Pantai Aili, Pantai Terindah di Sumba Tengah Yang Masih Sepi

Pantai Aili – Indonesia merupakan negara yang dikenal sebagai negara kepulauan. Dinamakan negara kepulauan karena memiliki beribu-ribu pulau.

Sumba salah satu pulau di Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam yang melimpah. Salah satu kekayaan alam yang tak ternilai adalah banyaknya pantai-pantai di pulau Sumba yang menawan.

Oleh karena itu, Sumba tidak hanya terkenal dengan air terjunnya tetapi juga terkenal dengan pantainya.

Suasana Pantai Aili. Sumber: hjf-ringan.blogspot.com

Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Sumba adalah pantai Aili. Pantai Aili merupakan pantai yang sangat menawan yang terletak di Sumba Tengah.

Pantai Aili sebenarnya tidak begitu terkenal jika dibandingkan pantai-pantai di Sumba lainnya. Akan tetapi, keindahan pantai Aili tidak kalah dari pantai lain yang berada di Sumba Tengah.

Lokasi Pantai Aili Pantai dan cara menuju kesana

lokasi Pantai Aili

lokasi Pantai Aili – foto g maps Chabokang Adventure

Pantai Aili terletak di Sumba Tengah, sehingga kamu bisa melewati berbagai rute untuk mengunjungi pantai ini.

Jika kamu berada di Kabupaten Sumba Tengah yaitu Waibakul maka kamu harus menempuh perjalanan dengan jarak 25 km.

Jika kamu sedang berada di Kabupaten Sumba Barat yaitu Waikabubak maka untuk menuju pantai Aili kamu harus menempuh jarak 50 km.

Pantai Aili memang cukup jauh letaknya, selain itu jalan yang digunakan belum begitu baik. Beberapa jalan ada yang sudah diaspal, akan tetapi ada juga jalan yang belum diaspal.

baca juga ya : inilah 5 Air Terjun Indah di Sumba Tengah yang Wajib Kamu Datangi

pemandangan di perjalanan menuju Pantai Aili

pemandangan di perjalanan menuju Pantai Aili – foto g maps ludji martin

Sebaiknya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi pantai Aili kamu harus menggunakan kendaraan yang kuat. Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang dan ingin merasakan sebuah tantangan maka pantai Aili adalah pantai yang cocok untuk kamu.

Pantai Aili terletak di sebelah selatan Kawasan Taman Nasional Manupe Tandaru (TNMT) oleh sebab itu, pantai Ali dijamin sangat asri.

Pantai Aili

Pantai Aili – foto g maps Chabokang Adventure

Meskipun perjalanan yang ditempuh cukup lama dan fasilitas jalan belum rata selama kamu akan menikmati perjalanan ini karena kamu akan melihat berbagai pemandangan yang menakjubkan.

Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda maka kamu bisa mengubah rute perjalanan. Selain di tempuh menggunakan jalur darat, kamu bisa menempuh jalur laut untuk mengunjungi pantai Aili.

Kamu bisa menggunakan perahu dari Wanokaka yang merupakan salah satu kecamatan yang berada di Sumba Barat. Jika kamu ingin berkunjung maka kamu hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 15.000,00/ orang.

jika kamu masih bingung terkait rute atau arah menuju pantai aili, kamu bisa ikuti mapss dibawah ini :

Pesona Pantai Aili Pantai

Batu Karang Pantai Aili. Sumber:http://hjf-ringan.blogspot.com

Pantai Aili merupakan pantai yang sangat cantik. Pasir pantai berwarna putih dan terasa lembut jika disentuh. Pasir di pantai Aili sangat padat sehingga ketika kamu pertama kali menginjakkan kaki di sana, kamu akan terasa seperti menginjak porselen.

Panorama pantai Aili sangat keren karena memandang laut lepas. Selain melihat laut lepas, di tengah-tengah laut yang ada di pantai Aili terdapat batu karang yang muncul ke atas permukaan.

Selain itu, batu karang juga berada di sepanjang pesisir panti. Oleh sebab itu, jika kamu berkunjung ke pantai Aili pastikan terlebih dahulu bahwa memori kamera atau memori smartphone kamu masih tersisa banyak ya karena kamu pasti ingin mengabadikan momen di pantai Aili yang memukau ini.

baca juga : liburan ke Pantai Maloba Surga di Sumba Tengah Yang Indah

Pantai Aili pasirnya lembut

Pantai Aili pasirnya lembut – foto g maps Matthias Jungk

Pantai Aili memang memukau, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui tempat ini. Oleh sebab itu, orang yang berkunjung ke pantai Aili tidak terlalu banyak.

Kamu bisa merasakan ketenangan dan berlari menghindari hiruk pikuk dunia. Kebersihan pantai Aili sangat terjaga, sehingga tidak banyak sampah yang bertaburan di pantai.

Pantai Aili Sumba

Pantai Aili Sumba – foto google maps Chabokang Adventure

Hal tersebut disebabkan karena penduduk Sumba Tengah sangat menjaga kelestarian pantai Aili. Deburan ombak yang bergulung – gulung membuat suasana pantai ini semakin menarik

Ada Hutan Mangrove di dekat Pantai Aili

Pantai Aili merupakan pantai yang jauh dari pemukiman penduduk. Oleh sebab itu pantai Aili masih sangat Asri. Di luar pantai Aili, terdapat hutan Mangrove yang merupakan habitat banyak hewan seperti udang, burung-burung laut dan kepiting.

Pantai Aili sumba tengah

Pantai Aili sumba tengah – foto g maps Matthias Jungk

Oleh sebab itu setelah kamu mengunjungi pantai Aili, kamu bisa mengunjungi hutan mangrove yang letaknya tdak jauh dari pantai Aili.

Itulah keindahan-keindahan dari pantai Aili yang terletak di Sumba Tengah ini.

Bagaimana pendapat kamu?

Tentunya akan semakin membuat kamu tertarik untuk mengunjungi pantai ini bukan?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x