6 Air Terjun Terindah di Indonesia, Serasa Milik Pribadi

Air terjun terindah di Indonesia tersebar di beberapa wilayah. Entah di dalam maupun luar Pulau Jawa.

Seperti diketahui, wisata air terjun juga menjadi salah satu primadona di tanah air selain pantai. Jangankan wisatawan dalam negeri. Turis mancanegara pun gemar berburu keindahan air terjun di Indonesia.

Nah, untukmu yang tak ingin ketinggalan untuk menyaksikan keeksotisan air terjun terindah di Indonesia, berikut daftar wisata yang bisa kamu kunjungi.

Coban Sewu

Dikenal pula dengan Air Terjun Tumpak Sewu, tempat wisata di Lumajang ini menawarkan aliran air yang terlihat seolah bertumpuk-tumpuk.

Itulah kenapa, salah satu air terjun terindah di Indonesia ini disebut Tumpak Sewu atau Coban Sewu.

Air Terjun di Indonesia Coban Sewu

Coban Sewu Lumajang (Sumber: instagram/tsaniyahs)

Dari pusat kota Lumajang, air terjun yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo ini jaraknya sekitar 54 kilometer atau bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam.

Rute paling mudah untuk bisa sampai di Coban Sewu adalah Desa Sidomulyo. Melalui trek ini, kamu akan melewati hutan-hutan desa hingga sungai.

Dari area parkir air terjun terindah di Indonesia ini, kamu perlu melanjutkan perjalanan ke dasar bukit melalui anak tangga sepanjang 800 meter.

Soal harga tiket, kamu hanya perlu membayar Rp10 ribu saja. Selanjutnya, kamu bisa bebas menikmati keindahan air terjun terindah di Indonesia ini dari pagi sampai sore.

Air Terjun Sipiso Piso

Kalau air terjun terindah di Indonesia ini berada di Desa Tonggong, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Harga tiket Air Terjun Sipiso Piso murah, yaitu sekitar Rp10 ribu per orang.

Air Terjun Terindah di Indonesia

Air Terjun Sipiso Piso Sumatera Utara (Sumber: Wikipedia)

Berada di air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini, kamu akan betah. Terlebih lagi lokasinya ada di area perbukitan yang dikelilingi hutan pinus.

Wisata di Sumatera Utara ini letaknya sekitar 24 kilometer dari Kota Kabanjahe. Menuju Air Terjun Sipiso Piso, kamu bisa menggunakan bus jurusan Kabanjahe dari Medan dengan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam.

Sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan ke Danau Toba dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Supaya bisa sampai di titik lokasi air terjun terindah di Indonesia ini kamu perlu menuruni sekitar 500 anak tangga.

Air Terjun Sendang Gile

Berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Air Terjun Sendang Gile menawarkan aliran air dengan tinggi sekitar 31 meter.

Wisata yang masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini terdiri dari dua tingkatan. Dimana tingkat pertama dimulai dari atas tebing sampai kolam alami di bawahnya. Sedangkan yang kedua mulai dari kolam pertama dan mengalir sampai sungai di bawahnya.

Air Terjun Terindah di Indonesia

Air Terjun Sendang Gile (Sumber: instagram/salitre.tc)

Merupakan pintu masuk bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Rinjani, air terjun yang juga dikenal dengan nama Batu Ko’ ini jaraknya sekitar 2 kilometer saja dari Desa Bayan.

Untuk menuju lokasi salah satu air terjun terindah di Indonesia ini ada 2 jalur. Pertama melalui ratusan anak tangga dengan ketinggian kurang lebih 40 meter. Setelah itu, kamu perlu melewati lembah sekitar 15 menit perjalanan melalui jembatan yang berlubang.

Jalur alternatifnya, kamu bisa melewati saluran irigasi. Kamu bisa menyusuri pinggiran lembah dengan permukaan yang cukup curam. Kemudian melewati jembatan yang terbuat dari rotan.

Agar bisa masuk ke lokasi air terjun terindah di Indonesia ini, kamu hanya perlu menyediakan dana sekitar Rp10 ribuan saja.

Air Terjun Wai Marang

Air terjun terindah di Indonesia selanjutnya terletak di Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Tempat wisata di Sumba Timur ini letaknya tersembunyi dan bisa dibilang berbeda dari destinasi lainnya.

Berada di kawasan wisata Sumba ini, kamu akan menyaksikan air terjun dengan kolam alami berwarna biru tosca sedalam 1,5 sampai 8 meter yang seolah dilindungi tebing kabur melingkar.

Air Terjun Wai Marang

Air Terjun Wai Marang Sumba Timur (Sumber: instagram/jeaslinelinn)

Air terjun terindah di Indonesia ini letaknya lumayan jauh dari Kota Waingapu. Estimasi waktu yang diperlukan untuk mencapai tempat wisata di Sumba Timur ini kurang lebih selama 2 jam berkendar.

Lebih mudahnya, kamu bisa sewa mobil di Sumba dengan tarif sekitar Rp800 ribu sampai Rp900 ribu per harinya. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa open trip Sumba yang harganya sekitar Rp2 juta sampai Rp3 juta per 4 hingga 5 hari.

Oh ya, tiket masuk memang tidak perlu dibayar. Tapi kamu perlu menyediakan budget untuk parkir mobil dan sewa jasa pemandu (sekitar Rp50 ribu).

Air Terjun Madakaripura

Tidak kalah cantik dari Tumpak Sewu, Madakaripura yang terletak di Desa Negororejo, Kecamatan lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur juga bisa dibilang merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia.

Berada di wisata Probolinggo ini, kamu bukan hanya bisa melihat air yang mengalir di antara dua dinding tebing.

Air Terjun terindah di Indonesia

Air Terjun Madakaripura Probolinggo (Sumber: instagram/airterjunmadakaripura)

Cahaya matahari pun terkadang seolah ingin menembus celah-celah tebing tinggi dan menambah keindahan Madakaripura.

Rute menuju Air Terjun Madakaripura ini melalui jalur Probolinggo-Bromo menuju Tonga. Sampai di pertigaan Sukapura, ambil arah ke kanan hingga tiba di Pasar Lumbang. Kemudian ikuti petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke salah satu air terjun terindah di Indonesia ini.

Bicara soal harga tiket masuk Air Terjun Madakaripura, kamu hanya perlu menyediakan dana sekitar Rp16 ribuan.

Curug Sewu

Salah satu air terjun terindah di Indonesia ini terletak di Desa Wisata Curugsewu, Patean, Kendal, Jawa Tengah.

Berada di ketinggian 650 mdpl dan dikelilingi hutan, membuat udara tempat wisata di Kendal ini sangat sejuk.

Memasuki kawasan wisata ini, kamu bisa melihat aliran air setinggi sekitar 80 meter dengan bentuk berundak-undak.

Air Terjun Terindah di Indonesia

Curug Sewu Kendal (Sumber: instagram/dwieyyanti)

Selain melihat dari dasar, kamu juga bisa menyaksikan derasnya aliran air terjun terindah di Indonesia ini dari Gardu Pandang Munthuk Jambe.

Rute menuju Curug Sewu cukup mudah. Dari Kendal, kamu bisa memilih dua jalur barat, yaitu melalui Weleri-Sukorejo. Sementara jalur timur rutenya adalah Boja-Patean.

Soal tiket masuknya, kamu hanya perlu menyediakan dana sekitar Rp5 ribu saja. Murah kan? Hanya saja, untuk sementara air terjun terindah di Indonesia ini tutup sementara karena pandemi Covid-19.

Well, itulah sederet air terjun terindah di Indonesia yang seolah milik pribadi. Tersebar di seluruh tanah air, mana dulu tempat wisata di Indonesia yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x