Sedang Patah Hati? Liburan ke Sumba Aja yuk Lihat 6 Tempat Ini

Patah hati itu harus disembuhkan. Tidak dengan membiarkan waktu berlalu. Nanti malah semakin kalut dalam kesedihan. Lebih baik menyibukkan diri. Agar kenangan yang tidak enak tak berlarut-larut menghantui hati. Salah satu caranya ialah dengan pergi berlibur. Pergi berlibur akan membantumu melupakan sejenak pekerjaan dan mengobati patah hati yang sudah terlanjur terjadi.

Kira-kira liburan ke mana ya?  Ada baiknya memilih tempat-tempat yang indah dan ramai untuk menghibur hati. Misalnya seperti Sumba, di Nusa Tenggara Timur. Salah satu destinasi favorit wisatawan di Indonesia  yang terkenal akan keelokan alamnya. Pelesiran lah ke 6 tempat yang ada di Sumba ini, biar patah hati mu segera pulih.

Pantai Mbawana

patah hati

Spot ikonik pantai Mbawana, batu karang bolong | sumber: @nengsih_jong

Sumba memiliki banyak pantai yang indah. Pergi ke Sumba bagian manapun, anda bisa menemukan pantai indah dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya Pantai Mbawana yang ada di kecamatan Kodi Balaghar, Sumba Barat. Spot ikonik dari pantai Mbawana ialah tebing karang tinggi yang berbentuk seperti gerbang. Karena ada lubang yang besar di bawahnya yang bisa dilewati. Tapi jika air laut sedang pasang, duduk di atas tebing karang juga bisa. Menikmati lautan sejauh mata memandang. Namun jika anda ingin berlama-lama di pantai nya pastikan untuk datang pada saat siang hari. Menghabiskan waktu di pantai Mbawana sambil menunggu sunset, bisa jadi pilihan untuk membuat hati mu lebih tenang

Danau Laguna Weekuri

patah hati

Penampakan Danau laguna Weekuri dari ketinggian | sumber: @yukianggia

Selain pantai-pantainya indah, Sumba juga memiliki danau laguna yang terbentuk dari air laut yang masuk melalui sela-sela batu karang hingga membentuk danau bernama Weekuri yang dalam bahasa Sumba memiliki arti percikan. Gradasi warna biru dan hijau  toska pada air danau sangat terlihat cantik untuk dipandang. Anda bisa berjalan menyusuri jalan setapak yang telah disediakan untuk mendekati sisi batu karang. Menikmati keindahan danau serta laut dari tempat yang lebih tinggi. Untuk sampai ke sini anda perlu menyewa kendaraan bermotor, karena belum ada transportasi umum yang menuju ke tempat. Jaraknya kurang lebih 60 km dair Tambolaka, Sumba Barat Daya. Jangan sungkan untuk bertanya pada warga sekitar jika anda kesulitan menemukan arah.

Air terjun Tanggedu

patah hati

Bermeditasi di air terjun tanggedu | Sumber : @kompasnusantara

Berada di desa tanggedu kecamatan kanatang Kab.Sumba Timur. Di juluki sebagai “Grand Canyon” dari Sumba Timur, air terjun ini bisa membuat rasa sedih mu menghilang saat melihatnya. Anda bisa mendengar suara air yang jatuh, melihat bebatuan yang terukir membentuk relief dan lokasinya dikelilingi rimbunan hijau yang menyejukkan mata. Sungguh tempat yang pas untuk bermeditasi. Tapi jika anda ingin menceburkan diri ke dalam air juga bisa. Melompat dari atas tebing nya juga ampuh untuk menghilangkan rasa penat. Namun pastikan dulu kedalaman airnya dan selalu berhati-hati agar tidak jatuh tergelincir.

Pantai Walakiri

patah hati

Menikmati sunset dan siluet pohon bakau di panatai walakiri| Sumber: @fransicaancelia

Kalau tadi di pantai Mbawana ada karang bolong, di pantai Walikiri yang jadi spot ikoniknya adalah pohon-pohon bakau di sebelah barat pantai yang muncul saat laut sedang surut. Selain itu Pantai yang terletak di Watumbaka, Pandawai, Sumba Timur ini memiliki pasir putih dengan tekstur yang berbeda antara pasir yang tidak terkena air lat dengan pasir dari tepi pantai yang muncul saat laut surut. Ketika air surut anda bisa lebih jauh berjalan dan mengeksplor pantai. Waktu paling pas untuk datang ke pantai Walikiri ialah saat menjelang matahari terbenam. Warna langit dan siluet pohon bakau jadi lukisan alami tersendiri yang menakjubkan.

Desat Adat Ratenggaro

patah hati

desa adat Ratenggaro yang eksotis | sumber: @lusi_xiaofeng

Cara paling seru untuk menghibur hati ialah pergi ke suatu tempat unik yang belum pernah dikunjungi. Pergi ke tempat yang ramai, bertemu dan berinteraksi dengan orang baru yang ditemui saat di perjalanan. Anda bisa datang mengunjungi desa adat Ratenggaro. Saat memasukinya anda bisa membayangkan bagaimana kehidupan masyarakat masa lalu. Lokasinya juga bersebelahan dengan pantai Ratenggaro. Jadi selain menikmati desa adat yang eksotis anda juga bisa melihat pantai indah khas negeri Sumba.

Pantai Palamoko

patah hati

Spot foto di pantai Palamoko | Sumber: @delning07

Kalau Pantai Palamoko  yang terletak di Lamboya, kabupaten Sumba Barat ini, dijamin masih sangat alami. Belum banyak ulasan tentang pantai yang satu ini. Nampaknya pantai Palamoko belum sering terjamah pengunjung. Meski begitu saat ke sana anda bisa menemukan beberapa spot foto yang sengaja  dibuat. Seperti dek perahu  di atas tebing dan tulisan nama “Pantai Palamoko”. Anda bisa menikmati pantai Palamoko dari ketinggian atau berjalan di bibir pantai yang panjang.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x