Melihat Pelabuhan Mamboro Sumba

Sebagaimana pelabuhan pada umumnya, Pelabuhan Mamboro juga berfungsi sebagai tempat persinggahan kapal maupun aktivitas lain yang berlangsung di wilayah ujung perairan seperti samudera.

Namun, ada yang spesial dari Pelabuhan di Sumba Tengah ini. Dimana destinasi ini juga memiliki potensi wisata di Sumba Tengah. Terutama di wilayah Kecamatan Mamboro.

Tidak hanya bisa melihat bangunan tempat pemberhentian kapal laut, kamu juga bisa menikmati senja ataupun melakukan hobi seperti memancing.

Penasaran seperti apa Pelabuhan Mamboro Sumba? Berikut ulasan singkat tempat wisata yang murah namun cocok untuk hemat budget satu ini.

Pelabuhan dengan Pemandangan Cantik

Pulau Sumba memang kaya akan wisata. Bahkan destinasi yang murah dan gratis pun ada di wilayah yang merupakan bagian dari Nusa Tenggara Timur.

Pemandangan Pelabuhan Mamboro

Pemandangan Pelabuhan Mamboro Sumba (Sumber: instagram/yesiwulandari20)

Seperti Pelabuhan Mamboro Sumba yang memiliki pemandangan epik dan menghadap langsung ke arah samudera.

Dekat dengan Pelabuhan Tradisional, Mananga Mamboro, destinasi ini bukan hanya berfungsi sebagai pemberhentian kapal saja.

Melihat matahari tenggelam pun bisa dilakukan di sini. Terdapat pula dermaga baru di Mamboro yang bisa digunakan sebagai tempat memancing.

Jalur Transportasi Laut di Sumba Tengah

Kapal KM Sabuk Nusantara 79 adalah transportasi laut yang singgah di Pelabuhan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah.

Seperti diketahui, Kapal Sabuk Nusantara 79 ini merupakan kapal perintis atau kapal penghubung antar pulau-pulau terluar Indonesia dengan kawasan pelabuhan di perkotaan terdekat.

Kapal KM Sabuk Nusantara 79

Ilustrasi Kapal KM Sabuk Nusantara 79 di Pelabuhan Mamboro (Sumber: PT Adiluhung Saranasegara Indonesia)

Gunanya tidak lain untuk moda transportasi murah bagi masyarakat terpencil yang tinggal di kepulauan maupun daerah yang sulit dijangkau.

Selain berperan sebagai angkutan bagi penumpang, Kapal Sabuk Nusantara pun berfungsi sebagai moda pengangkut barang-barang kebutuhan, misalnya sembako hingga kendaraaan dari dan menuju wilayah yang disinggahinya.

Dalam hal ini berarti, Pelabuhan Mamboro yang disinggahi kapal laut ini berperan penting dalam keberlangsungan penduduk setempat.

Cara ke Pelabuhan Mamboro Sumba

Menuju pelabuhan di Sumba Tengah ini tidak harus selalu menggunakan transportasi laut. Kamu juga bisa menggunakan jalur darat.

Dari Waibakul, ibukota Sumba Tengah, jaraknya sekitar 42 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam 16 menit.

Arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Mamboro yang jaraknya masih sekitar 25 kilometer dari Pelabuhan Mamboro.

Tidak perlu bingung untuk menuju Pelabuhan Mamboro Sumba. Karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi maps di smartphone milikmu.

Wisata Dekat Pelabuhan Mamboro Sumba

Setelah mampir di Pelabuhan Mamboro, tidak ada salahnya juga untuk menjelajah wisata di Sumba Tengah yang lain seperti beberapa destinasi berikut.

  1. Air Terjun Harunda

Puas menikmati keindahan pesisir di sekitar Pelabuhan Mamboro, kamu bisa menikmati suasana baru seperti menjelajah air terjun di Sumba Tengah.

Air Terjun Harunda

Air Terjun Harunda (Sumber: instagram/sumbaheaven_s07)

Salah satunya adalah Air Terjun Harunda. Tempat wisata di Sumba Tengah ini letaknya di Desa Soru, Kecamatan Umbu Ratu Nggay.

Jaraknya sekitar 45 kiometer dari Kota Waibakul menggunakan mobil maupun motor. Untuk mencapai air terjun setinggi 20 meter ini, kamu masih perlu jalan kaki melewati sungai berbatu sejauh 300 meter dari jalan raya.

  1. Air Terjun lapopu

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Air Terjun Lapopu ini menyajikan aliran air berundak yang jatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 90 meter.

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu (Sumber: instagram/ridhobnyya)

Memasuki kawasan wisata dekat Pelabuhan Mamboro ini, kamu perlu melakukan registrasi ke petugas penjata Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan membayar tiket masuk sekitar Rp5 ribu.

Menuju titik lokasi air terjun, kamu perlu jalan kaki sekitar 500 meter di sepanjang pinggiran Sungai Lapopu dengan jalur yang cenderung menurun.

  1. Air Terjun Matayangu

Air terjun di Sumba Tengah ini terletak di Manurara, Katikutana Selatan. Untuk menuju ke tempat wisata di Sumba Tengah ini, kamu perlu melakukan perjalanan udara dari Kupang menuju Waingapu.

Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu (Sumber: instagram/apurwandari)

Lalu dari Waingapu menuju Waikabubak dan terakhir kamu perlu melakukan perjalanan ke Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, lokasi Air Terjun Matayangu.

Berkunjung ke air terjun dengan ketinggian sekitar 75 meter ini, kamu perlu menyediakan dana kurang lebih sekitar Rp15 ribu.

  1. Kampung Adat Pasunga

Selain destinasi alam, kamu juga bisa melihat wisata budaya di Sumba Tengah. Sebut saja Kampung Adat Pasunga yang masuk ke dalam wilayah Desa Anakalang, Kecamatan Katikutana.

Dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumba Tengah, kampung adat ini jaraknya kurang lebih 8 kilometer.

Kampung Adat Pasunga

Kampung Adat Pasunga (Sumber: Travelink Magazine)

Sangat mudah untuk menemukan destinasi wisata di Sumba Tengah ini mengingat letaknya di tepi jalan raya antar kabupaten yang menghubungkan Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur, serta berseberangan dengan pasar tradisional Kecamatan Katikutana.

Memasuki area kampung ini, kamu akan melihat deretan rumah adat tradisional yang saling berhadapan serta mengitaru kuburan batu.

Nah, itu dia ulasan singkat tentang Pelabuhan Mamboro di Sumba Tengah yang bukan hanya berfungsi sebagai persinggahan kapal laut, namun juga memiliki pemandangan eksotis. Tertarik mengunjunginya?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x