6 Pesona Pantai Laipori di Sumba Timur

Sumba memiliki berbagai tempat wisata cantik yang masih belum banyak terjamah. Salah satunya adalah Pantai Laipori. Apa saja pesona Pantai Laipori yang perlu kita ketahui?

1. Luasnya Hutan Cemara Laut

Menikmati hutan cemara di Pantai Laipori. Foto: Google Maps / Yellow Squad

Menikmati hutan cemara di Pantai Laipori. Foto: Google Maps / Yellow Squad

Sebelum sampai di bibir pantai, pengunjung akan mendapati pemandangan yang tak biasa di sepanjang perjalanan. Padang pasir putih yang membentang seperti lapangan, dihiasi dengan pohon cemara laut yang mendominasi. Bahkan tempat ini disebut sebagai hutan cemara laut terluas di Sumba.

Hutan cemara ini sendiri sudah bisa pengunjung nikmati sebagai tempat wisata yang terpisah dengan pantainya. Jika wisatawan sudah terlalu lelah dalam perjalanan, sisihkanlah waktu untuk melipir sebentar di bawah pohon-pohon cemara ini.

Warga sekitar Kota Waingapu pun terkadang membuat acara kumpul bersama di area hutan ini. Pilih spot dengan padang rumput hijau, agar suasana menjadi lebih nyaman. Anda juga bisa membawa tikar untuk bisa bersantai bersama, sambil menikmati perbekalan yag dibawa.

Mendirikan tenda juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati suasana di hutan ini. Pilih dataran dengan pohon yang tidak terlalu lebat. Jangan lupa untuk membawa bekal air tawar yang cukup selama berada di sini.

2. Pantai Pasir Putih yang Cantik

Pasir putih Pantai Laipori, dengan suasana yang tenang. Foto: instagram/casa_kandara

Pasir putih Pantai Laipori, dengan suasana yang tenang. Foto: instagram/casa_kandara

Daya tarik utama Pantai Laipori adalah pasir putihnya, dipadu dengan air laut yang biru. Karena belum banyak dikunjungi, pantai ini pun cenderung bersih. Hanya ada beberapa ranting pohon atau daun kering yang berserakan di sudut pantai.

Di sini, pengunjung bisa berjalan santai meyusuri garis pantai yang cukup panjang. Jika sudah menjelang siang, pengunjung bisa melipir ke bawah pohon untuk berteduh sambil menikmati santapan yang dibawa.

Baca juga : 5 Pantai Indah Lainnya di Sumba Timur

3. Bersantai di Kolam

Bersantai di kolam Pantai Laipori. Foto: Google Maps / Annisa Yuniar

Bersantai di kolam Pantai Laipori. Foto: Google Maps / Annisa Yuniar

Di dekat pantai Laipori ini kita bisa menemukan semacam kolam atau muara sungai. Kolam ini biasanya terisi air ketika baru saja terjadi air pasang. Arusnya tidak terlalu deras, cenderung tenang. Di sekitarnya diselimuti oleh pohon-pohon cemara laut, membuat spot yang satu ini terasa rindang dan menenangkan.

4. Menikmati Matahari Terbenam

Matahari terbenam di Panta Laipori. Foto instagram/dhany_anwar

Matahari terbenam di Panta Laipori. Foto instagram/dhany_anwar

Matahari tenggelam terlihat sangat cantik di Pantai Laipori. Bagaimana tidak, garis pantai yang panjang, dengan pasir putihnya, membuat pandangan akan matahari tenggelam menjadi sangat lapang. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen ini bersama kerabat kesayangan Anda.

5. Spot Foto yang Bervariasi

Salah satu spot foto andalan di sekitar Pantai Laipori. Foto: instagram/amahungu89

Salah satu spot foto andalan di sekitar Pantai Laipori. Foto: instagram/amahungu89

Tidak seperti pantai-pantai lainnya, Pantai Laipori bisa dikatakan menawarkan variasi spot foto yang lebih beragam. Spot foto standar untuk pantai, seperti bibir pantai dengan pasir putih, pemandangan matahari terbit dan tenggelam dan deretan pohon kelapa, tentu bisa kita temui di sini.

Selain itu, ada pula spot foto lainnya yang tak biasa. Misalnya saja spot foto jalan sepi yang diapit oleh deretan pohon kering di musim kemarau. Atau, pengunjung juga bisa memilih spot foto diantara deretan pohon cemara yang masih menghijau.

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat pula spot foto kolam yang tenang. Mengambil foto atau video menggunakan drone di sini juga bisa menghasilkan karya yang memuaskan.

Di sini pengunjung belum bisa menemukan spot foto buatan yang biasanya ada di tempat wisata lainnya. Namun, justru itulah yang membuat Pantai Laipori menarik, karena kealamiannya yang masih terasa hingga saat ini.

6. Tempat Mencari Inspirasi

Kolam di tengah hutan cemara Pantai Laipori. Foto: instagram/rizky_djami98

Kolam di tengah hutan cemara Pantai Laipori. Foto: instagram/rizky_djami98

Pantai Laipori belum banyak dikenal banyak orang, sehingga jumlah pengunjungnya masih sangat sedikit. Ketenangan Pantai Laipori ini pun menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini layak untuk dikunjungi. Apalagi jika pengunjung datang untuk mencari inspirasi atau menenangkan pikiran.

Lokasi dan Fasilitas Pantai Laipori

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Pandawai, Sumba Timur, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Kota Waingapu. Jika pengunjung datang kemari, pastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan prima. Hal ini dikarenakan, setelah keluar dari jalan utama, pengunjung akan menghadapi jalan berpasir selama kurang lebih dua kilometer.

Perjalanan ini mungkin tidak akan mulus dan melelahkan, tapi akan terbayar begitu melihat bibir pantai pasir putih yang indah. Fasilitasnya masih sangat sederhana, hanya tersedia rumah-rumah payung atau lopo.

Baca juga : Kampung Pau Umabara di Sumba Timur

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x