Danau Maharani Sumba, Tempat Menyepi Yang Tersembunyi

Danau Maharani – Siapa yang tidak tertarik untuk merencakan traveling ke Sumba. Bagi Indonesia, Sumba adalah surga wisata alam bagi siapapun yang menyukai keindahan alam, entah itu pegunungan, perbukitan, laut, sungai yang jernih, dan danau yang menenangkan.

Tak hanya menawarkan kemolekan wisata laut dan perbukitan yang hijau seperti permadani saja, Sumba juga menawarkan wisata danau yang masih sangat perawan.

Danau perawan itu bernama Danau Maharani. Masyarakat sekitar sering menyebutnya Telaga Bidadari Maharani.

Mengunjungi Bidadari di Danau Maharani

Sekalipun sudah sering menjadi destinasi wisata, beberapa tempat wisata di Sumba belum dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Masih banyak jalan berbatu yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah objek wisata.

Namun inilah yang dinamakan wisata alam sesungguhnya. Menaklukan lika-liku perjalanan untuk menikmati sebuah keindahan alam yang tak pernah ditemukan di tempat lain.

Baca Juga ya :

Danau Maharani

Danau Maharani-Foto: mystalk.net

Traveling ke Danau Maharani menjadi salah satu perjalanan alam yang berliku dan menantang. Danau Maharani terletak di Desa Praibakul Kecamatan Wanukaka, Sumba Barat.

Untuk mengunjungi Danau Maharani, sangat disarankan mengajak salah seorang warga Sumba Barat atau warga Kecamatan Wanukaka sebagai guide.

Karena untuk menuju Danau Maharani, anda hanya akan menemukan papan penunjuk jalan di area yang masih beraspal. Setelahnya, anda hanya akan menemukan jalanan berbatu dan berdebu, sesekali anda akan menemukan tanjakan dan turunan, serta liak-liuk jalan khas pegunungan.

Tapi, jangan khawatir, karena selama perjalanan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Aroma hutan sebagai pintu gerbang, dengan barisan pepehonan yang cukup rapat dan lebat, lalu semakin dalam  anda akan menemukan padang rumput dan view perbukitan yang hijau menyejukkan indera mata.

Semakin menanjak, anda akan melihat betapa surga ada di depan mata anda. Tak hanya perbukitan yang hijau dan padang rumput yang luas dan segar, tetapi juga aneka bunga liar yang tumbuh dengan cantiknya di sepanjang pinggir tebing.

Bila anda pergi seorang diri tanpa ditemani masyarakat setempat, makan anda akan tersesat atau sulit menemukan si cantik Danau Maharani atau Telaga Bidadari Maharani. Karena memang tidak ada penanda jalan atau petunjuk lokasi wisata.

Legenda Danau Maharani

Danau Maharani memiliki tampilan layaknya danau pada umumnya: tenang. Namun, dengan keindahan alam yang mengapitnya, Danau Maharani atau Telaga Bidadari Maharani memberikan atmosfer danau yang berbeda. Tenang, sejuk, dan cantik.

Konon, di dalam Danau Maharani hidup seorang buaya putih yang dipercaya sebagai raja buaya di Kecamatan Wanukaka.

Danau Maharani

Danau Maharani – Foto: mystalk.net

Legenda lain menyebutkan, bahwa ribuan tahun lalu ada seorang putri cantik bernama Putri Maurani yang menenggelamkan dirinya ke danau ini. Itulah mengapa danau atau telaga ini disebut Danau Maharani.

Putri Maurani memutuskan untuk menenggelamkan diri ke dalam danau demi menghindari peperangan. Hal ini dikarenakan kecantikan Putri Maurani yang luar biasa, telah membuat banyak pemuda rela saling membunuh demi memperistri sang putri cantik.

Mengetahui kenyataan tersebut, sang putri yang cantik bak bidadari ini memutuskan untuk menenggelamkan dirinya, demi kedamaian di Wanukaka.

Keunikan dan Misteri Danau Maharani

Danau Maharaini

Danau Maharani-Foto: mystalk.net

Masyarakat Kecamatan Wanukaka percaya, bahwa Danau Maharani merupakan salah satu dari Sembilan titik kekuatan Bumi. Mereka meyakini, danau ini memiliki kedalaman yang tidak terhingga atau sering disebut tidak berdasar.

Saat musim hujan dengan curah hujan selebat apapun, air Danau Maharani tidak akan bertambah atau meluber dan saat kemarau panjang pun, airnya tidak akan berkurang. Selain itu, air Danau Maharani tidak bisa dialirkan kemana-mana, sekalipun letak danau berada di ketinggian.

Spot Foto Instagramable di Danau Maharani.

 Tak hanya jalan menuju Danau Maharani saja, anda akan menemukan suasana hutan dan perbukitan yang hijau. Tapi di sekitar area Danau Maharani, anda juga akan mendapatkan pemandangan yang sama. Sangat instagramable!

Karena masih sangat perawan, maka tak banyak wisatawan yang mengunjungi daerah sekitar Danau Maharani, anda yang menyukai alam Sumba, bisa berfoto dengan bebasnya dan sepuasnya. Tidak perlu antre ataupun takut bila foto anda bocor. Ke-khas-an alam Sumba akan anda dapatkan dengan sempurna di daerah ini.

Biaya dan Tiket masuk Danau Maharani Sumba

Karena masih belum banyak diketahui kebanyakan para pecinta traveling, maka tidak ada biaya untuk masuk ke lokasi Telaga Bidadari Maharani atau Danau Maharani ini.

Danau Maharani Sumba

Danau Maharani Sumba -foto portalntt.com

Sangat disarankan, anda mengendarai motor, karena akses jalan yang sempit di tengah hutan, tidak memungkinkan anda mengunjungi danau eksotis ini dengan menggunakan mobil.

Bagaimana, apakah anda tertantang untuk mengunjungi sang Bidadari di Danau Maharani? Pastikan anda membawa bekal yang cukup, dan baterai ponsel serta kamera yang full charge. Karena keindahan alam Sumba di Kecamatan Wanukaka sangat sayang dilewatkan tanpa diabadikan.

Akses ke Danau Maharani

Untuk ke Danau Maharani, anda harus memilih Bandara Tambolaka yang terletak di Sumba Barat Daya.

Karena masih terbatasnya angkutan atau kendaraan umum, sangat disarankan untuk menyewa kendaraan roda dua, agar anda bisa mengeksplor berbagai perbukitan dan pantai yang ada di Sumba Barat, termasuk Danau Maharani yang berada di Kecataman Wanukaka ini.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x