Pantai Matauki Sumba, Surga Menakjubkan yang Tersembunyi

Pantai Matauki Sumba – Berlibur merupakan salah satu cara untuk dapat melepas lelah karena selama ini kamu sudah bekerja atau belajar.

Berlibur tidak dapat dilakukan setiap hari sehingga waktu untuk berlibur terbatas. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan waktu sebaik mungkin untuk berlibur.

Indonesia menyediakan banyak sekali destinasi wisata. Sumba merupakan salah satu pulau yang sudah terkenal mempunyai destinasi wisata yang indah baik bagi wisatawan lokal atau mancanegara.

Selain terkenal dengan air terjunnya, Sumba juga dikenal memiliki banyak pantai yang sudah tidak dapat diragukan lagi keindahannya. Salah satu pantai di Sumba yang akan membuat kamu terpana adalah pantai Matauki.

Pantai Matauki Surga Tersembunyi di Sumba Tengah

Pantai Matauki Sumba tengah

Pantai Matauki Sumba tengah – foto google maps The Sanubari

Apa yang ada dipikiran kamu ketika pertama kali mendengar kata pantai Matauki? Pasti kamu sangat asing dengan nama pantai ini. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada pantai Matauki di Sumba. Pantai Matauki memang tidak terkenal seperti pantai lainnya di Sumba.

Pantai ini memang tidak terkenal namun bukan berarti pantai ini jelek. Pantai Matauki kurang terkenal karena letaknya yang berada di dalam hutan, masih banyak orang yang tidak mengetahui pesona pantai ini dan kurangnya promosi terhadap tempat wisata ini.

Pantai Matauki memiliki pasir berwarna putih dan ketika terkena sinar matahari maka akan terlihat bersinar bak permadani. Ketika kaki menginjak pasir pantai maka kamu bisa merasakan lembutnya pasir pantai ini.

baca juga :

Pantai Matauki

Pantai Matauki – foto google maps The Sanubari

Di sekeliling pantai terdapat batu-batu karang dan pepohonan hijau  sehingga semakin menambah kesan asri pada pantai yang berada di Sumba Tengah ini. Di sekeliling pantai Matauki juga terdapat bukit-bukit berwarna hijau.

Deburan ombak dan angin yang sepoi-sepoi membuat kamu betah untuk bermain-main di pantai ini. Pantai ini masih belum banyak terjamah oleh para wisatawan sehingga pantai Matauki sepi dari wisatawan.

Hal ini tentunya cocok bagi kamu yang ingin sesat kabur dari hiruk pikuk kehidupan. Meskipun tidak terlalu terkenal di Sumba Tengah, pantai Matauki sangat bersih. Masyarakat Sumba sangat menjaga pantai ini supaya tetap asri.

Lokasi Pantai Matauki

Suasana Pantai Matauki. Sumber: youtube Linie Kabata Poro

Pantai Matauki merupakan salah satu surga yang tersembunyi di balik lebatnya hutan di Sumba.

Secara geografis, pantai Matauki terletak di Konda Maloba, Katikuna Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu hal yang membuat pantai Matauki kurang terkenal karena lokasinya yang tersembunyi di dalam hutan.

matauki beach center sumba

matauki beach center sumba – foto google maps The Sanubari

Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini maka kamu bisa menggunakan rute untuk menuju pantai Konda Maloba. Letak pantai Matauki terletak di sebelah pantai Konda Maloba.

Dari pantai Konda Maloba kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit dengan jalan kaki.

Untuk dapat sampai ke pantai Matauki, kamu menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari Waikabubak yang merupakan Ibu Kota  Sumba Barat.

Pantai Matauki di Sumba tengah

Pantai Matauki di Sumba tengah – foto g maps Ian Hughes

Jika kamu memulai perjalanan dari Waibakul, Sumba Tengah maka kamu hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 1,5 jam.

Waktu untuk menempuh perjalanan ke Matauki emang tidak terlalu lama namun hal tersebut bukan berarti perjalanan kamu mulus. Tidak semua jalan sudah diaspal. Masih terdapat jalan yang belum diaspal sama sekali.

Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat maka kamu harus memakirkan kendaraan kamu di jalan besar lalu melanjutkan dengan jalan kaki.

rute menuju pantai matauki

rute menuju pantai matauki – foto google maps The Sanubari

Jika kamu menggunakan motor maka kamu dapat lebih mudah menjangkau pantai ini. Akan tetapi pastikan kamu menggunakan motor yang kuat ya karena kamu harus menelusuri jalan yang belum diaspal dan banyak pepohonan.

Meskipun untuk bisa sampai ke tujuan, kamu harus melewati medan yang sulit kamu dijamin tidak akan menyesal atau mengeluh.

Selama perjalanan kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang luar biasa dan menjadi bukti bahwa sungguh indah ciptaan Tuhan. Pantai Matauki masih berada di sekitar kawasan Taman Nasional. Oleh sebab itu kamu keasrian pantai sangat terjaga.

Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Pantai Matauki Sumba

Pantai Matauki. Sumber: youtube Linie Kabata Poro

Waktu yang tepat untuk mengunjungi surga di Sumba Tengah ini yaitu pada sore hari.

Namun supaya kamu sampai di pantai tepat sore hari kamu harus berangkat siang hari. Jangan sampai kamu berangkat di sore hari mengingat kamu harus menempuh jalan dengan berjalan kaki melintasi hutan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x