengan tujuan wisata yang ingin anda kunjungi.

Pantai Tirung

Pantai Tirung – foto @sumba_tourism

Karena memang ada beberapa lokasi wisata yang hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor. Ada banyak tempat persewaan mobil di sekitar bandara. Tarifnya beragam, mulai dari Rp. 800.000 per hari sudah termasuk supir, belum termasuk BBM.

Bila anda ingin traveling mengelilingi Sumba menggunakan motor, maka biaya sewa motor mulai dari Rp. 100.000 per hari.

Untuk lebih hemat, sebaiknya ambil paket tour wisata Sumba yang harganya juga bervariasi, tergantung tujuan dan durasi wisata anda. Untuk paket yang paling murah, mulai dari Rp. 1,5 juta untuk 2 hari.

Untuk biaya tiket masuk Ke Pantai Tirung maupun Festival Pasola gratis, alias tanpa biaya masuk.

Bagaimana, sudah siap bertemu dengan si perawan Pantai Tirung Sumba? Selamat berlibur!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x