5 Pantai Yang Memiliki Spot Sunset di Sumba

Indonesia Timur memang terkenal dengan keindahan alamnya yang sudah mendunia. Salah satu wilayah yang juga menyimpan berbagai keindahan alam adalah Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur.

Selain memiliki pemandangan yang asri, beberapa pantai di daerah ini juga menyajikan pemandangan sunset yang indahnya sulit diabaikan dan tentunya Photogenic.

Berikut ini, Trip Sumba akan berikan daftar 5 tempat wisata yang memiliki spot Sunset di Sumba yang memiliki pemandangan terindah

Pantai Walakiri – Spot Sunset di Sumba Timur Yang Eksotis

sunset di Sumba

Pantai Walakiri. Sumber Gambar : dakatour.com

Pantai Walakiri merupakan salah satu pantai di Pulau Sumba yang sangat terkenal dengan keindahan lautnya. Pantai yang berada di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki pemandangan matahari terbenam atau Sunset yang sangat indah.

Pantai Walakiri cukup dekat dengan pusat kota Sumba Timur yakni Kota Waingapu. Jaraknya hanya sekitar 24 Km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Karena pantai walakiri termasuk pantai yang dekat dengan kota, akses menuju pantai walakiri juga sudah cukup baik dan mudah dijangkau meski memang tidak ada angkutan umum menuju pantai ini.

Dengan latar belakang pantai yang ditumbuhi pohon bakau kerdil menambah keeksotisan tempat ini. Dijamin, kamu akan jatuh cinta dengan sunset di pantai ini.

Pantai Mbawana – Keindahan Sunset di Sumba Barat Daya

sunset di sumba

Pantai Mbawana. Sumber Gambar : Okezone.com

Pulau Sumba juga memiliki Pantai Mbawana dengan keindahan sunset-nya yang luar biasa. Pantai ini berlokasi di Desa Panenggo Ede, Kodi Bangedo.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dari Bandar Udara Tambolaka.

Keunikan dari Pantai Mbawana ini yaitu berupa adanya tebing tinggi yang mengelilingi pantai. Pada salah satu sudut pantai, kamu akan menjumpai sebuah batu karang dengan lubang setengah lingkaran yang terbentuk secara alami. Nah, tempat ini bisa kamu jadikan spot foto untuk memperindah feed Instagram dan media sosial lainnya.

Pantai Watu Maladong – Spot Sunset di Sumba Yang Memiliki Mitos Penyu Raksasa

Pantai Watu Malandong – foto @pasolatourstravel

Destinasi yang menawarkan pemandangan sunset di Sumba yang indah berikutnya masih berada di Desa Panenggo Ede, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Di pantai ini, kamu akan menemukan deretan gugusan batu karang yang besar dan tinggi dengan keindahan sunset-nya di sore hari.

Salah satu keunikan dari menikmati sunset di pantai Watu Maladong ini adalah pemandangan latar belakang batuan-batuan tinggi yang berada di sekitar pantai atau dapat mengambil spot melalui celah alami yang terbentuk diantara bebatuan tersebut.

Namun dibalik keindahannya, Masyarakat setempat menganggap pantai ini angker. Pasalnya menurut cerita penduduk sekitat, di masa-masa peperangan musuh yang tertangkap akan dibunuh dan tubuhnya dibuang ke sungai yang arusnya mengalir dan berakhir di pantai ini. Selain kisah tersebut, Ada juga legenda tentang batuan karang yang berbentuk mirip dengan cangkang penyu.

Masyarakat setempat percaya bahwa batu karang itu adalah jelmaan seekor penyu ajaib yang bisa berbicara. Diceritakan dalam legenda, Penyu ajaib tersebut pernah membantu seorang petani setempat untuk menyeberangi muara sungai dari pulau Sumba hingga ke pulau seberang.

Pantai Pero – Pesona Water Blow dan Sunset di Sumba Yang Indah

Sunset di SUmba

Pantai Pero. Sumber Gambar : flickr

Destinasi wisata yang menawarkan keindahan sunset di Sumba berikutnya adalah Pantai Pero yang berlokasi di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Salah satu kelebihan dari Pantai Pero ini juga memiliki ombak yang besar. Dengan perpaduan bebatuan karang dan ombak besar inilah maka kemudian mucul fenomena water blow yang menawan. Water blow sendiri adalah fenomena air laut yang menjulang ke atas karena ombak yang menerpa bebatuan karang dengan kencang.

Karena adanya fenomena water blow inilah, psrs pnegunjung bisa melakukan kegiatan dokumentasi atau fotografi dengan optimal. Saat ombak datang dan akan menerpa batuan karang maka kamu harus bersiap dengan kamera untuk mengabadikan fenomena water blow tersebut.

Namun dikarenakan ombak di Pantai Pero yang besar maka disarankan untuk tidak berenang. Kamu yang membawa kamera dan sedang membidik beberapa pemandangan di Pantai Pero ini juga perlu berhati-hati karena water blow yang ada di sana bisa membuatmu basah kuyup

Bagi para pemburu sunset, pastinya kamu tidak boleh melewatkan pantai yang satu ini. Bebatuan tajam yang tersusun di pinggir pantai semakin siap untuk menyempurnakan matahari terbenam di sore hari.

Indah sekali bukan?

Pantai Mandorak – Menikmati Sunset Dari ‘Surga Yang Jatuh ke Bumi”

Pantai Mandorak. Sumber Gambar : @maratua.id

Pantai Mandorak menjadi salah satu objek wisata terbaik yang ada di Sumba. Lokasinya berada di Kabupaten Sumba Barat Daya, pantai ini tak kalah indah dari Hawaii loh.

Keunikan dari pantai ini adalah letaknya yang berada di balik tebing curam. Wisatawan bisa bermain air, berenang atau hanya sekadar menikmati pemandangan dan aktivitas nelayan di sekitar pesisir pantai.

Di Pantai Mandorak juga para pengunjung dapat menyewa perahu kecil agar dapat sekedar menikmati keindahan laut. Menikmati angin yang segar dan hempasan ombaknya juga menjadi suatu aktivitas menyenangkan yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Mandorak ini.

Disaat matahari mulai terbenam, akan terlihat pemandangan yang sangat indah di pantai ini. Menikmati senja di pantai ini seakan menemukan kepingan surga yang jatuh ke bumi.

Itulah 5 tempat wisata yang memiliki spot sunset di Sumba. Tertarik untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata ini?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x