Paket Wisata Sumba, Dari Treking Sampai Berburu Sunset

Sudah pernah pergi ke  surga tersembunyi di bumi?

Kepingan surga yang terlempar ke bumi itu bernama Sumba. Sebuah pulau kecil di selatan pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Ada banyak keajaiban alam dan budaya yang dapat kamu temukan di Sumba. Padang savana menakjubkan menguarkan aroma bunga rumput yang sangat khas Sumba, pantai-pantai dengan pasir lembut menyimpan keganasan ombak sempurna untuk surfing, perkampungan kuno dengan kubur batu sisa jaman megalitikum yang masih lestari, dan masih banyak lagi yang akan membuat kamu terpesona.

Sumba memang terletak nun jauh di timur, di tempat matahari terbit. Tapi jangan kawatir, ada banyak jalan menuju surga tersembunyi Sumba.

Sebelum menjelajah padang-padang savana Sumba, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

Rencanakan liburanmu

sumber: jalanblog.wordpress.com

Kenapa kamu harus merencanakan liburan? Pertama, waktumu untuk berlibur tidak panjang karena merupakan waktu jedah pekerjaan. Jadi liburan yang singkat harus benar-benar dimanfaatkan agar memberi kesan yang dalam. Kedua, kamu bukan sultan kaya raya yang punya uang tanpa nomor seri yang memungkin pergi liburan ke seluruh dunia. Jadi liburan perlu direncanakan dengan baik, agar dana yang kamu siapkan tidak membengkak dan menyedot dana untuk kebutuhan penting lainnya.

Intinya liburan yang waktunya pendek harus efektif, tidak menguras dompet diluar dana untuk berlibur dan harus memberi kesan tidak terlupakan.

Ketiga, Sumba punya 2 pintu gerbang masuk; gerbang barat dan timur. Pintu gerbang barat melalui bandara Tambolaka, sementara pintu gerbang timur melalui bandara Umbu Mehang Kunda Kijing atau bandara Waingapu. Tentukan pintu masuk lewat gerbang barat atau timur. Pintu masuk ini akan memudahkkan kamu memilih spot-spot favorit yang akan kamu kunjungi. Sayang kan kalau sudah jauh-jauh datang ke Sumba tapi melewatkan spot-spot favorit yang sudah kamu impikan selama bertahun-tahun untuk didatangi hanya karena keteledoran kecil.

Yang tidak kalah penting, sesuaikan jadwal liburanmu dengan waktu-waktu terbaik untuk menikmati pesona Sumba. Misalnya di musin hujan untuk menikmati padang savana yang hijau seperti karpet raksasa yang luar biasa atau musin kemarau dimana kamu ingin melihat real Sumba, padang savana kemerahan karena terbakar matahari kemarau.

Waktu kunjungan ini penting diperhatiakan. Kan tidak lucu, misalnya, kamu datang jauh-jauh datang dari Eropa untuk mencumbui ganasnya ombak Sumba, kamu datang saat ombak landai. Apa kata dunia, bro..

Open Trip

sumber: satu-indonesia.com

Jika waktu liburanmu sangat pendek.  Kamu tidak mungkin melakukan perjalanan model sharing cost. Waktu liburan yang pendek tidak memungkinkan untuk mengumpulkan teman untuk berlibur bareng ke Sumba. Bisa jadi mereka sudah punya jadwal liburan sendiri. model liburan berkelompok ini biasanya begitu sampai di bandara, baru menyewa tranportasi yang biasanya ditanggung ramai-ramai, begitu juga dengan penginapannya. Memang liburanmu bisa lebih murah. Tapi jika kamu hanya memiliki waktu yang pendek dan belum menggenal Sumba. Liburan dengan sharing cost tidak direkomendasikan.

Menjadi Backpacker mungkin menjadi idaman liburan yang ingin kamu lakukan. Tapi jika waktumu pendek, liburan model ini juga tidak bisa direkomendikan. Backpacking memang memberi banyak tantangan petualangan, banyak memberi kesempatan menikmati keindahan alam dan budaya Sumba lebih dekat, tapi backpacking membutuhkan waktu yang lebih lama. Lamanya waktu juga tidak menjamin backpacking menjadi cara berlibur yang lebih murah.

Jadi hanya open trip, pilihan terbaik berlibur ke Sumba dalam waktu yang singkat.

Paket Wisata Sumba

sumber: korinatour.co.id

Ada banyak agen wisata yang dapat mengantarmu menjelajahi Sumba. Kamu bisa menemukan agen wisata dengan berbagai paket yang ditawarkan secara online. Kamu tinggal pilih paket yang sesuai waktu libur dan sesuai dengan dompetmu.

Paket 4 hari 3 malam dengan destinasi wisata:  Air Terjun Waimarang, Bukit Tanarara, Pantai Bwana, Savana Purukambera, Kampung Adat Ratenggaro, Tanjung Mareha, Danau Weekuri, Air Terjun Lapopu, Bukit Wairinding, Bukit Tenau, Pusat Kerajinan Kain Asli Sumba, dibandrol dengan harga 3 jutaan oleh sebuah agen wisata. Paket ini dengan titik jemput di bandara  Tambolaka.

Ada juga paket 5 hari 4 malam dengan titik penjemputan Bandara Tambolaka. Destinasi wisata yang ditawarka: desa adat Ratenggaro, Pantai Bwana, Tanjung Mareha, menikmati sunset, Danau Waekuri,  Pantai Mandorak, desa adat Praijing, explore, Air Terjun Lapopu,  Air terjun Tanggedu,  Savana Purukambera, Bukit Warinding,  air terjun Waimarang, Bukit Tanarara, Pantai Walakiri, dan berakhir di bandara Waingapu dengan harga 4 jutaan  per orang.

Dengan model open trip, kamu tinggal duduk manis dan tidak lelah.  Sesampainya di bandara Tambolaka atau di Bandara Waingapu. Pihak agen wisata akan menyembut dan mengantarmu ke hotel, sebelum menjelajah surga tersembunyi Sumba yang menakjubkan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x