Lokasi Festival Pasola

Lokasi Festival Pasola –  Nusa  Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal  akan kekayaan alam dan juga budayanya, dan tidak mengherankan karena kekayaan alamnya yang sangat indah, Nusa Tenggara Timur kini menjadi salah satu tujuan wisata untuk wisatawan mancanegara.

Nusa Tenggara Timur juga terkenal akan kebudayaan yang sampai saat ini masih dipertahankan oleh masyarakatnya, salah satunya adalah Festival Pasola atau dalam bahasa Indonesianya adalah lempar lembing kayu dari kuda.

Berikut adalah informasi mengenai Festival Pasola yang biasa diselenggarakan di Kabupaten Sumba Barat oleh Bupati, sekaligus lokasi yang sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan acara Festival Pasola.

Apa Itu Festival Pasola?

Festival Pasola  Foto: voinews.id

Festival Pasola berasal dari sebuah kata,  yakni “sola” atau “hola” .  Arti dari dua kata tersebut adalah sejenis lebing kayu yang di lempar atas kuda yang di pacu kencang,  dan kegiatan ini  dilakukan oleh  dua kelompok yang saling berlawanan.

Tradisi Pasola atau Pahola ini dilakukan oleh masyarakat Sumba yang masih menganut agama asli mereka yakni Marapu, dan kegiatan ini biasanya diselenggarakan di Kabuapten  Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Proses Melakukan Festival Pasola

Proses Melakukan Festival Pasola    Foto: ksmtour.com

Festival Pasola diawali dengan upacara Nyale yang berarti ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan oleh  Tuhan, dan acara ini diselenggarakan saat bulan purnama dan cacing cacing (nyale) keluar ke  tepi pantai.

Sebelum acara Festival Pasola dimulai, ada tradisi menangkap nyale,  dimana nyale yang di dapat harus berukuran besar agar hasil panen yang di dapat menjadi baik.  Jika nyale berukuran kecil dan bertubuh rapuh, maka akan terdapat sebuah malapetaka menurut masyarakat yang menganut kepercaan Marapu.

Setelah tradisi nyale, selanjutnya adalah acara festival Pasola, dimana 100 pemuda bertarung satu sama lain dengan senjata berupa tombak.  Jika nantinya ada korban jiwa dalam festival ini, maka menurut kepercayaan Merapu korban tersebut terkena hukuman dari dewa.

Walaupun festival Pasola sangat menegangkan, festival ini dapat dinikmati oleh  wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat, baik masyarakat sekitar, wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Lokasi Festival Pasola

Festival Pasola biasa diselenggarakan pada bulan Februari – Maret di setiap tahunnya. Berikut adalah lokasi Festival Pasola yang diselenggarakan oleh Bupati Sumba Barat:

  •  Kecamatan Lobaya, Sumba Barat

Kecamatan  Lamboya   Foto: facebook.com/ watu bella sumba barat

Kecamatan Lamboya merupakan salah satu kecamatan di Sumba Barat, dan disini banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Watu Bela. Selain terdapat banyak destinasi wisata, Kecamatan Lamboya juga menjadi salah satu lokasi  festival Pasola.

Pada 20 Februari 2020 lalu, Bupati Sumba Barat menyelenggarakan festival Pasola di Kecamatan Lamboya, dan festival ini ditujukan untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat.

  •  Kecamatan Wanokaka , Sumba Barat

 

 

Kecamatan Wanakoka   Foto:  sumbabaratkab.go.id

Sama seperti  Kecamatan Lamboya, Kecamatan Wanakoka juga memiliki keindahan alam salah satunya adalah Pantai Lailiang.  Selain terdapat pantai yang sangat indah, Kecamatan Wanakoka juga menjadi salah satu lokasi untuk menyelenggarakan Festival Pasola pada 16 Maret 2020 oleh Bupati Sumba Barat agar menarik wisatawan datang.

  • Kecamatan Kodi, Sumba Barat

 

 

Kecamatan Kodi   Foto: wikipedia. org

Kecamatan Kodi merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Sumba Barat, dan disini terdapat Kampung Adat yang sangat terkenal  yakni Kampung  Adat Tosi.   Di Kecamatan Kodi  juga menjadi lokasi Festival Pasola oleh Bupati Sumba Barat pada tanggal 17 Maret 2020, dengan tujuan untuk menarik minat wisatawan datang ke Kabupaten Sumba Barat.

  • Kecamatan Gaura, Sumba Barat 

 

Kecamatan Gaura   Foto: suaraflores.net

Kecamatan Gaura  juga merupakan salah satu Kabupaten di Sumba Barat yang  menjadi lokasi  Festival Pasola,  dan Bupati Sumba Barat menyelenggarakan festival Pasola di Kecamatan Gaura pada tanggal 19 Maret 2020. Dengan adanya festival ini, diharapkan Kabupaten Sumba Barat semakin mandiri dan banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat termasuk ke Kecamatan Gaura.

BACA JUGA 

Itu dia penjelasan mengenai lokasi Festival Pasola yang ada di Kabupaten Sumba Barat.  Kamu bisa melihat festival ini secara langsung di empat kecamatan tersebut dan keseruan bisa kamu dapatkan saat melihat acara tersebut.

Jangan lupa untuk melihat blog  www.tripsumba.com  karena disini kamu akan mendapat banyak informasi mengenai tradisi di  Sumba, tempat wisatanya serta tempat kuliner yang ada di Sumba Nusa Tenggara Timur.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x