5 Inspirasi Foto Keren di Sumba

Berwisata ke Sumba adalah waktu yang tepat untuk menambah koleksi foto kamu. Apalagi kalau kamu punya ritual untuk meng-update media sosial kamu dengan foto-foto kece. Untuk itu, kamu perlu melakukan persiapan yang matang sebelum berangkat. Mulai dari kamera atau smartphone, baju, hingga properti pendukung lainnya seperti topi atau kacamata.

Tapi, foto keren apa saja sih yang bisa kita dapatkan selama menjelajah tanah Sumba?

1. Berfoto di Kampung Adat Sumba

Kampung Pariyawang. Foto: instagram / dsipayung

Kampung Pariyawang. Foto: instagram / dsipayung

Ada beberapa kampung adat atau desa adat di Sumba. Beberapa diantaranya memiliki kesamaan. Yaitu sama-sama menawarkan keindahan rumah adat dan bangunan megalitiknya.

Salah satunya di Kampung Adat Praiyawang. Di sini kita bisa befoto di depan rumah adat Sumba yang masih terjaga. Rumah adat Sumba di kampung ini memiliki ciri-ciri khas atap yang tinggi lancip, serta terdapat kepala dan tanduk kerbau di bawah pintu. Biasanya di depan rumah tergantung kain-kain tenun khas Sumba yang dijajakan ke para wisatawan

Selaian itu, kita juga bisa berfoto di sekitar bangunan batu besar yang membentuk area pemakaman. Kuburan-kuburan batu yang besar ini memiliki berat sekitar satu hingga lima ton. Bangunan batu ini memiliki ukiran yang sangat menarik, beberapa diantaranya memiliki ukiran hewan. Ukiran ini menggambarkan perilaku atau pekerjaan orang yang dimakamkan semasa hidup.

Selama berburu foto eksotis di kampung adat Sumba, pastikan untuk selalu menjaga perilaku dan menghormati adat istiadat setempat ya sahabat!

2. Berfoto di Perbukitan Savannah

Bukit Tenau di Sumba. Foto: instagram / jalajahnusae_official

Bukit Tenau di Sumba. Foto: instagram / jalajahnusae_official

Wisata perbukitan di tanah Sumba memang banyak pilihannya. Sebut saja, mulai dari Bukit Tenau, Bukit Tanarara, hingga Bukit Warinding. Bukit-bukit ini umumnya diselimuti padang rumput dan terlihat lebih menawan jika dlihat dari atas.

Bukit-bukit ini menawarkan pemandangan lekukan perbukitan, benar-benar spot foto yang instagramable. Di musim penghujan kita akan melihat bukit diselimuti rumput yang hijau. Dipadu dengan langit biru Sumba yang cemerlang, menghadirkan pemandangan yang menyegarkan mata.

Tak kalah eloknya, di musim kemarau kita akan meilihat rumput kuning keemasan. Rumput-rumput ini mengering, cenderung menjadi coklat. Hasil foto di perbukitan ini menjadi lebih fantastis jika dilakukan di pagi hari saat golden hour, atau bisa juga di sore hari.

3. Berfoto di Pantai Pasir Putih

Pantai Kambu Omang. Foto: instagram / remaja_flobamora

Pantai Kambu Omang. Foto: instagram / remaja_flobamora

Sederet pantai cantik siap menyambut Anda di tanah Sumba. Sebut saja Pantai Tarimbang, Pantai Walakiri, Pantai Mbawanna, Pantai Watu Parunu, dan Pantai Kambu Omang. Pantai-pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis yang memanjakan mata. Kebanyakan pantai di Sumba juga menawarkan pasir putih. Ombaknya juga tenang dan berwarna biru jernih.

Gelombang ombak yang terlihat di atas air jernih menjadi daya tarik utama dalam berfoto di pantai Sumba. Disertai dengan pohon-pohon bakau yang eksotis.

Tidak sulit mendapatkan foto yang estetik di pantai-pantai Sumba. Ombak tenang yang tidak terlalu tinggi, air jernih, pasir putih yang luas, benar-benar kombinasi yang pas. Yang Anda butuhkan hanyalah kamera yang siap mengambil foto Anda. Atau jika memiliki budget lebih, foto dengan drone akan bisa membantu Anda dalam mengambil foto yang lebih menarik.

4. Berfoto di Kolam Bendungan yang Cantik

Bendungan Waikelo Sawah. Foto: instagram / traveloka

Bendungan Waikelo Sawah. Foto: instagram / traveloka

Danau, bendungan, air terjun dan gua. Tempat-tempat tersebut juga bisa kamu nikmati di tanah Sumba. Dan tentu saja, menawarkan pemandangan untuk berfoto yang menarik

Salah satu yang paling terkenal di Sumba adalah bendungan Waikelo Sawah ini. Di sini pengunjung bisa memburu foto stalaktit dan stalakmit yang seakan membentuk gigi yang tajam. Apalagi jika kita menengok ke bagian dalam, kita akan mendapati langit gua bagian dalam terlihat berlubang sehingga cahaya matahari bebas masuk menusuk air tenang di bawahnya. Sungguh pemandangan yang magis, terutama jika kita lihat di atas jam 11 WITA. Sangat patut untuk diabadikan dengan mata kamera kamu.

5. Berfoto dengan Kain Tenun Sumba

Berfoto dengan kain tenun Sumba di Bukit Warinding. Foto: instagram / ac_immanuelsimamora

Berfoto dengan kain tenun Sumba di Bukit Warinding. Foto: instagram / ac_immanuelsimamora

Jangan lupa untuk membeli kain tenun asli Sumba jika sedang berkunjung ke Sumba. Selain bisa membantu perekonomian lokal, kain Sumba bisa menjadi properti andalan ketika berburu foto lho.

Keindahan kain tenun Sumba berada pada motifnya yang unik. Ada motif kuda, buaya hingga ayam. Masing-masing motif juga memiliki makna tersendiri. Berfoto dengan kain tenun Sumba memberikan pernyataan yang solid kalau kamu sedang menjadi Sumba Traveller. Wow!

Jadi, sudah siapkah kamu berburuĀ  foto di Sumba?

Baca juga: 5 Resort Sumba yang Langsung Menghadap Pantai

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x