Sumba Airport Ada 2, Ini Infonya.

Mau melihat senja dari padang savana yang keren?

Sumba adalah tempat terbaik untuk menikmati senja yang eksotis.

Sumba atau Pulau Sumba terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau seluas 10.710 km² memiliki kontur alam dengan bukit-bukit yang ditutupi padang savana memukau, kuda-kuda Sumba yang bebas berlarian di padang savana,  pantai-pantai yang indah, air terjun, dan perkampungan kuno misterius.  Panorama alam yang super keren itu menjadi daya tarik luar biasa bagi traveler untuk mengunjungi Sumba.

Sumber: googlemaps.com

Bagi kamu yang suka traveling tidak perlu khawatir, ada banyak jalan yang bisa mengantarmu  ke Sumba. Pemerintah telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan traveler mencapai Sumba, salah satunya: airport atau bandara. Jika kamu pikir di Pulau Sumba hanya ada satu airport, kamu salah besar. Sumba punya 2 airport. Dua airport yang merupakan gerbang padang savana yang memukau.

Yuk kita lihat lebih dekat 2 airport itu agar kamu bisa menentukan rute menyenangkan traveling di Sumba.

Airport Tambolaka

sumber: travel.detik.com

Airport Tambolaka atau disebut juga Bandara Waikabubak karena terletak di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur merupakan pintu gerbang barat via transportasi udara untuk memasuki Sumba. Bandara Tambolaka merupakan bandara untuk penerbangan sipil yang berada di ketinggian 49 mdpl.

Bandara Tambolaka ini terhitung sebagai salah satu bandara tua yang ada di Indonesia. Bandara ini didirikan pada masa pemerintahan jepang pada tahun 1945. Pada awalnya bandara ini memiliki landas pacu rumput yang pendek sehingga hanya bisa dipergunakan untuk pendaratan pesawat perintis atau pesawat kecil.

Pada tahun 1982, bandara Tambolaka diperbaiki dengan dilakukan pengaspalan landas pacu sehingga pesawat jenis DC-3, Twin Otter, dan Casa memungkinkan mendarat. Pada tahun 1996, landas pacunya diperpanjang lagi hingga pesawat Fokker 27 bisa mendarat. Perbaikan berupa pengaspalan dan memperpanjang landas pacu hingga saat ini landas pacu Bandara Tambolaka sepanjang 2.300 meter dan tergolong sebagai bandara kelas C yang memiliki infrastruktur dan nyaman bagi traveler datang ke Sumba.

Makapai penerbangan seperti Sriwijaya Air, Nam Air, Lion Air, serta Garuda melayani penerbangan ke airport Tambolaka. Airport ini juga  melayani penerbangan Denpasar, Kubang, dan Ende.

Destinasi wisata dekat dengan Airport Tambolaka

Bagi traveler yang sudah lelah karena perjalanan yang panjang dan tidak tahan menikmati keindahan Sumba. Tidak perliu menunggu lama. Ada empat destinasi wisata yang dekat dengan Airport Tambolaka seperti: Pantai Nihiwatu, Pantai Watu Maladong, Danau Weekuri, dan Taman Nasional Manupeu.

Pantai Nihiwatu merupakan pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km. Pantai ini merupakan pantai terbaik di Asia. Sementara Pantai Watu Maladong merupakan pantai dengan pemandangan luar biasa. Jika ingin menikmati kejernihan air yang indah traveler bisa datang ke Danau Weekuri. Taman Nasional Manupeu, selain menikmati air terjun Lapopu, traveler juga bisa menikmati padang savana yang luar biasa indah.

Airport Umbu Mehang Kunda Kijing

Sumber: treya.io

Airport Umbu Mehang Kunda Kijing disebut juga Airport Waingapu. Mengapa disebut Airport Waingapu karena terletak kurang lebih 5 km dari pusat kota Waingapu,  Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Sebelum berubah nama menjadi Umbu Mehang Kunda Kijing, airport Waingapu dulu bernama airport Mau Hua. Pada tahun 2009, bandara baru diganti oleh nama bupati Sumba Timur yang meninggal pada tahun 2008. Pengantian nama ini untuk mengenang jasa bupati yang membuka wilayah timur yang awalnya terisolasi menjadi wilayah terbuka sehingga mendorong kegiatan ekonomoi dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Airport Waingapu memiliki lebar 30 meter dengan landas pacu sepanjang 1.800 meter. Landas pacu airport Waingapu lebih pendek dari Airport Tambolaka. Airport ini didarati maskapai penerbangan Nam Air, Wing Air, dan Tran Nusa dengan rute  Surabaya-Denpasar-Waingapu-Kupang. Selain itu, ada juga maskapai Susi Air yang menggunakan pesawat kecil melayani penerbangan Bajawa-Waingapu dan Sabu-Waingapu.

Destinasi wisata dekat dengan Airport Umbu Mehang Kunda Kijing

Destinasi wisata terdekat dengan Airport Umbu Mehang Kunda Kijing atau Airport Waingapu juga tidak kalah menakjubkan seperti: Pantai Kalala, Pantai Londa Lima, Pantai Kuru Kambera, dan Pulau Salura.

Pantai Kalala merupakan pantai yang dikelilingi bukit hijau yang indah. Sementara Pantai Londa Lima adalah Pantai yang tenang dan dikelilingi pohon-pohon besar yang rindang. Untuk yang suka pemandangan padang savana dan kuda-kuda Sumba yang mempesona, traveler bisa mengunjungi Pantai Kuru Kambera. Sementara traveler yang suka tempat terpencil yang menyimpan keindahan luar biasa dapat mengunjugi pulau terluar di di Nusa Tenggara Timur yaitu Pulau Salura.

Jangan lupa memperhatikan jadwal penerbangan karena biasanya pesawat transit di Denpasar atau  Kupang. Agar lebih aman, ambilah penerbangan dengan maskapai penerbangan satu grup agar tidak ketinggalan penerbangan berikutnya. Ini untuk menyiasati agar traveler tidak menggeluarkan budget yang tidak perlu hanya karena ketinggan pesawat.

Agar traveler nyaman dalam menikmati perjalanan, rencanakan perjalanan dengan matang. Tentu tidak menyenangkan jika sudah datang jauh-jauh ke Sumba, ternyata ada destinasi wisata yang terlewat dikunjungi karena waktu mepet. Misalnya, masuk ke Sumba melalui Airport Tambolaka, kemudian berjalan ke timur menikmati, pantai, air terjun, padang savana yang mempesona, dan mengakhiri perjalanan di Airport Waingapu.

Selamat datang di Sumba. Selamat menikmati perjalanan yang memukau.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x