Tana Wai Humba Sumba

Tana Wai Humba bisa diartikan sebagai Tanah Air Sumba. Dimana dalam Bahasa Sumba, ‘tana’ berarti tanah, ‘wai’ artinya air, sedangkan ‘Humba’ adalah Sumba.

Meski memiliki arti tersendiri, Tana Wai Humba juga merupakan salah satu tempat wisata. Letaknya di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Berada di Tana Wai Humba, kamu akan melihat keindahan alam yang masih terjaga kelestariannya. Beragam aktivitas penduduk setempat yang mayoritas sebagai petani pun akan kamu saksikan.

Tana Wai Humba

Tana Wai Humba (Sumber: instagram/muhimamsaleh)

Dan tentu saja, selain bisa menyegarkan pikiran dengan menikmati alam di Tana Wai Humba, kamu juga bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tempat wisata di Sumba Barat Daya ini.

Sayangnya, informasi tentang Tana Wai Humba masih belum lengkap, sehingga mungkin akan sedikit sulit untuk menelusuri wisata ini.

Kendati demikian, kamu masih bisa menjelajahi beberapa tempat wisata di Sumba Barat Daya yang lainnya sebagai berikut.

  1. Desa Adat Ratenggaro

Tidak bisa ke Tana Wai Humba? Tenang, karena masih ada tempat wisata di Sumba Barat Daya satu ini.

Liburan ke Desa Adat Ratenggaro, kamu akan disuguhi dengan deretan rumah tradisional Sumba yang terbuat dari bambu dengan atap setinggi sekitar 25 meter.

Bukan tanpa arti atap dibuat sedemikian rupa. Seperti desa-desa di Sumba yang lain, hal itu dibangun guna menghormati roh leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu yang mereka anut.

Desa Adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro (Sumber: instagram/eryradixa)

Selain rumah adat, hamparan pantai tersembunyi di dekat alternatif wisata selain Tana Wai Humba ini pun menjadi bonus saat kamu mengunjungi Ratenggaro.

Air pantainya jernih dan ombaknya cukup besar dengan gulungan panjang. Selain itu, di sepanjang pantai, kamu juga bisa melihat beberapa makam megalitik yang berasal dari 4500 tahun lalu.

Untuk bisa sampai di desa adat Sumba ini, kamu perlu mengunjungi Umbu Ngedo, Kodi Bangedo. Jaraknya sekitar 50 kilometer sebelah barat daya Waitabula. Kamu bisa mencapai wisata di Sumba Barat Daya ini dengan naik bus ke Bondokodi dan menyewa jasa ojek.

  1. Danau Weekuri

Tidak akan rugi untuk mengunjungi Danau Weekuri meski gagal menemukan Tana Wai Humba. Sebab, laguna ini akan membuatmu terpesona karena pemandangan alam di sekitarnya serta airnya yang jernih.

Selain itu, kandungan garam yang cukup tinggi di wisata Sumba Barat Daya ini akan membuatmu bisa merasakan sensasi berenang tanpa perlu takut tenggelam.

Danau Weekuri

Danau Weekuri (Sumber: instagram/azraeimuhamad)

Secara administratif, lokasi Danau Weekuri berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara. Jaraknya sekitar 60 kilometer dari Tambaloka, ibukota Sumba Barat Daya.

Dari Tambaloka, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa. Adapun biaya sewa motor sekitar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per hari. Sedangkan sewa mobil sekitar Rp500 ribu sampai Rp600 ribu per harinya.

Setelah melewati jalan beraspal dan berbatu, di tengah perjalanan kamu akan melihat resort milik warga Prancis yang mengelola Pantai Mandorak. Tidak jauh dari sana, kamu akan memasuki kawasan danau yang ditandai dengan adanya pos penjaga.

Biasanya, kamu hanya perlu membayar dana seikhlasnya untuk memasuki kawasan alternatif wisata selain Tana Wai Humba ini. Dari pos jaga, kamu masih harus jalan kaki sekitar 20 meter supaya bisa sampai di area wisata.

  1. Bendungan Waikelo Sawah

Waikelo Sawah tidak seperti wisata komersial pada umumnya. Sebab, sebagai tempat liburan, destinasi ini merupakan salah satu sumber mata air di Sumba yang tidak pernah mengering meskipun musim kemarau menyerang.

Dibangun pada tahun 1976 dan ditujukan untuk irigasi serta pembangkit listrik, Waikelo pun menawarkan pemandangan cantik dan tidak kalah dari wisata di Sumba Barat yang lainnya.

Waikelo Sawah

Waikelo Sawah (Sumber: instagram/travelsingle___)

Lokasi Waikelo Sawah berada di Tema Tana, Wewewa Timur. Dari Tambaloka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, jaraknya sekitar 12 kilometer dengan estimasi waktu 40 menit berkendara/

Kondisi jalan menuju danau di Sumba Barat Daya ini cukup bervariasi, dimana ada yang sudah beraspal dan ada pula yang masih berkerikil.

Transportasi umum masih belum ada untuk bisa sampai di wisata Sumba Barat Daya ini. Untuk itu, kamu perlu menggunakan jasa ojek dari Tambaloka atau bisa juga menyewa kendaraan.

Untuk bisa liburan di wisata alternatif Tana Wai Humba ini, kamu masih belum perlu membayar tiket.

Tidak perlu kecewa meski belum bisa berkunjung ke Tana Wai Humba. Sebab, kamu masih bisa menemukan banyak wisata keren di Sumba Barat Daya yang lainnya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x