Pantai Pahiwi Sumba, Pantai Eksotis di Pulau Sumba

Pantai Pahiwi Sumba merupakan destinasi wisata baru yang sepertinya bakal segera viral.  Hal ini dikarenakan panorama yang begitu indah dengan tekstur pantai yang landai dan berpasir empuk.

Ada banyak keistimewaan di Pantai Pahawi. Semuanya menawarkan nuansa wisata yang bisa dijadikan sebagai sarana pengusir penat. Apalagi bagi traveler yang tinggal di perkotaan yang membutuhkan udara segar.

Pesona Pantai Pahiwi Sumba

Pantai Pahiwi Sumba

Pantai Pahiwi Sumba

Pantai Pahiwi Sumba dikenal sebagai pantai berpasir empuk dan halus. Sedangkan agak menjorok ke dalam terdapat gugusan pulau yang asri dan membentang seakan menjadi pagar hidup pantai.

Pasir di pantai ini terhampar dengan diameter yang cukup luas. Umumnya tempat ini dijadikan tempat pengunjung bermain voli, bakar-bakar ikan, berfoto selfie maupun sekadar bercengkrama sembari berjemur menghangatkan badan.

Pantai Pahiwi cukup sejuk dan rindang. Karena masih banyak pepohonan besar yang tumbuh di pinggir pantai. Di bawah pepohonan juga terdapat hamparan pasir yang bisa digunakan beristirahat sembari melihat ombak dan merasakan semilir angin pantai.

Upacara Nyale dan Pasola di Pantai Pahiwi

Salah satu destinasi unggulan di Pantai Pahiwi ialah adanya upacara adat yang disebut Upacara Nyale dan Pasola. Upacara Nyale berisi ritual mencari cacing yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Sedangkan Upacara Pasola atau Pasola Pantai Wanokaka identik dengan tradisi teatrikal. Yang mana di pinggir pantai terdapat beberapa orang berkuda yang mewakili sosok ksatria sedang menunggu imam atau Rato.

Rato atau imam dalam aliran kepercayaan tertentu akan mendatangi mereka di tempat tertentu di pantai tersebut. Setelah itu baru adat Pasola dimulai. Salah satu adegan upacara ialah pertarungan penunggang kuda dengan saling melempar lembing atau tongkat.

Aktifitas Wisata di Pantai Pahiwi Sumba

Pantai Pahiwi

Selain melihat upacara adat Nyale dan Pasola pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain di Pantai Pahiwi Sumba. Berikut aktivitas-aktivitas yang menarik dan mempesona di pantai viral ini:

1. Menikmati Sunsite dan Sunrise

Aktivitas yang pertama adalah menikmati sunsite dan sunrise dari pinggir pantai. Sebuah aktivitas yang pasti bikin kamu ketagihan dan tidak sadar bibir berdecak kagum dan takjub pada pemandangan yang terlihat.

Karena alasan di atas pengunjung terbanyak di Pantai Pahiwi ialah saat menjelang matahari terbenam dan terbitnya. Karena bias cahayanya yang menyentuh air laut membuat suasana terasa romantis dan syahdu.

2. Berfoto Selfie

Di sini traveler juga bisa berfoto selfie dengan sepuasnya. Selain banyak spot pose yang alami teatrikal di upacara Pasola juga bisa dijadikan sebagai objek foto. Namun pastikan menjaga jarak aman supaya terhindar dari lembing yang dilemparkan.

Kalau kamu piawai memainkan kamera bisa dipastikan hasil jepretan pasti memuaskan. Padahal hanya sekadar foto sedang berselonjor di atas pasir empuk bersama keluarga. Apalagi jika yang menjadi latar adalah matahari terbenam pasti lebih instagenik.

3. Membuat Miniatur dari Pasir

Aktivitas yang juga menarik dilakukan di Pantai Pahiwi ialah membuat miniatur dari pasir. Kegiatan yang tepat jika dilakukan bersama si buah hati karena bisa meningkatkan daya nalar dan kreativitas-nya.

Untuk melakukan kegiatan ini pastikan di pagi atau sore hari. Karena suasananya lebih dingin dan sejuk. Sedangkan kalau tengah hari cukup panas sekalipun angin semilir pantai sedikit bisa mengurangi suhu panasnya.

Fasilitas Wisata di Pantai Pahiwi

Karena Pantai Pahiwi Sumba masih perawan dan masih belum tersentuh Pemkab setempat maka masih belum ada fasilitas wisata yang dipersiapkan. Sehingga pengunjung perlu membawa bekal sendiri termasuk bekal makanan.

Di Pantai ini juga tidak terdapat tempat penginapan. Padahal tidak sedikit traveler yang menginap karena ingin menikmati dini hari dan senja di pantai. Oleh karena itu jika kamu ingin bermalam bisa tinggal di hotel yang banyak di wilayah kota Waikabubak saja.

Rute Menuju Pantai Pahiwi

Pantai Pahiwi berada di Wai Hura Wanokaka Kabupaten Sumba Barat Nusa Tenggara Timur. Rute menuju pantai berupa jalan setapak yang sudah beraspal dengan bagus. Sayang kendaraan umum masih belum mendapatkan trayek ke tempat ini.

Jika traveler menggunakan kendaraan umum maka harus berhenti di tempat yang agak jauh. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi atau rental car maka ada akses masuk langsung ke arah pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pahiwi

Untuk memasuki Pantai Pahiwi pengunjung tidak perlu membayar tiket. Karena memang tempat ini masih belum dikelola dengan baik sehingga silakan akses keindahannya secara gratis.

Sekalipun demikian pengunjung dibebaskan mendatanginya kapanpun sesuai keinginan. Bahkan waktu kunjung juga tidak dibatasi sehingga pengunjung lebih pusa menjelajahi pantai dengan leluasa.

Demikian review singkat tentang Pantai Pahiwi Sumba. Harapan semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan yang berharga. Terutama untuk para traveler yang haus destinasi wisata.

Link Image:

http://kepulauanntt.blogspot.com/2018/02/pantai-pahiwi-kabupaten-sumba-barat.html

https://blog.reservasi.com/tempat-wisata-menarik-di-sumba/2/

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x