Ini 5 Air Terjun Indah di Sumba Tengah yang Wajib Kamu Datangi

Ada cukup banyak Air Terjun Indah di Sumba Tengah yang bisa kamu kunjungi. Selain menawarkan daya tarik wisata alam berupa pantai dan padang rumput, Sumba yang dikenal sebagai pulau yang kering pun rupanya tidak seburuk yang diberitakan. Ada banyak objek wisata air terjun indah yang bisa dijelajahi terutama di kawasan Sumba tengah. Mungkin salah satu dari air terjun indah di Sumba tengah ini bisa kamu jadikan referensi untuk liburan selanjutnya.

Mengunjungi Sumba sekali mungkin tidak cukup karena di setiap sudut pulaunya punya daya tarik masing-masing. Setiap objek wisata di Sumba juga menawarkan pesonanya yang luar biasa. Dari pantai yang bisa ditemukan dengan mudah, perbukitan padang rumput, hingga air terjun indah juga bisa kalian jelajahi di Sumba. Tak salah jika Sumba selalu jadi perhatian tentang daya tarik wisata alamnya yang mendunia. Dengan sejuta pesona wisata alamnya, tak salah jika Sumba selalu menjadi destinasi favorit banyak traveller dalam negeri maupun internasional.

Ada banyak air terjun indah di kawasan Sumba, tapi berikut ini ada beberapa referensi air terjun indah di Sumba Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yuk simak informasinya di bawah ini.

Air Terjun Matayangu

Sumber: idntimes.com

            Air terjun yang terletak di Manurara, Katikutana Sel, Kabupaten Sumba Tengah ini bisa membuat siapa saja yang datang terpana dengan panorama alam pada salah satu air terjun indah di Sumba Tengah ini. Air terjun Matayangu ini cukup unik karena memiliki dua air terjun pada satu tempat. Sumber air terjun yang pertama memiliki ketinggian 75 meter yang berasal dari gua, dan air terjun yang kedua akan muncul ketika musim hujan. Lokasi air terjun indah di Sumba Tengah yang satu ini juga diantara tebing-tebing tinggi dan membentuk kubangan air berwarna biru jernih di bawahnya menjadikan Air Terjun Matayangu ini sangat cantik. Spotnya juga sangat Instagramable.

Air Terjun Harunda

Sumber: bahagiaitugratis.wordpress.com

Salah satu surge tersembunyi di kawasan Sumba Tengah yang bisa kamu jelajahi adalah Air Terjun Harunda. Berlokasi di kawasan Soru, Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah air terjun indah ini memiliki pemandangan yang asri dan menyegarkan. Ketinggianya sekitar 10 sampai 15 meter dengan debit air yang cukup kencang beserta dikelilingi tebing dan bebatuan alam yang besar membuat salah satu air terjun indah di Sumba Tengah ini primadona bagi para wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Harunda ini.

Air Terjun Mbola

Sumber: sumbahidupsehat.blogspot

Air Terjum Mbola ini juga bisa kamu kunjungi ketika berada di kawasan Sumba Tengah. Lokasinya memang sangat pelosok dan tersembunyi, namun pesona air terjun ini tidak bisa dibantah. Salah satu air terjun indah di Sumba Tengah ini terletak di Desa Wanggawainyengu dengan jarak tempuh sekitar 15 km dari Waibakul dan berjarak 5 km dari Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah. Untuk mencapai tempat ini kamu harus melewati hutan kecil dan menyusuri sungai sekitar 15 menit dengan akses jalan yang cukup menantang bagi pencinta alam. Dengan ketinggian air terjun hingga 30 meter, tentu Air Terjun Mbola ini jadi salah satu tempat menarik untuk dijelajahi.

Air Terjun Waikapori

Sumber: tripsumba.com

Air Terjun Waikapori ini juga menjadi salah satu air terjun indah di Sumba Tengah. Lokasinya ada di Desa Bolubokat Utara di Kecamatan Umbu Ratu Nggay atau sekitar 20 km perjalanan dari Waibakul. Medan jalannya juga cukup menantang tapi setelah sampai dan melihat panorama Air Terjun Waikapori ini, rasa lelah serasa terbayarkan. Air terjun yang satu ini punya dua air terjun yang mana yang pertama punya ketinggian 10 meter dan kedua 5 meter.Jernihnya air ditambah suasana alam yang asri menjadikan tempat yang satu ini bisa jadi destinasi menantang dan menarik untuk dikunjungi di Sumba Tengah.

Air Terjun Lapopu

Sumber: pinterset.com

Air terjun indah di Sumba Tengah yang terakhir ini nggak kalah menarik dengan air terjun lainnya dan bahkan disebut sebagai ikon karena pemandangannya yang luar biasa memukau. Air Terjun Lapopu ini juga memagang predikat sebagai air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggianya yang mencapai 90 meter. Meskipun tinggi, air terjun ini bentuknya berundak-undah sehingga air yang mengalir tidak terlalu keras dan jatuh langsung dari atas. Pemandangannya juga sangat cantik dengan air biru jernih bak Kristal dipadu dengan suasana rindang pepohonan di sekitanya sehingga tidak salah menyebut Air Terjun Lapopu ini sebagai salah satu air terjun indah di Sumba Tengah.

Nah, itulah informasi tentang air terjun indah dan memukau di kawasan Sumba Tengah yang bisa kamu jadikan referensi jika hendak berlibur ke Sumba. Berminat untuk mengeksplor salah satu dari 5 air terjun di atas?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x