Melihat Lebih Dekat Kampung Adat Praigoli Sumba

Kampung Adat Praigoli – Adat istiadat menjadi salah satu identitas dari suatu daerah. Indonesia memiliki ribuan macam adat istiadat yang menjadi ciri khas dari masing-masing daerah. Masing masing adat istiadat tersebut memiliki keunikan nya tersendiri.

Sumba selain terkenal dengan nama Negeri Seribu Bukit, dengan keindahan yang ada didalamnya layaknya permata yang tersembunyi, Sumba juga memilki tempat yang adat istiadatnya masih  tertanam kental di hati para penduduknya.

Kampung Adat Praigoli

potret Kampung Adat Praigoli, sumber : GenPl.co

Sebagian besar masyarakat Sumba masih memegang erat adat dan budaya dari tanah negeri tercintanya itu. Sehingga tidak heran jika kita berkunjung ke Sumba masih banyak terlihat bangunan unik ataupun masyarakatnya yang masih menjunjung tinggi adab dan sopan santun.

Jika kalian berkunjuk ke pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur kalian akan melihat banyak bangunan yang terlihat memiliki bentuk yang unik. Misal bangunan yang memiliki desain arsitertur kuno atau bangunan peninggalan zaman megalitikum yang masih berdiri kokoh disana.

Baca Juga ya :

kampung adat praigoli

Kampung Adat Praigoli Sumba – Sumber : Flickr

Bangunan bergaya arsitektur kuno ini terbuat dari bahan bahan hasil alam bumi Sumba, yaitu batu dan kayu. Bahan tersebut yang membuat bangunan ini masih kokoh sampai sekarang.

Bangunan kuno itu bersatu menjadi sebuah desa adat yang terletak di daerah Sumba Barat. Di desa adat itu masih tertanam adat istiadat masyarakat Sumba yang hampir belum terpengaruh dengan modernisasi zaman. Mari kita bahas bersama kampung adat tersebut

Kampung Adat Praigoli Sumba

Lokasi tempat berdirinya bangunan unik di pulau Sumba salah satunya adalah Kampung Adat Praigoli.

Kampung adat Praigoli ini merupakan salah satu kampung atau desa adat dari suku Praigoli yang dimana masyarakatnya masih hidup bergantung dengan alam dan memegang erat adat dan budayanya tanpa sedikitpun terpengaruh oleh modernisasi.

Kampung Adat Praigoli

Kampung Adat Praigoli – foto milik @fanobrot

Masyarakat disana masih menjaga dengan adat istiadat di dalam kehidupan mereka. Jika berkunjung ke sana kamu harus menghormati adat istiadat setempat yang sudag ada sejak zaman nenek moyang mereka.

Jadi para pengunjung harus menjaga tata krama di Kampung Adat Praigoli ini.

Lokasi Kampung Adat Praigoli

Suku Praigoli adalah suku pedalaman Sumba yang terletak di wilayah Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat,  provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lokasi Kampung Adat Praigoli Sumba ini cukup jauh dari pusat kota, sehingga pengunjung harus menempuh perjalanan yang panjang.

Kalian bisa ikutin peta atau google mpas dibawah ini ya :


**

Kuburan Tua di Kampung Adat Praigoli

Selain terdapat tempat tinggal masyarakat suku Praigoli yang bergaya arsitektur kuno, di Kampung Adat ini pengunjung dapat menemukan melihat salah satu kuburan tua yang berusia ratusan tahun lamanya.

Kuburun Tua

Kuburun Tua – sumber : Dinas Pariwisata Sumba Barat

Kuburan tua ini menjadi salah satu daya tarik dari Kampung Adat Praigoli ini.

Selain masyarakatnya yang masih hidup tradisional kampung ini juga memiliki beberapa benda bersejarah peninggalan nenek moyang mereka.

Kuburan Tua di Kampung Adat Praigoli Sumba

Kuburan Tua di Kampung Adat Praigoli Sumba – foto milik @fanobrott

Salah satunya adalah batu kubur yang sangat berat. Konon katanya batu kubur tersebut dibawa oleh nenek moyang mereka dari Sumba Timur hanya dengan bantuan buntalan kapas.

Aktifitas Yang bisa dilakukan Jika Kita Berkunjung Ke Kampung Praigoli

Ketika kamu berkunjung ke Kampung Adat Praigoli, pengunjung akan disambut dengan tarian Negu yang merupakan tarian penyambutan dari para wanita masyarakat Kampung Adat Praigoli.

Kampung Adat Praigoli Sumba

Kampung Adat Praigoli Sumba – foto milik @fanobrott

Sedangkan para pria akan melakukan tari Kataga, kemudian para tamu akan diberikan sebuah selendang dan para tamu akan dibawa menuju rumah Taribang yang merupakan rumah induk dari suku Praigoli.

Setelah sampai di rumah Taribang, pengunjung akan diberikan sirih pinang sebagai sapaan untuk seorang tamu. Dan tamu yang mengunjungi Kampung Prayogi akan diberikan sebuah nama oleh seorang pemilik dari rumah dengan cara hidung saling bersentuhan sebagai salam Sumba.

salam hidung masyarakat kampung adat praigoli

salam hidung masyarakat kampung adat praigoli, sumber : GPS WIsata Indonesia

Selanjutnya pengunjung akan menyaksikan ritual yang akan dilakukan oleh masyarakat Kampung Adat Praigoli sebagai bagian akhir dari penyambutan para tamu yang berkunjung.

Jika anda tertarik ingin mengenal masyarakat pulau Sumba yang bisa dikatakan masih tradisional dan ingin merasakan orisinilitas dari adat istiadat setempat, tempat ini cocok untuk menjadi tujuan destinasi wisata kamu selanjutnya.

Karena di sini kamu akn dibuat takjub oleh kentalnya adat istiadat yang sampai saat ini masih melekat di jiwa orang-orang Kampung Praigoli.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk pergi traveling ke Kampung Adat Praigoli?

Penulis.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x