Eksotisnya Hutan Tandaru Sumba, Tempat Wisata Baru di Pulau Sumba

Hutan Tandaru Sumba mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar traveler. Tak heran, karena memang area ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Pulau Sumba.

Meskipun demikian, sebenarnya keberadaan Hutan Tandaru sudah ada sejak lama karena wisata di Sumba ini masuk dalam bagian Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

Sebelum mengunjungi hutan Tandaru Sumba, tak ada salahnya untuk lebih mengenal destinasi ini terlebih dahulu. Berikut ulasan singkatnya.

Letak Hutan Tandaru Sumba

Baru-baru ini tersebar beberapa foto tentang Hutan Tandaru Sumba di media sosial. Kebanyakan postingan tersebut menampilkan jalan beraspal yang berada di tengah-tengah pepohonan menjulang tinggi.

Karena termasuk dalam bagian Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, artinya Hutan Tandaru Sumba juga berada di ketinggian sekitar 0 sampai 918 mdpl.

Hutan Tandaru Sumba

Hutan Tandaru Sumba (Sumber: instagram/cellinetan)

Area hutan di Nusa Tenggara Timur ini dibatasi oleh Kecamtan Umbu Ratunggai Barat, Desa Maradesa, Kabupaten Sumba Tengah di sebelah utara.

Kemudian di sebelah selatan dibatasi oleh Samudera Indonesia. Sebelah barat oleh Kecamatan Wanokaka, Desa Katikuloku, Kabupaten Sumba Barat. Sedangkan di sebelah timur dibatasi oleh Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur.

Dari hal tersebut bisa dikatakan bahwa secara administratif, Hutan Tandaru Sumba yang termasuk dalam Taman Nasional Manupeu Tanah Daru ini berada di 3 wilayah kabupaten, yaitu Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur.

Keistimewaan Hutan Tandaru Sumba

Hutan Tandaru

Keistimewaan Hutan Tandaru (Sumber: instagram/dianwila20)

Terletak di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru yang memiliki luas 87.984,09 hektar, tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini merupakan perwakilan hutan musim semi-peluruh dataran rendah yang tersisa di Sumba.

Tempat wisata di Sumba ini memiliki beberapa tipe vegetasi, seperti hutan primer, hutan sekunder yang pada umumnya merupakan hutan musim, padang alang-alang, dan semak, maupun padang rumput serta bekas lahan pertanian masyarakat yang telah ditinggalkan.

Ada Apa Saja di Hutan Tandaru Sumba?

Berbagai jenis tumbuhan yang bisa ditemukan di area Hutan Tandaru Sumba, seperti suren (Toona sureni), taduk (Sterculia foetida), kesambi (Schleichera oleosa), pulai (Alastonia scholaris), asam (Tamarindus indica), kemiri (Aleurites moluccana), cemara gunung (Casuarina sp.), lantana (Lantana camara), serta jambu hutan (Syzygium sp.).

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Burung Endemik Sumba di Sekitar Hutan Tandaru (Sumber: National Geographic Society)

Selain itu, sebanyak 87 jenis burung termasuk 7 jenis endemik Pulau Sumba, seperti kakatua cempaka, julang Sumba, punai Sumba, sikatan Sumba, kepodang-sungu Sumba, dan madu Sumba ada di kawasan hutan ini.

Menariknya lagi, 57 jenis kupu-kupu termasuk yang endemik di Pulau Sumba juga ada. Mulai dari Papilio neumoegenii, Ideopsis oberthurii, Delias fasciata, Junonia adulatrix, Athyma karita, Sumalia chilo, dan Elimnia amoena.

Cara ke Hutan Tandaru Sumba

Agar bisa sampai di Hutan Tandaru Sumba, tentunya memasuki kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

Hutan Tandaru Sumba

Cara Menuju Hutan Tandaru (Sumber: instagram/tonnyrebo)

Perjalanan ke Hutan Tandaru bisa dilakukan melalui Kupang-Waingapu menggunakan pesawat terbang dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Selanjutnya dari Waingapu-Lewa-Waikabubak, dilanjutkan dengan jalur darat. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dan menuju lokasi Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

Tempat Wisata di Sekitar Hutan Tandaru Sumba

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Air Terjun Lapopu (Sumber: instagram/riduwanaguss)

Selain area hutan, berkunjung di tempat wisata baru di Sumba ini, kamu juga bisa menemukan berbagai destinasi menarik, baik air terjun maupun pantai, seperti:

  • Air Terjun Lapopu: Wisata ini bisa ditempuh dari Waikabubak menuju Desa Katikuloku dengan angkutan umum kurang lebih selama 60 menit.
  • Air Terjun Matayangu: Dekat dari Desa Manurara, air terjun di Sumba ini bisa ditempuh dari Kota Waingapu dengan rute Waingapu-Waibakul-Desa Manurara.
  • Pantai Maloba: Akses menuju wisata di Sumba ini bisa melalui Waikabubak-Waibakul-Taman Mas-Dusun Maloba atau Dusun Konda.
  • Pantai Aili: Tempat wisata di Sumba ini berada di kawasan Konda Maloba dengan pasir putih yang cantik.
  • Gua Kanabuwulang: Destinasi ini berada di Desa Kambatawundut, Sumba Timur.
  • Gua Liang Bakul: Wisata di Sumba ini merupakan salah satu gua yang berada di Desa Umbu Langang, Kabupaten Sumba Tengah.

Wisata Budaya di Sekitar Hutan Tandaru

Diketahui, sejumlah atraksi budaya di Pulau Sumba ada di Kota Waikabubak yang dekat dari Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Contohnya seperti kuburan kuno yang diukir.

Makam tersebut merupakan simbol adau status sosial masyarakat (Kadung Tana, Watu Karagata, dan Bulu Peka Mila.

Hutan Tandaru Pasola

Pasola (Sumber: Traverse)

Selain itu ada pula Pasola, yaitu atraksi ritual yang menarik sekaligus menegangkan. Hal ini karena terlihat beberapa orang naik kuda yang dihias, lalu saling menyerang satu sama lain menggunakan tombak kayu.

Adapun atraksi tersebut biasanya diselenggarakan pada Bulan Februari di Lamboya dan Kodi. Lalu pada Maret di Gaura dan Wanukaka.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Hutan Tandaru Sumba yang disebut-sebut sebagai tempat wisata baru di Pulau Sumba. Gimana, kamu tertarik untuk mengunjunginya?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x