5 Tempat Wisata Di Sumba Barat yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata Di Sumba Barat – Sumba Barat merupakan ibu kota dari Kabupaten Tambolaka yang terkenal karena memiliki banyak tempat wisata di dalamnya.

Sumba Barat juga terkenal memiliki pesona budaya yang membuat banyak wisatawan domestik maupu mancanegara datang ke sini.

Beberapa acara adat yang terkenal dan menjadi daya tarik wisatawan antara lain: atraksi adat pasola maupun perang persahabatan di atas kuda.

Untuk pesta adat pasola dilaksanakan sekitar bulan Februari sampai Maret. Untuk itu, sebisa mungkin kamu datang di bulan-bulan tersebut agar kamu bisa menyaksikan seperti apa pertunjukan adat pasola yang terkenal.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa datang di bulan Februari maupun Maret. Kamu masih bisa mengunjungi tempat wisata di Sumba Barat yang dibuka setiap saat.

Di sini kamu bisa mengunjungi pantai, kampung adat, dan berbagai tempat wisata dengan pemandangan alam yang membuatmu ingin datang lagi ke sini.

Apa Saja Tempat Wisata Di Sumba Barat Terpopuler?

1. Danau Weikuri

Danau Weekuri di sumba Barat

Danau Waikuri di sumba Barat – foto milik @chairulirfani

Tempat wisata di Sumba Barat yang biasanya menjadi prioritas wisatawan adalah Waikuri. Jika kamu berangkat dari kota Tambolaka yang merupakan ibu kota kabupaten Tambolaka, diperlukan waktu sekitar 1 jam.

Waktu yang memang cukup lama namun akan terasa sebentar jika kamu datang ke sini bersama teman-teman maupun keluargamu.

Lalu apa itu Waikuri?

Waikuri merupakan pantai yang dilengkapi dengan batu-batu karang besar dan tajam. Batu-batu tersebut akan menghalangi gulungan ombak sehingga membuat laguna atau kolam air asin sangat pas sebagai lokasi untuk berenang. Setelah itu, kamu bisa mengunjungi tempat pemandian air tawar.

2. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak, Tempat Wisata Di Sumba Barat

Pantai Mandorak, Tempat Wisata Di Sumba Barat – Sumber: genpi.co

Jika kamu mencari salah satu pantai terbaik yang ada Sumba Barat. Ketika kamu pertama kali datang ke sini, kamu akan disuguhkan pemandangan airnya yang biru dengan udara yang sangat segar.

Terdapat dua tanjung menjorok sehingga membentuk sebuah komposisi yang sangat indah. Pantai Mandorak berlokasi di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi.

Di sini wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas seperti berjemur, berenang, atau hanya sekedar bersantai menikmati pemandangan alam yang ada di Pantai Mandorak. Sampai saat ini, Pantai Mandorak masih menjadi salah satu tempat wisata di Sumba Barat yang terkenal.

Kami bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan jelas di sini. Tentu saja, Pantai Mandorak akan menjadi salah satu tempat liburan yang paling berkesan selama kamu berlibur di Sumba Barat. Jangan lupa mengabadika momen liburanmu di sini karena ada banyak spot menarik untuk dijadikan lokasi foto.

3. Pantai Watu Maladong, Tempat Wisata Di Sumba Barat Yang Indah

Pantai Watu Maladong

Pantai Watu Maladong – foto milik @explore.sumba

Tempat wisata di Sumba Barat yang juga tidak kalah menarik adalah Watu Maladong. Tempat wisata ini berada di Desa Paneggo Ede, Kecamatan Kodi Balanghard.

Mungkin kamu yang pertama kali datang ke sini akan merasakan cuacanya yang cukup panas. Akan tetapi, cuaca panas itulah yang semakin memberikan keindahan airnya yang semakin tampak berwarna biru.

Pantai Watu Maladong terkenal karena di sini juga ada banyak batu-batu besar. Batu-batu tersebut dapat menjadi lokasi yang pas untuk berfoto.

4. Kampung Adat Ratenggaro

tempat wisata di sumba Barat

Sumber: indonesiakaya.com

Selain berlibur ke pantai, kamu jgua bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di Sumba Barat yang unik yaitu Kampung Adat Rateggaro.

Kampung adat ini berlokasi di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo. Untuk bisa sampai ke sini, kamu memerlukan perjalanan sekitar 1 jam jika berangkat dari Tambolaka.

Kampung Adat Ratenggaro merupakan salah satu kampung adat yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar negeri. Masyarakat yang tinggal di sini juga terkenal ramah karena mereka sudah terbiasa menerima kedatangan wisatawan. Di sini kamu bisa membeli beberapa souvenir untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

5. Tanjung Mahera

Tanjung Mahera, Tempat Wisata di Sumba Barat

Tanjung Mahera, Tempat Wisata di Sumba Barat – foto milik @uniek_syachri

Selain keempat tempat wisata yang sudah kami sebutkan, masih ada banyak Tempat Wisata Di Sumba Barat lainnya yang bisa kamu kunjungi dan salah satunya adalah Tanjung Mahera yang juga menjadi lokasi terbaik untuk liburan.

Pemandangan alamnya akan membuat wisatawan langsung terhipnotis dan ingin mengabadikan momen liburannya di sini.

Pemandangan laut serta dentuman ombak dan semilirnya angin seolah membawa kesan ketenangan dan ketentraman. Jangan lupa membawa kamera dengan lensa zoom agar kamu bisa mengambil gambar dari sudut yang berbeda.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x