Mengenal Kampung Adat Bodo Ede di Sumba Barat

Kampung Adat Bodo Ede –  Kabupaten  Sumba Barat merupakan salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya , dan disini banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi seperti pantai dan juga air terjun.

Namun, selain terkenal dengan keindahan alamnya, Kabupaten Sumba Barat  juga terkenal dengan budaya dan tradisinya. Salah satu kampung di Kabupaten Sumba Barat yang masih melestarikan adat dan juga tradisinya adalah Kampung Adat  Bodo Ede.

Berikut kami berikan informasi mengenai Kampung Adat Bodo Ede, kampung adat yang masyarakatnya masih mempertahankan budaya dan tradisinya, dan kampung adat ini bisa kamu kunjungi saat kamu berlibur ke Sumba Barat bersama teman, pacar dan keluarga kamu.

Letak Kampung Adat Bodo Ede

Kampung Adat Bodo Ede  Foto: kampungadatsumbabarat.weebly.com

Kampung Adat Bodo Ede merupakan kampung adat yang terletak di daerah Kecamatan Lolo,  Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, dan kampung ini dikenal dengan julukan Tadulla Bodo Ede Takoula Kadu Watu, yang berarti tempat berjaga yang tinggi atau tempat berdirinya batu berbentuk manusia yang memiliki tanduk.

Tidak jauh dari Kota Waikabubak, ibukota dari  Kabupaten Sumba Barat, di Kampung Adat Bodo Ede kamu bisa menemui tradisi masyarakat yang masih dilestarikan, salah satunya adalah rumah adat yang terbuat dari kayu dan bambu.

Selain rumah adatnya yang masih dilestarikan, di Kampung Adat Bodo Ede juga terdapat kuburan batu yang masih dirawat dan dilestarikan oleh masyaraktnya, dan mereka melestarikan kuburan batu tersebut untuk menghormati nenek moyang mereka.

Mengenal Masyarakat di Kampung Bodo Ede dan Kebiasaannya

 

Masyarakat di Kampung Adat  Bodo Ede   Foto: kabarjendela.com

Masyarakat Kampung Aadat Bodo Ede didiami oleh suku Wee Bole atau sering juga disebut juga dengan Kabisu Wee Bole, dan mereka memiliki seorang pemimpin yang disebut Moto Lele yang mereka percayakan untuk memimpin Kampung Adat Bodo Ede. Selain itu, masyarakat di Kampung Adat Bodo Ede bermata pencaharian sebagai penenun dan juga petani.

Rumah di Kampung Adat  Bodo Ede

Rumah Adat  di Kampung Adat Bodo  Ede  Foto: travelfish.com

Rumah Adat Kampung Bodo Ede terdapat empat rumah adat yang utama, diantaranya adalah:

  • Uma Goba Kabu : Rumah Adat ini digunakan untuk penentu upacara adat (rawi rata) .
  • Uma Roto : Uma Roto digunakan sebagai menunggu kedatangan uma tuba yaitu rumah rumah kecil.
  • Uma Deta: Digunakan untuk mengundang suku suku .
  • Uma Kabela: Rumah ini digunakan untuk menanak nasi pemali.

Setelah mengenal 4 jenis rumah adat utama, rumah Adat di Kampung  Adat Bodo Ede juga memiliki ciri khas dimana masyarakat menggunakan kayu dan juga bambu sebagai temboknya, sedangkan untuk atapnya menggunakan jerami .

Walaupun masyarakat masih banyak yang mempertahankan rumah adatnya, kini masyarakat di Kampung Adat  Bodo mulai menggunakan batu bata sebagai bahan dasar untuk membangun rumah sebagai tempat tinggal mereka.

 

Peninggalan Sejarah Yang Ada di Kampung Adat Bodo Ede

 

Selain terkenal dengan rumah adatnya yang sampai saat ini di pertahankan oleh masyaratnya, Kampung Adat Bodo Ede juga terdapat benda benda peninggalan sejarah yang sampai saat ini juga di rawat dan dilestarikan oleh masyarakatnya.

Berikut adalah benda benda peninggalan sejarah yang ada di Kampung Adat Bodo Ede:

  • Teko (Parang Kuno), Senjata Tradisional Yang Ada di Kampung Adat Bodo Ede 

Teko Sumba  Foto: budaya-indonesia.org

Teko atau Parang merupakan senjata khas Sumba termasuk Sumba Barat, dan parang ini dahulunya digunakan sebagai senjata untuk peperangan. Namun kini, teko (parang) disimpan dan di lestarikan oleh masyarakat Kampung Bodo Ede sebagai sebuah peninggalan sejarah.

  • Alat Musik Tambur, Alat Musik Yang Ada di Kampung Adat Bodo Ede 

Tambur   Foto:  gpswisataindonesia.com

Tambur merupakan salah satu alat musik tradisional yang ada di Kabupaten Sumba Barat, dan alat musik tradisional ini terbuat dari kayu, rotan, dan juga kulit binatang. Alat musik Tambur ini juga dilestarikan oleh masyarakat di Kampung Adat Bodo Ede, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Kampung Adat Bodo Ede bisa melihat peninggalan sejarah yang satu ini.

  • Kubur Batu di Kampung Adat Bodo Ede 

Kubur Batu di Kampung Adat Bodo Ede   Foto: awalnya.blogspot.com

Kubur Batu merupakan salah satu peninggalan nenek moyang masyarakat di Kampung Bodo Ede,  dan kubur batu ini sudah ada sejak jaman Megalitikum.   Batu besar ini dipotong, dan dijadikan tempat untuk menyimpan jenazah.  Kuburan ini sangat menarik bentuknya, sehingga menjadi salah satu peninggalan sejarah yang di Kampung Adat Bodo Ede.

BACA JUGA YA

Itu dia penjelasan mengenai Kampung Adat Bodo Ede.  Untuk kamu yang ingin berlibur ke Kabupaten Sumba Barat, jangan lupa baca informasinya di www.tripsumba.com , karena website ini kamu akan dapat banyak informasi mengenai kebudayaan dan tempat wisata di Sumba yang wajib kamu tahu.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x