5 Tips Liburan ke Sumba Agar Liburan Semakin Nyaman

Tips Liburan ke Sumba  – Saat ini Sumba menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati para wisatawan.

Benar saja, tidak hanya menyajikan alam yang eksotis, namun adat dan budaya di Sumba masih sangat kental. Sumba bagaikan mutiara yang tersembunyi dalam lautan luas.

Pesona yang ditawarkan di Sumba tidak kalah dengan pesona Bali yang sudah mendunia. Walaupun begitu fasilitas dan infrastruktur di Sumba masih belum senyaman di Bali.

Berikut adalah tips liburan ke Sumba yang bisa menjadi panduan kamu saat pertama kali berlibur di pulau ini.

1. Tentukan Waktu yang Tepat

Tips Liburan ke Sumba

Sumber: Unsplash/febiyanr

Dengan bentang alam yang sama, kamu bisa mendapatkan panorama berbeda tergantung pada waktu yang kamu pilih saat mengunjungi Pulau ini.

Pada Bulan Oktober hingga Maret kamu akan menemukan pemandangan Pulau Sumba yang serba hijau. Pada rentang waktu ini musim hujan sedang berlangsung sehingga tumbuhan di sini tumbuh dengan subur.

Sedangkan pada Bulan April hingga Oktober saat berlangsungnya musim kemarau, pemandangan rumput dan bukit di Sumba serba coklat karena tumbuhan sedang meranggas.

Walaupun begitu pada musim kemarau cuaca cenderung lebih cerah. Namun jika kamu tertarik dengan wisata budaya di Sumba saya sarankan untuk berkunjung di Bulan Februari atau Maret, pada saat Ritual Pasola diadakan.

Baca juga :

2. Pemilihan Rute Wisata

Tips Liburan ke Sumba

Tips Liburan ke Sumba, Pemilihan Rute Wisata – Sumber: Unsplash/Christine Mendoza

Terdapat dua bandara di Pulau Sumba, yaitu Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur dan Bandara Waikabubak di Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Untuk menghemat waktu dan biaya, saya sarankan agar masuk melalui Sumba Timur dan melakukan perjalanan menuju arah Sumba Barat Daya, atau sebaliknya.

Ada baiknya untuk melakukan road trip dengan menyewa sepeda motor atau mobil pribadi. Penyewaan motor di Sumba berkisar 100rb-150rb per-hari, dan mobil antara 500rb-1.500rb per-hari.

Dengan road trip kamu bisa mendapatkan banyak pemandangan yang hanya bisa dilihat di Sumba, seperti kawanan kuda yang merumput bebas.

3. OOTD yang Nyaman dan Instagramable

Tips Liburan ke Sumba

Sumber: instagram.com/febiyanr

Gunakan pakaian yang nyaman saat berlibur ke Sumba. Tak dapat dipungkiri saat berlibur kita ingin bersenang-senang dan meminimalisir gangguan yang ada.

Memilih outfit yang nyaman adalah salah satu tips liburan ke Sumba yang wajib dilakukan. Jika berlibur pada saat musim hujan jangan lupa selalu sedia jas hujan kemanapun kamu pergi.

Jika pada saat musim kemarau, tumbuhan juga sedang banyak yang meranggas, udara di pulau ini sangat terik dan terasa panas sekali.

Lebih baik untuk memilih outfit yang casual dan berbahan tipis seperti kaus yang dilengkapi dengan outer. Jangan lupa juga untuk mengoleskan tabir surya ke seluruh wajah dan badan.

Topi merupakan aksesoris yang wajib dibawa saat berlibur ke Sumba. Agar tetap terlihat kece saat berfoto, jangan lupa untuk menyiapkan outfit yang Instagramable, ya!

4. Gunakan Jasa Pemandu Wisata dari Orang Lokal

Tips Liburan ke Sumba

Sumber: TheSpiceRouteEnd.com

Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Masyarakat Sumba masih memegang adat dan tradisi nenek luhur dengan sangat teguh. Bersikaplah sopan santun dan jaga tata krama, khususnya saat berada di perkampungan adat.

Hampir semua peraturan adat di perkampungan tidak tertulis, maka jika kamu salah bertingkah bisa terkena sanksi yang berat.

Ada baiknya menggunakan jasa pemandu wisata dari orang lokal Sumba untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu kamu bisa belajar adat dan budayanya langsung dari orang Sumba. 

5. Bye Bye Koneksi Internet

Tips Liburan ke Sumba

Sumber: The Jakarta Post

Pulau Sumba merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Tidak heran jika koneksi internet di pulau ini masih belum stabil. Sebelum masuk ke Pulau Sumba ada baiknya untuk menyelesaikan segala urusan terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk berpamitan kepada keluarga dan orang tersayang yang tidak ikut serta. Dengan begini kamu akan merasa lebih tenang saat berlibur dan kekhawatiran keluarga di rumah sedikit banyak bisa berkurang.

Ingat, walaupun panorama yang ada di Pulau Sumba tidak kalah eksotis dengan Pulau Bali, namun perjalanan di sini tidak akan senyaman saat di Bali.

Persiapan yang matang akan sangat dibutuhkan saat memutuskan untuk berlibur di Sumba. Itulah lima tips liburan ke Sumba yang bisa kamu ikuti agar liburan semakin nyaman.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x