Tenun Sumba, Berapa sih Harga Aslinya..

Pulang  dari  Sumba tanpa oleh-oleh souvenir tenun Sumba? Rasanya seperti belum pernah ke Sumba. Hampa. Kemudian dihantui pertanyaan, apa bukti kamu pernah ke Sumba? Foto di Savana Purukambera yang menawan. Ah, foto kan bisa diolah di komputer. Bisa gila menjawab pertanyaan seperti itu.

Memang rasanya belum sah pergi ke Sumba tanpa membawa oleh-oleh khas Sumba itu. Apalagi tenun Sumba sedang hit sekarang. Pamor tenun Sumba tidak kalah dengan Batik tulis Jogja atau kain songket Padang.

Sayangnya tenun Sumba mahal, meski sebenarnya mahal itu relatif. Tapi sebelum menilai mahal, kamu harus tahu apa dan bagaimana tenun Sumba.

Tenun Sumba Barat dan Tenun Sumba Timur

Perbedaan wilayah dan kondisi alam menghasilkan perbedaan dalam corak dan motif tenun Sumba.

Tenun Sumba Barat mempunyai motif statis dan sederhana, misalnya corak berbentuk garis-garis, geometris, anting-anting, motif bunga dan motif tumbuhan. Sementara tenun Sumba Timur lebih dinamis dan rumit dengan menampilkan motif seperti: kuda, burung kakaktua, buaya, naga, dan ayam.

Kain tenun Sumba Timur biasanya lebih mahal dibanding kain tenun Sumba Timur.

Kain Tenun Sumba Sakral

sumber: diversity.id

Kain tenun Sumba bukan sekedar kain tenun biasa. Setiap kain tenun Sumba memiliki niiai spritual yang sakral. Setiap motif memilikia makna sendiri-sendiri. Jadi bukan sekedar gambar yang ditenunkan pada selembar kain.  Pada dasarnya setiap manusia Sumba diikat tenun mulai dari masa kelahiran hingga kematian. Tenun tidak bisa dilepas dari semua segi hidup manusia Sumba.

Motif kuda melambangkan kepahlawanan, keagungan, dan kebangsawanan. Kuda adalah melambangkan harga diri dan sangat identik dengan masyarakat Sumba. Kuda juga melambangkan kegesitan dan kekuatan untuk menaklukkan alam Sumba yang gersang dan keras. Motif buaya atau naga melambangkan kekuasaan dan kekuatan raja-raja Sumba yang agung dan dihormati. Sementara motif burung kakaktua melambangkan masyarakat Sumba yang mencintai persatuan dan kedamaian dalam menjalani hidup. Oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari mayarakat Sumba terbiasa menyelesaikan masalah dengan jalan bermusyawarah. Motif ayam melambangkan bahwa orang tua Sumba seperti induk ayam yang akan selalu melindungi dan mengutamakan kehidupan anak-anaknya.

Menganyam kesabaran membuat tenun Sumba

Sumber: egindo.co

Proses pembuatan tenun Sumba membutuhkan waktu yang bervariasi antara 6 bulan yang terpendek sampai 3 tahun hanya untuk mengerjakan selembar tenun Sumba yang indah. Tentunya proses pembuatan kain tenun Sumba akan semakin lama kalau dikerjakan seorang diri.

Prinsip hidup komunal mewarnai pembuatan kain tenun Sumba. Satu lembar kain Tenun Sumba dikerjakan oleh 3 sampai 10 orang. Bukan mengada-ada, memang begitu kenyataannya. Mulai dari orang yang mencari kapas, memintalnya menjadi benang, mewarnai benang dengan pewarna alami, membuat motif yang akan diterakan di atas kain, sampai menenunnya sendiri.

Terhitung ada 42 proses yang harus dilewati –mulai dari proses memisahkan  biji dari kapas (lamihi) hingga proses penyelesaian (wari rumata)- untuk membuat satu lembar tenun Sumba.

Tenun Sumba, Berapa sih Harga Aslinya.

sumber: CNN Indonesia Andry Novelino

Mahalnya harga tenun Sumba dipengaruhi oleh proses yang panjang itu. hal lain yang memperngaruhi harga tenun Sumba adalah ukuran, kepadatan benang, dan kerumitan motif tenun. Namun tidak seluruhnya mahal, ada yang murah yang cocok digunakan sebagai souvenir, misalnya dining table yang harganya Rp. 150.000.

Berikut ini harga tenun Sumba yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber:

Kain Tenun Pahikung                                                      : Rp 2.000.000

Kain Sumba – Kawuru Mahang 250 x 120 cm           : Rp 9.000.000

Sarung Sumba – Kombu Karihu 200 x 80 cm          :  Rp 5.200.000

Kain Sumba  Kaliuda Umur 20 Tahun                        : Rp 11.250.000

Kain Motif Bunga Bunga Raja                                      : Rp 3.750.000

Harga tenun Sumba di atas merupakan harga yang beredar di pasaran. Tapi jika kamu datang sendiri ke Sumba, pasti harganya bisa lebih miring. Kain tenun Sumba bisa berharga lebih mahal lagi, bisa mencapai ratusan juta tergantung, seberapa tua kain tenun tersebut dan nilai sejarah yang dimilikinya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x