5 Resort di Sumba yang Langsung Menghadap Pantai

Ada banyak resort keren yang bisa kita temukan di Sumba. Mulai dari yang sederhana sampai yang highclass bisa kita temui. Tapi semuanya menawarkan satu hal yang sama: pemandangan Sumba yang menawan.

Salah satu pesona Sumba ada di garis pantainya. Pasir putih serta air laut yang jernih kebiruan sungguh menjadi pemandangan yang memukau mata. Tak heran kalau banyak resort yang didirikan di tepi pantai. Berikut diantaranya.

1. Kalala Beach Resort

Bungalow kayu di Kalala Beach Resort Sumba. Foto: Google Maps / Toyib Kusuma Jaya

Bungalow kayu di Kalala Beach Resort Sumba. Foto: Google Maps / Toyib Kusuma Jaya

Kalala Beach Resort Sumba dikenal juga dengan nama Kalala Bungalows atau Mr. David’s Kalala Beach Surfer’s Resort. Resort ini tepat berada di tepi pantai Kalala. Tepatnya di di Desa Hadakamali, Kecamatan Wula Waijelu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Resort ini hanya memiliki 2-4 bungalow, dengan fasilitas dasar yang terbilang sangat sederhana. Bangunan ini terbuat dari kayu dan atap jerami. Dihiasi dengan ornamen-ornamen kayu ukir dan kain khas Sumba. Kesederhanaan dan ketenangan memang menjadi daya tarik utama resort ini.

2. Costa Beach Resort & Club Waingapu

Costa Beach Resort & Club Waingapu. Foto Google Maps - Costa Beach Resort & Club

Costa Beach Resort & Club Waingapu. Foto Google Maps – Costa Beach Resort & Club

Costa Beach Resort & Club Waingapu terdapat di Kecamatan Wula Waijelu, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Resort ini menawarkan fasilitas yang cukup modern di tengah indahnya panorama tepian pantai Sumba. Landmark resort ini adalah sebuah bangunan mirip rumah adat Sumba di atas pasir putih yang menghadap pantai.

Di resort ini terdapat restoran, sepeda untuk berkeliling, bar, lounge, taman bermain bagi anak-anak, area pantai pribadi, area parkir dan teras. Resort ini juga menawarkan layanan rental mobil bagi pengunjung yang ingin menjelajahi daerah sekitar. Resort ini memiliki tiga tipe unit hunian yaitu Jungle Room, Beach Front Suite dan Beach Front Villa.

3. Sumba Adventure Resort

Salah satu pilihan kamar di Sumba Adventure Resort. Foto: Google Maps / Jodie Cooper

Salah satu pilihan kamar di Sumba Adventure Resort. Foto: Google Maps / Jodie Cooper

Apabila Anda sedang mencari resort yang mendukung kegiatan berselancar di Sumba Timur, mungkin Sumba Adventure Resort bisa menjadi jawabannya. Resort ini di berada di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Keunikan kamar di Sumba Adventure Resort adalah arsitekturnya yang memanfaatkan bambu dan kayu sebagai elemen utamanya. Dengan demikian pengunjung akan mendapat suasana back to nature. Di sini juga tersedia wifi, namun dengan sinyal cukup terbatas.

Sumba Adventure Resort menawarkan ombak yang bagus untuk berselancar. Bagi para pemula atau yang belum pernah berselancar tidak perlu khawatir, karena pelatih di sini akan siap membimbing Anda mulai dari nol.

Aktivitas seru lainnya yang ditawarkan oleh pengelola Sumba Adventure Resort adalah aktivitas scuba diving. Pengujung akan diajak untuk menyelam sejauh 20 meter di bawah permukaan laut untuk melihat barisan terumbu karang yang cantik. Namun pengelola hanya menerima penyelam berpengalaman untuk menyelam di area ini.

4. Pondok Wisata Pantai Cemara

Menikmati Pondok Wisata Pantai Cemara. Foto: www.pondokwisatapantaicemara.com

Menikmati Pondok Wisata Pantai Cemara. Foto: www.pondokwisatapantaicemara.com

Pondok Wisata Pantai Cemara terletak di Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Dari Kota Waingapu, membutuhkan satu jam perjalanan untuk sampai di tempat ini.

Penginapan ini menawarkan beberapa tipe kamar yang didekorasi dengan cantik. Menghadap langsung ke arah pantai, pengunjung tak boleh melewatkan berbagai aktivitas seru di sini. Beberapa diantaranya adalah kegiatan tur jalan kaki, snorkeling, berkuda, berkano, bersepeda (dikenai biaya tambahan) dan memancing. Tak hanya itu, pihak pengelola juga menawarkan kegiatan-kegiatan lainnya seperti kelas memasak, dan kelas mengenal budaya lokal.

5. Nihi Sumba Island

Nihi Sumba Island. Foto: Google Maps / Budi Afriyan

Nihi Sumba Island. Foto: Google Maps / Budi Afriyan

Resort yang satu ini sudah banyak dikenal, bahkan oleh wisatawan internasional. Nihi Sumba Island atau Nihiwatu berada di Desa Hoba Wawi, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Di sini wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang berada tepat di depan resort, namun juga ada banyak aktivitas seru yang ditawarkan. Diantaranya adalah berkuda dan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut. Para tamu juga bisa berpartisipasi dalam pengembangan komunitas setempat, melalui proyek pengadaan sumber air bersih, klinik kesehatan dan perbaikan gizi anak.

Desain kamar dengan gaya bohemian yang elegan, berpadu dengan keindahan alam dan budaya lokal yang masih terjaga juga menjadi daya tarik dari resort ini. Tak heran jika tempat ini mendapat gelar Hotel Terbaik Dunia versi majalah internasional Travel+Leisure di tahun 2017.

Baca juga: Menjelajah 5 Gua di Sumba

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x