Mengenal Kota Waikabubak di Sumba Barat

Kota Waikabubak  –  Virus Covid 19 telah membuat semuanya berubah,  sehingga kita hanya bisa bekerja dan belajar di rumah dengan menggunakan online. Tempat wisata pun juga melakukan hal yang sama, yakni kita disuguhkan dengan wisata online dengan aplikasi seperti Zoom dan lain sebagainya.

Namun, jika covid 19 sudah berlalu, kini kita perlu refreshing dan perlu melepas penat agar kita bisa terbebas dari stres dan pikiran kita menjadi positif.  Tempat wisata yang wajib kamu kunjungi setelah Covid 19 adalah Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Sumba Barat denga ibu kota Kota Waikabubak .

Kota Waikabubak  Kabupaten Sumba Barat memiliki keindahan alam dan tradisi yang wajib kamu eksplor. Berikut adalah informasi yang wajib kamu tahu mengenai Kota Waikabubak yang terletak di Kabupaten  Sumba Barat

Sejarah Dan Letak Kota Waikabubak

Kota Waikabubak  Foto: Indonesia-tourism.com

Kota Waikabubak merupakan Ibukota dari Kabupaten Sumba Barat dan kota ini memiliki luas wilayah 44,71 km2 , dan jumlah penduduk 721 jiwa/ km2.  Kota Waikabubak juga merupakan salah satu kota terbesar kedua setelah Kota Waingapu yang ada di Kabupaten Sumba Timur.

Di Kota Waikabubak, kamu akan melihat tempat wisata seperti taman, pantai, dan juga kampung adat. Selain itu, Kota Waikabubak  juga  terdapat tempat kuliner  yang lezat dan tentu harganya juga  sangat murah .

Batas Wilayah Kota Waikabubak

Berikut adalah batas wilayah Kota Waikabubak:

Utara: Keacmatan Loli

Timur: Kecamatan Loli

Selatan : Kecamatan Wanokaka

Barat : Kecamatan Loli

Tradisi Belis Tradisi Masyarakat di Kota Waikabubak

Belis Tadisi Masyarakat Kota Waikabubak   Foto: boombastis.com

Tradisi Belis merupakan salah satu tradisi masyarakat di Waikabubak, Sumba Barat yang masih dipertahankan sampai saat ini. Tradisi Belis adalah tradisi serah serahan yang ada di daerah Sumba termasuk Sumba Barat, dan biasanya serah serahannya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.

Serah serahan tradisi Belis (tradisi masyarakat Kota Waikabubak) biasanya berupa hewan ternak sepeti kerbau, kuda, dan babi , atau bisa juga dengan  mamuli atau yang disebut dengan perhiasan emas.  Semakin tinggi strata atau tingkatan  seorang wanita, maka hewan ternak dan perhiasan yang dibawakan oleh seorang pria akan semakin banyak.

Tempat Wisata di Kota Waikabubak

Waikabubak merupakan salah satu kota yang terkenal dengan keindahan alamnya , dan hal tersebut yang menjadikan Kota Waikabubak  di Kabupaten Sumba Barat menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Berikut adalah tempat wisata di Kota Waikabubak yang wajib kamu kunjungi, mulai dari pantai sampai  alun alun (lapangan).

  1. Pantai Watu Bela, Kota Waikabubak 

Pantai Watu Bela Kota Waikabubak Foto: suaraflores.net

Pantai Watu Bela merupakan salah satu pantai  yang tidak jauh dari Kota Waikabubak dan pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi karena pantainya bersih dan pasirnya berwarna putih. Kamu bisa berkunjung ke pantai ini bersama pacar, teman dan keluarga kamu .

 2. Lapangan Waikabubak, Kota Waikabubak 

Lapangan Waikabubak  Kota Waikabubak   Foto: wisatasumba.net

Lapangan Waikabubak merupakan salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Kota Waikabubak. Lapangan ini mirip seperti alun alun yang biasa kita temui di Pulau Jawa, dan disini terdapat berbagai macam kuliner yang dijajakan.

Selain mencicipi kuliner kaki lima, kamu juga bisa berfoto di tengah lapangan Waikabubak karena disini terdapat sebuah tugu  patung pendekar  yang  mengendarai kuda, dan di  tugu tersebut bertuliskan Kota Waikabubak.

Tempat Kuliner  di Kota Waikabubak

  • D Sumba Ate, Kota Waikabubak

D Sumba Ate  Foto: tripadvisor.co.id

D Sumba Ate merupakan salah satu tempat kuliner yang paling banyak dikunjungi  oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Kota Waikabubak,  karena tempatnya nyaman serta bersih.

Selain tempatnya yang nyaman dan bersih, D Sumba Ate Kota Waikabubak menyediakan makanan western food sampai  Indonesian Food  yang rasanya lezat, dan tentu harganya sangat  terjangkau mulai dari Rp. 50.000 – Rp 100.000.

Kampung Adat Yang Ada di Kota Waikabubak

  • Kampung Adat Prai Ijing

Kampung Adat Prai Ijing Kota Waikabubak  Foto:  tiket.com

Kota Waikabubak memiliki kampung adat dan namanya adalah Kampung Adat Prai Ijing.  Kampung ini merupakan salah satu Kampung adat yang ada di Kota Waikabubak dan  menjadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan karena masyarakatnya masih memegang teguh tradisinya.

Berbeda dengan Kampung Adat Bodo Ede yang tidak jauh dari Prai Ijing, Kampung Adat Prai Ijing Kota Waikabubak menawarkan kepada wisatawan pakaian adat yang bisa disewakan, sehingga para wisatawan bisa berfoto dengan pakaian adat tersebut .

Itulah informasi mengenai Kota Waikabubak yang ada di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Yuk kita berlibur ke Kabupaten Sumba Barat dan temukan banyak pengalaman saat berlibur di Kabupaten Sumba Barat.

BACA JUGA YA 

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x