5 Pulau Wisata di Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur menawarkan destinasi wisata budaya yang autentik, serta wisata alam yang masih sangat terjaga. Di mana sajakah lokasi pastinya? Berikut beberapa destinasi wisata pilihan yang tersebar di lima pulau di Nusa Tenggara Timur.

1. Destinasi Wisata di Pulau Sumba

Bukit Warinding di Sumba, Foto: Google Maps / tuba gus

Bukit Warinding di Sumba, Foto: Google Maps / tuba gus

Pulau Sumba menawarkan berbagai destinasi wisata budaya yang masih terjaga. Sebut saja Kampung Adat Pau Umabara, Kampung Adat Praiyawang dan Kampung Adat Ratenggaro. Di sini pengunjung akan mendapati rumah adat Sumba dengan bentuk atap yang unik. Serta bangunan megalitikum yang membentuk pemakaman para raja di masa lalu.

Sementara itu untuk wisata alam, Sumba terkenal akan perbukitan savannahnya yang eksotik. Misalnya saja Bukit Warinding, Bukit Tanarara dan Bukit Tenau. Wisatawan umumnya datang ke sini untuk berburu foto yang instagrammable.

Bagaimana dengan pantai? Jangan khawatir. Di sini ada banyak sekali pilihan pantai. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Bawana, yang terkenal akan batu berlubangnya.

2. Destinasi Wisata di Pulau Flores

Desa Wae Rebo di Flores. Foto: Google Maps / Ria Pattiwael

Desa Wae Rebo di Flores. Foto: Google Maps / Ria Pattiwael

Wisata di Pulau Flores. Ada banyak yang bisa kita jelajahi di pulau ini. Sebut saja berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu. Di dalam kompleks taman nasional ini kita bisa menemukan perbukitan, dengan Gunung Keibara sebagai puncak tertingginya.

Selain itu, tak lengkap rasanya jika kita tidak menengok Danau Tiga Warna atau Danau Kelimutu di taman nasional ini. Seperti namanya, danau yang berada di ketinggian 1631 mdpl ini memiliki tiga warna yang berbeda, yakni merah, biru dan putih.

Tak lupa wisata andalan Flores lainnya yaitu Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan salah satu desa di Kabupaten Manggarai Barat. Di sini kita bisa mengunjungi Pantai Pede, Puncak Waringin, Gua Batu Cermin, dan masih banyak lagi destinasi menarik lainnya. Sekitar Labuan Bajo pun tak kalah memesonanya, mulai dari Wae Cicu, Pulau Bidadari, Batu Gosok/Kanawa dan Taman Nasional Komodo.

Tidak hanya wisata alamnya, tapi Pulau Flores juga menawarkan wisata budaya yang memukau. Sebutlah yang paling populer yakni Desa Wae Rebo. Desa ini sering disebut sebagai desa adat tercantik di Indonesia. Lokasinya yang berada pada 1200 mdpl membuatnya terasa seperti di atas awan. Daya tarik desa ini juga terletak pada rumah adat yang memilki bentuk yang khas. Pengunjung yang ingin datang ke Desa ini harus mempersiapkan energi ekstra karena dalam perjalanannya membutuhkan trekking sejauh 7 km.

3. Destinasi Wisata di Pulau Alor

Pantai Batu Putih di Alor. Foto: Google Maps / Danilo San

Pantai Batu Putih di Alor. Foto: Google Maps / Danilo San

Berbicara soal desa adat, Pulau Alor juga memiliki desa adat yang tak kalah menariknya. Adalah Kampung Adat Takpala, yang berada di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara. Di sini tinggal Suku Abui yang ramah akan kedatangan wisatawan. Pengunjung di sini juga bisa memasuki rumah adat serta mengenakan baju adat khas Suku Abui.

Sementara untuk destinasi wisata alam, andalan dari Pulau Alor adalah Pantai Batu Putih di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola. Dinamai Pantai Batu Putih karena kita bisa mendapati bebatuan karang berwarna putih di sekitar pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih, deburan ombak yang lembut serta air yang jernih. Tak hanya Pantai Batu Putih, wisatawan juga mendapat berbagai pilihan pantai cantik lainnya di Alor, seperti Pantai Mali, Pantai Maimol dan Pantai Pigewa yang terkenal dengan batu berlubangnya.

Bergeser dari pantai, Pulau Alor juga memiliki Kolam Bidadari. Kolam alami ini terkenal karena airnya yang sangat jernih, serta dikelilingi oleh pepohonan yang rindang di sekitarnya. Benar-benar pemandangan yang memanjakan mata!

4. Destinasi Wisata di Pulau Rote

Batu Termanu di Rote. Foto: Google Maps / Fadli Rahmawan

Batu Termanu di Rote. Foto: Google Maps / Fadli Rahmawan

Jika Anda mencara ombak untuk berselancara, maka Pantai Nemberala di Pulau Rote bisa menjadi jawabannya. Ombak di pantai pasir putih ini sangat bagus untuk olahraga berselancar, terutama di bulan Agustus hingga Oktober. Selain itu, pantai ini juga dikenal akan pemandangan matahari terbenamnya yang cantik.

Pantai lainnya yang juga menarik adalah Pantai Tiang Bedera. Seperti namanya, di pantai ini kita bisa menemukan tiang bedera dari beton setinggi 2,5 meter di atas batu karang. Tiang ini merupakan bukti perjuangan warga Pulau Rote dalam mengusir penjajah Belanda kala itu.

Batu Termanu juga menjadi salah satu spot wajib dikunjungi di Pulau Rote. Bukan batu biasa, Batu Termanu ternyata menyimpan cerita legenda yang menarik. Di sini ada dua pasang batu, yang disebut dengan Batu Hun dan Batu Suelai. Kedua batu ini dulunya sempat dipuja, karena dipercayai bisa mendatangkan rezeki.

5. Destinasi Wisata di Pulau Sawu atau Pulau Sabu

Kelabba Maja di Pulau Sawu. Foto: Google Maps / Efa Mita

Kelabba Maja di Pulau Sawu. Foto: Google Maps / Efa Mita

Wisata di Pulau Sawu atau Pulau Sabu memang belum seterkenal Pulau Flores atau Pulau Sumba. Tapi nyatanya, Pulau Sawu menyimpan pesona wisata yang sangat menarik.

Andalan utama wisata di Pulau Sawu adalah Kelabba Maja. Nama ini berasal dari kata ‘kelabba’ yang berarti tanah abu, dan ‘maja’ yang berarti tempat para dewa. Masyarakat setempat meyakini bahwa lokasi ini merupakan tempat bersemayamnya para dewa.

Kelabba Maja ini sering dijuluki sebagai Grand Canyon-nya Nusa Tenggara Timur. Bagaimana tidak, di sini kita bisa mendapati tebing kapur berwarna merah tua, pink, cokelat, putih, hingga kelabu. Diperkirakan tempat ini terbentuk lebih dari 70 juta tahun yang lalu.

Seperti pulau-pulau lainnya di NTT, di Pulau Sawu kita juga bisa menemukan pantai-pantai yang cantik lho. Misalkan saja Pantai Hailape, Pantai Napae, Pantai Seba dan Pantai Bali.

Jadi, sudah siapkah kamu menjelajah Nusa Tenggara Timur?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x