Bandara Sumba Barat, Bandara Tambolaka

Bandara Sumba Barat – Bandara Sumba Barat atau lebih dikenal dengan sebutan Bandara Tambolaka, pasti tidak asing bagi traveler yang pernah berkunjung ke Sumba.

Sesuai dengan namanya bandara ini  terletak di ibukota kabupaten Sumba Barat Daya. Bandara Tambolaka hanya berjarak 5 km dari pusat kota.

Bandara kelas 3 ini memiliki penampilan yang mengesankan, beda dari bayangan bandara-bandara kecil lain yang biasanya tidak terawat dan apa adanya.

Interior bandara cukup apik, ruang tunggu dilengkapi AC. Selain ruang tunggu umum, bandara juga menyediakan ruang tunggu VIP. Selain itu, kebersihan dan kerapihan bandara Tambolaka juga mengesankan.

Yuk kita lihat lebih jauh seperti apa Bandara Sumba Barat ini.

Bandara Tambolaka, Dibangun pada jaman Jepang

Sumber: id.wikipedia.org

Mungkin kamu berpikir bandara Tambolaka merupakan bandara baru yang dibangun khusus untuk menyambut kedatangan wisatawan  dalam progam visit Indonesia 2010. Salah besar. Bandara Tambolaka dibuka pertama pada masa penjajahan Jepang.

Bandara ini pada awalnya merupakan bandara dengan landas pacu tanah berumput yang digunakan pendaratan pesawat perintis.

Pada tahun 1982, landas pacu diperbaiki dengan pengaspalan sehingga bisa didarati pesawat kecil jenis  DC-3, Twin Otter, dan Cassa.  Tahun 1996, landas pacu bandara diperpanjang sehingga bisa didarati pesawat berjenis Fokker 27.

Bandara Sumba Barat, Bandara ‘yang menyelamatkan’

Bandara Sumba Barat

Bandara Sumba Barat – Sumber: travel,detik.com

Insiden yang membawa  berkah, bisa dikatakan begitu. Pada tahun 2005, pesawat Adam Air mengalami masalah di udara. Pilot memutuskan untuk mencari lokasi pendaratan darurat.

Tempat terdekat yang memungkinkan adalah Bandara Tambolaka. Akhirnya pilot berhasil menyelamatkan pesawat dan penumpang dengan selamat.

Inilah sejarah pertama Bandara Tambolaka didarati pesawat Boeing 737. Sejarah yang akan mengubah Bandara Tambolaka selamanya.

Karena insiden Adam Air itu, pemerintah pusat mulai menaruh perhatian pada Bandara Tambolaka. Kemudian Bandara Tambolaka mulai mendapat pembenahan secara khusus. Penebalan aspal dilakukan dan landas pacu diperpanjang menjadi 1.600 meter.

baca juga ya :

Tambolaka Airport

Tambolaka Airport – foto ig @aaw.travellog

Landas pacu kemudian diperpanjang lagi  menjadi 1.800 meter. Sampai tahun 2015, perbaikan bertahan yang dilakukan terus menerus membuat landas pacu Bandara Tambolaka memiliki panjang 2.300 meter.

Selain memperbaiki landas pacu, pemerintah pusat juga memperbaiki prasarana pendukung bandara seperti ruang tunggu, kantor, dan mengubah interior dan ekterior bandara.

Atap bandara mengadopsi konsep  desain rumah adat Sumba: Uma Bokulu atau Uma Mbatangu. Uma Bokulu bermakna rumah besar, sedang Uma Mbatangu bermakna rumah menara.

Sebuah  patung Pasola yang mempresentasikan Pulau Sumba diletakkan di dekat pintu utama. Pasola adalah tradisi perang antar suku yang selenggarakan setahun sekali pada musim tanam.

spot foto di bandara tambolaka

spot foto di bandara tambolaka – foto ig @indrafreedom

Tradisi Pasola digelar antara bulan Februari hingga Maret.

Dalam tradisi ini, dua kelompok prajurit menunggang kuda-kuda Sumba saling melempar lembing. Tradisi Pasola menjadi aktraksi khas wisata Sumba yang menakjubkan dan sangat ditunggu travel

Bukan hanya itu, gedung terminal Bandara Sumba Barat juga telah dipugar menjadi lebih besar, mewah, dan indah serta asri. Demikian juga halaman dan taman juga ditata semakin asri.

Dengan pengelolaan yang baik, Bandara Tambolaka juga termasuk bandara yang bersih dan terawat dengan baik.

Pintu Gerbang Sumba Barat

Bandara Tambolaka, bandara di sumba barat

Bandara Tambolaka, bandara di sumba barat – Sumber: travel.detik.com

Dengan fasilitas mengesankan, Bandara Tambolaka menjadi pintu gerbang Sumba Barat yang akan menyambut kedatangan traveler. Sementara di Sumbu Timur, bandara Waingapu menjadi pintu gerbangnya.

Untuk melengkapi fasilitas bandara, pada tahun 2019, Bandara Tambolaka meresmikan depot pengisian avtur berkapasitas 12.000 liter.

Dengan adanya depot ini diharapkan semakin membuka minat penggusaha penerbangan membuka rute dari dan ke Bandara Tambolaka.

Bandara Tambolaka, Bandara Sumba Barat

Bandara Tambolaka, Bandara Sumba Barat – foto ig @helen_wijayang

Makapai penerbangan seperti Sriwijaya Air, Nam Air, Lion Air, serta Garuda memiliki jadwal rutin penerbangan ke bandara Tambolaka. Bandara ini juga  melayani penerbangan Denpasar, Kubang, dan Ende.

Dengan semua fasilitas seperti itu, traveler akan merasa nyaman saat mengunjungi.

Hal ini didukung oleh penginapan yang nyaman disekitar bandara dan tranportasi darat yang siap mengantar traveler menjelajahi padang-padang savana Sumba, menikmati pantai-pantai yang indah, dan mengunjungi perkampungan kuno yang magis.

Jadi tunggu apalagi. Jangan ragu pergi ke Sumba.

Bandara Tambolaka siap menyambut kedatanganmu dan mengantaraimu untuk menyesap semua keindahan Sumba yang eksotis.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x