Pantai Dassang Sumba

Siapa yang tidak ingin menikmati keindahan wisata Sumba? Anda yang membaca artikel ini pun pasti termasuk salah satu dari sekian ratusan bahkan ribuan orang yang ingin menjajal keindahalan wisata alam Sumba. Sumba juga dikenal sebagai daerah wisata yang menyuguhhkan wisata adat dan wisata budaya. Ada banyak desa adat yang berada di Sumba Barat maupun Sumba Timur, yang bisa anda eksplor.

Untuk anda yang menyukai wisata alam berupa hamparan pantai yang indah, Sumba adalah surga pantai itu. Sumba memiliki ciri khas pantai yang berpasir putih, dengan air laut yang jernih, dan barisan batu karang yang kecantikannya sungguh memikat. Beberapa pantai di Sumba Barat, bahkan sangat dikagumi oleh para peselancar (surfer), salah satunya Pantai Dassang Sumba

Si Cantik Pantai Dassang Sumba

Pantai Dassang Sumba – Foto: Jordan Photowork.

Pantai Dassang terletak di Desa Harona Kalla, Kecamata Laboya Barat, Sumba Barat. Pantai Dassang memiliki pasir yang putih, air laut yang jernih, barisan tebing yang kokoh menjadi dinding bagi pantai yang masih jarang dikunjungi para wisatawan ini.

Tak hanya itu, anda akan selalu melihat langit biru yang sangat jernih dengan kumpulan awan putih yang memayungi Pantai Dassang Sumba. Pantai ini pun terbilang luas, anda bisa berfoto di antara batu karang yang tersebar di salah satu sudut pinggir Pantai Dassang.

Batu Karang di Pantai Dassang Sumba – Foto: travelingwithtinae.com

Berfoto di antara batu karang ini bisa menggunakan dua background yang sama – sama cantiknya. Background laut dan background tebing batu yang berselimut beberapa tanaman. Sebuah spot foto yang sempurna.

Untuk anda yang suka traveling ke pantai dan menjajal ombak dengan papan selancar, anda bisa menjadikan Pantai Dassang Sumba ini sebagai salah satu tujuan anda. Karena Pantai Dassang memiliki ombak yang cukup tinggi, dan bagus untuk berselancar.

Akses Ke Pantai Dassang Sumba

View Pantai Dassang Sumba – Foto: travelingwithtinae.com

Karena letaknya yang berada di Sumba Barat, maka pilihlah Bandara Tambolaka sebagai tujuan pertama traveling anda ke Sumba Barat. Mungkin anda akan transit dulu di Denpasar atau di Kupang, tergantung maskpai pesawat yang anda pilih.

Dari Bandara Tambolaka, anda bisa menyewa mobil yang lengkap dengan supir. Biayanya mulai dari Rp. 750.000. Pilihlah persewaan mobil yang sudah menyediakan ‘biaya’ menginap driver, sehinga anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk kamar sang driver.  Sangat disarankan untuk menyewa mobil bersama supirnya, karena beberapa daerah wisata di Sumba masih tersembunyi, dan hanya orang lokal yang mengetahui letak pasti daerah wisata tersebut.

Karena Pantai Dassang Sumba termasuk pantai yang jarang dikunjungi, maka bila anda menggunakan jasa paket tour Sumba, mintalah pantai ini ditambahkan ke dalam itinerary anda.

Hotel Nihiwatu, Hotel Terbaik di Dunia

Hotel Nihiwatu Sumba – Foto: travel.kompas.com

Pantai Dassang Sumba, cukup dekat dengan Hotel Terbaik di Dunia pada tahun 2016 versi majalah wisata internasional Travel+Leisure. Jadi, kalau anda memiliki budget traveling yang berlebih, anda bisa mencoba menginap di Hotel Nihiwatu ini, sekalian menyambangi keindahan Pantai Nihiwatu yang biru jernih. FYI, untuk menginap di Hotel Nihiwatu, anda perlu merogoh kantong sekitar Rp. 9 juta per malam-nya.

Mahal memang. Hotel ini menawarkan 3 kamar villa di atas tebing dengan view langsung ke Samudera Hindia. Selain itu, anda akan diajak mengelilingi wisata alam sekitar Hotel dengan cara tracking. Salah satu kelebihan lain dari hotel ini adalah mereka merekrut pegawainya dari 90% penduduk lokal, sehingga bisa membantu mengurangi angka pengangguran di Sumba Barat. Mulia, bukan?

Biaya Masuk Ke Pantai Dassang

Karena masih perawan dan jarang dikunjungi, untuk mengunjungi pantai ini tidak dikenakan biaya masuk. Anda bisa langsung menikmati keindahan Pantai Dassang Sumba setelah melewati perjalanan yang berkelok – kelok, menurun, dan berupa tanjakan. Tapi, semua itu akan terbayar dengan keindahan Pantai Dassang yang sangat murni, jernih, dan cerah.

Jadi, jangan lupa masukkan Pantai Dassang ke dalam traveling itinerary anda selama anda traveling ke Sumba. Abadikan setiap keindahan wisata alam di Sumba, yang sulit anda temukan di wilayah Indonesia lainnya. Karena Sumba memiliki ciri khas alam dan budaya yang sangat kental.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x