5 Oleh Oleh Khas Tambolaka, Sumba Barat Daya

Pulau Sumba merupakan salah satu daerah di NTT yang menyimpan berbagai keunikan. Mulai dari budaya, destinasi wisatanya, hingga beragam kuliner khasnya. Apabila sedang berlibur ke Pulau Sumba, rasanya tidak lengkap bila tidak membeli oleh-ole khas dari sana.

Salah satu daerah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Kota Tambolaka, di Kabupaten Sumba Barat Daya. Disinilah tempat dimana mulai dari aneka makanan khas Sumba hingga kerajinan khas bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang terdekat.

Berikut ini adalah rekomendasi TripSumba mengenai 5 oleh oleh khas Tambolaka yang wajib kamu bawa pulang sebagai hadiah untuk Teman dan keluarga tercinta di rumah.

1. Kaparak – Makanan Yang Menjadi Oleh Oleh Khas Tambolaka

oleh oleh khas Tambolaka

Kaparak, Kuliner Khas SUmba Barat Daya

Kaparak merupakan salah satu makanan khas Sumba Barat Daya yang sebenarnya menjadi makanan masa kecilnya orang Sumba Barat Daya zaman dahulu namun sudah mulai jarang ditemukan.

Kini kaparak mulai dikembangkan lagi dan dikemas agar bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sumba. Oleh oleh khas Sumba yang satu ini bisa awet untuk disimpan hingga hitungan bulan. Kaparak adalah makanan yang dibuat dari tepung jagung, dicampur dengan kelapa dan gula putih.

Makanan yang diolah dengan cara disangrai di atas bara api tersebut bisa dimakan sebagai cemilan atau makanan saat sarapan atau makan malam karena kandungan karbohidrat, protein, dan lemak nabatinya.

2. Kacang Mete- Cemilan Khas Sumba

oleh oleh khas Tambolaka

Kacang Mete Khas Sumba. SUmber Gambar : Pixabay

Kabupaten Sumba Barat Daya terkenal sebagai salah satu penghasil kacang mete terbesar di Nusa Tenggara Timur. Kacang mete sendiri merupakan salah satu oleh oleh khas Tambolaka yang sering dibeli wisatawan.

Kacang mete Sumba ini bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh khas Sumba yang tak boleh dilewatkan. Kacang mete Sumba ini biasa dicampurkan pada cokelat batang untuk menambah cita rasa dari coklat itu sendiri.

Meskipun termasuk wilayah yang sedikit terpencil, tapi Sumba memiliki kaca mete dengan cita rasa yang enak.

Kacang mete yang dijual di sini digoreng terlebih dulu sebelum disajikan bagi para pengunjung. Varian rasa yang tersedia untuk kacang mete juga beragam. Ada rasa original, pedas, dan masih banyak lagi.

3. Kopi Sumba

oleh oleh khas tambolaka

Kopi Sumba. Sumber Gambar : Twitter

Kopi bukan lagi minuman khas bagi pria, tapi juga wanita. Pria dan wanita jaman sekarang memiliki taste yang hampir sama kalau sudah berbicara tentang kopi. Kalau kamu termasuk pecinta kopi, kamu harus coba kopi Sumba.

Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat tinggi. Sekali dicoba, dijamin kamu pasti ketagihan. Tak ada salahnya ketika traveling ke Sumba, kamu membeli oleh oleh khas Sumba yang satu ini.

Kopi Sumba merupakan salah satu kopi terenak yang ada di wilayah Nusantara. Hal ini sudah terbukti melalui ajang festival kopi nusantara. Saat itu, citarasa yang dihasilkan oleh kopi Sumba ini berhasil mengalahkan kopi Aceh dan Kopi Sumatra lainnya yang sudah terkenal.

4. Kain Tenun

oleh oleh khas Tambolaka

Kain Tenun Sumba. Sumber Gambar : tribunnews.com

Oleh oleh khas Tambolaka berikutnya yang wajib untuk kamu bawa pulang adalah kain tenun Sumba. Barang satu ini sudah menjadi salah satu ciri khas dari pulau Sumba. Salah satu keunikan dari kain tenun Sumba adalah motif primitif yang khas dan padat menghiasi hampir seluruh bagian kain.

Ini juga yang membuat harga kain tenun khas Sumba cenderung lebih mahal daripada kain tenun di daerah NTT lain.

Harga kain tenun khas Sumba dimulai dari kisaran Rp 150.000 dan bahkan dapat tembus hingga mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini dikarenakan kain sumba diwarnai dengan pewarna alami. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan dan keunikannya yang membuat kain tenun asal Pulau Para Sandalwood ini menjadi mahal.

5. Kadapet Watara

Kadapet watara adalah kue kering yang diolah dari jagung, pisang, gula dan kacang tanah. Keempat bahan utama tersebut dicampur menjadi adonan dan dibentuk bulat-bulat. Setelah itu adonan dibungkus menggunakan daun jagung kering agar terlihat rapi dan mudah dibawa kemana saja.

Kadapet watara sekilas terlihat seperti wajik kelapa daun jagung. Rasanya yang legit sangat cocok bagi penyuka kue-kue manis. Kita tidak harus mendatangi rumah warga atau acara besar untuk merasakan makanan khas ini, karena kadapet watara mudah ditemukan di toko oleh oleh khas Tambolaka.

Itulah 5 rekomendasi oleh oleh khas Tambolaka yang wajib kamu bawa disaat sedang berkunjung ke kota tersebut.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x