Info tentang Pelabuhan Bina Natu Sumba

Pelabuhan Bina Natu memang seperti pelabuhan pada umumnya. Dimana area ini merupakan salah satu tempat pemberhentian kapal di Pulau Sumba, tepatnya di Kabupaten Sumba Barat.

Namun, selain menjadi lokasi persinggahan transportasi air tersebut, Pelabuhan Bina Natu Sumba ini juga memiliki pemandangan yang epik.

Untukmu yang ingin tahu lebih banyak tentang pelabuhan di Sumba Barat ini, berikut ulasan singkatnya.

Pelabuhan di Sumba yang Eksotis

Pelabuhan Bina Natu Sumba letaknya menghadap langsung ke arah samudera. Tidak heran jika wilayah ini memiliki pemandangan yang eksotis.

Pelabuhan Bina Natu

Pelabuhan Bina Natu Sumba (Sumber: instagram/pietivles)

Selain itu, pelabuhan ini juga dekat dengan salah satu tempat wisata di Sumba Barat, yaitu Pantai Bina Natu.

Pantai di Desa Loko Ri tersebut berpasir putih serta memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga recommended untuk menjadi tempat liburan.

Menariknya lagi, Pelabuhan Bina Natu juga memiliki view sunset alias matahari terbenam yang sangat cantik. Artinya, pengagum senja bisa menjadikan destinasi Sumba Barat ini sebagai alternatif wisata.

Transportasi Terjangkau di Sumba Barat

Sebagaimana pelabuhan lainnya, Pelabuhan Bina Natu juga disinggahi kapal laut, seperti Kapal Tol Laut KM. Sabuk Nusantara 79.

Dilansir dari Radar NTT, kapal tersebut pertama kali berlabuh di dermaga Bina Natu pada Kamis, 9 Januari 2020 lalu.

Kehadiran Kapal Tol Laut KM. Sabuk Nusantara 79 tentu memberi dampak positif bagi masyarakat setempat, terutama dalam hal transportasi dengan harga lebih terjangkau.

Dimana Letak Pelabuhan Bina Natu?

Secara administratif, Pelabuhan Bina Natu Sumba terletak di Loko Ri, Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dari Waikabubak, ibukota Sumba Barat, jaraknya sekitar 33,6 kilometer atau bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam 5 menit berkendara.

Pantai Bina Natu Sumba

Pantai Bina Natu (Sumber: instagram/tetikamuri)

Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan aspal yang cukup baik. Sebagian jalan juga berupa tanah yang tetap aman dilewati.

Menuju pelabuhan di Sumba Barat ini, kamu mungkin sebaiknya sewa kendaraan karena transportasi umum belum tersedia.

Wisata Dekat Pelabuhan Bina Natu Sumba

Setelah berkunjung ke destinasi ini, kamu juga bisa menjelajahi tempat wisata di dekat Pelabuhan Bina Natu Sumba.

Selain wisata di Sumba Barat seperti Pantai Bina Natu, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai di Sumba Barat Daya karena lokasinya sangat dekat dari pelabuhan. Apa saja nama tempat wisatanya?

  1. Pantai Kita

Meski secara administratif letaknya di Mananga Aba, Kabupaten Sumba Barat Daya, namun berdasarkan jarak, pantai ini dekat dari Pelabuhan Bina Natu Sumba Barat.

Dari pelabuhan tersebut, jaraknya hanya sekitar 16 kilometer dan bisa ditempuh selama kurang lebih 40 menit berkendara.

Pantai Kita

Pantai Kita (Sumber: insgatram/sumba_diving)

Berada di wisata Sumba Barat Daya ini, kamu bisa melihat pantai berpasir putih dan air laut yang jernih serta biru.

Selain bisa untuk berenang dan memancing, pantai di Sumba ini memiliki panorama alam bawah laut yang cantik. Artinya, Pantai Kita juga cocok untuk aktivitas diving.

  1. Pantai Mananga Aba

Pantai Mananga Aba

Pantai Mananga Aba (Sumber: instagram/ndorokakung)

Terletak di Desa Ramadana, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pantai Mananga Aba ini hanya berjarak sekitar 17,8 kilometer dari Pelabuhan Bina Natu Sumba.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih. Terdapat pula bangunan tanpa dinding beratap alang-alang yang bisa digunakan untuk berteduh sambil menyaksikan keindahan samudera yang berlatar belakang Hotel Mario.

  1. Pantai Oro

Pantai di Kecapatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya ini memiliki pasir putih. Suasana wisata ini cukup tenang dan seolah tersembunyi karena terdapat banyak batu karang di sekitar pesisirnya.

Pantai Oro

Pantai Oro (Sumber: instagram/lafalci)

Jangankan menikmati keindahan alam sekitar. Wisata di Sumba Barat Daya ini juga menyajikan pemandangan bawah laut yang memukau.

Untuk menuju Pantai Oro, kamu perlu menyewa jasa travel atau ojek karena belum tersedia angkutan umum.

  1. Bukit Lendongara

Berjarak sekitar 24,8 kilometer dari Pelabuhan Bina Natu Sumba, Bukit Lendongara cukup menarik untuk dikunjungi setelah puas menjelajahi pantai-pantai di Sumba Barat Daya.

Bukit Lendongara

Bukit Lendongara (Sumber: instagram/dezveereva)

Masih terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, tepatnya di Kecamatan Loura, Bukit Lendongara menyajikan area perbukitan yang dihiasi hamparan rumput.

Perjalanan menuju Bukit Lendongara cukup baik dengan jalan yang sudah beraspal. Hanya saja saat mulai memasuki area bukit di Sumba Barat Daya ini, kendaraan akan melewati jalan setapak yang cukup sempit, dimana terdapat semak di kanan kiri.

Well, Pelabuhan Bina Natu Sumba memang menarik untuk dikunjungi. Selain sebagai persinggahan kapal laut, panorama yang disajikan juga menawan. Jadi gimana, tertarik untuk berkunjung?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x