Biaya Liburan Ke Sumba Habis Berapa?

Biaya Liburan Ke Sumba  – Sumba beberapa tahun belakangan menjadi magnet destinasi wisata baru yang diburu traveler. Memang tidak salah.  Surga tersembunyi di timur itu memang menyimpan keindahan luar biasa.

Padang savana Wairinding dengan lekukan bukit-bukit menghijau seperti permadani raksasa yang menakjubkan, perkampungan kuno Paraijing dengan pekamanan batu besar yang magis, atau kelembutan pasir putih di lelewatu yang mengesankan, pasti membuat siapa saja ingin mengunjungi Sumba.

Setidaknya sekali seumur hidup. Keindahan Sumba pasti akan membuat merasa harus kembali dan mencumbui keindahannya yang menakjubkan.

Berapa biaya liburan ke Sumba?

Biaya Liburan Ke Sumba

Biaya Liburan Ke Sumba

Pasti itu yang mengelayut pikiran sebelum pergi ke Sumba. Pasti transportasi dan akomodasinya mahal untuk pergi surga tersembunyi itu. Mahal itu relatif, tergantung pilihan perjalanan yang kau  pilih.

Sebab banyak ada banya jalan yang dapat mengantarmu menuju Sumba. Namun seberapa pun biaya liburan ke Sumba, kau tetap harus mempersiapkan dompetmu.

Kalian Bisa Liburan Ke Sumba Dengan Mengikuti Travel Agen Atau Open Trip Yang Menjual Paket Trip Atau ikut bersam ateman-teman komunitas atau bahkan Pergi Sendiri Dan Explore Sendiri Atau Bersama Teman-Temanmu.

Berikut ini dua alternatif jalan menuju pulau Sumba yang bisa kamu pilih jika kamu memutuskan untuk pergi sendiri.

1. Siapkan tiket pesawat

pesawat mendarat di Bandara Tambolaka

pesawat mendarat di Bandara Tambolaka – foto ig @helen_wijayang

Rute paling gampang menuju Sumba adalah menggunakan pesawat. Tinggal pesan tiket dari kotamu menuju Sumba.

Ada banyak pilihan maskapai penerbangan menunju sumba seperti: Nam Air,  Lion Air, serta Garuda.

Kamu juga tinggal memilih ingin masuk Sumba dari gerbang barat melalui Bandara Tambolaka atau dari gerbang timur melalui gerbang timur melalui Bandara Waingapu.

Tambolaka Airport

Tambolaka Airport – foto ig @aaw.travellog

Sebagai contoh, dari Jakarta ke Sumba masuk melalui bandara Tambolaka, harga tiket kisaran 3 juta rupiah.

Semantara dari Jakarta ke Sumba via Bandara Waingapu harga tiket kisaran 2,3 juta rupiah. Dengan biaya seperti itu, kamu sudah mencapai Sumba

Untuk keberangkatan dari wilayah-wilayah lain tinggal secara online atau cek ke agen tiket.

2. Pergi ke Palabuhan, pesan tiket Pelni

sumber: jadwaltiket.info

Ini rute yang sedikit rumiit dan membutuhkan waktu perjalanan lebih lama, tapi tetap menarik. Model perjalanan dengan rute ini cocok untuk traveler yang berjiwa petualangan dan menyukai tantangan.

Kamu harus tanggap mengcek jadwal tranportasi. Jangan sampai ditengah perjalanan kamu ketinggalan tranportasi karena lupa mengcek jadwal dan harus menunggu jadwal berikutnya.

Untuk keberangkatan dari Jakarta, kamu bisa berangkat dari Tanjung Priok ke Surabaya dengan kapal Pelni. Harga tiket dari Tanjung Priok ke Surabaya Rp. 235.000.

Alternatif lain untuk keberangkatan dari Jakarta yaitu, kereta api. Harga tiket kereta api kelas ekonomi Jakarta-Surabaya Rp. 150.00.

Dari Surabaya, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal Pelni  KM Awu ke pelabuhan Waingapu. Harga tiket Rp. 312.000. Lama perjalanan dari  Surabaya ke Sumba 2 hari 2 jam.

Tapi yang perlu diperhatikan, jadwal keberangkatan kapal Pelni 2 minggu sekali. Jadi sesuaikan rencana perjalananmu dengan jadwal kapal Pelni. Kalau perlu pesan tiket jauh-jauh hari.

**

Setelah kalian tiba di pulau sumba, kalian bisa memeilih apakah akan ikut travel agen atau opentrip yang sudah menjual paket trip dan kalian tak perlu pusing memikirkan itinerari hingga kendaraanya.

Tapi Jika Dirasa Kalian Mampu Dan Bebas Waktunya Maka Kalian Bisa Bolang Atau Solo Traveller Atau Bahkan Bareg Teman-Teman.

1. Open Trip

Bukit Tanarara

Bukit Tanarara (Sumber: instagram/mindanovara)

Selanjutnya tinggal membuka open trip. Ada banyak agen wisata yang dengan muda dan dengan senang hati akan mengantarmu menggunjungi spot-spot wisata idaman yang selama ini hanya bisa dibayangkan.

Paket wisata Sumba biasanya ditawarkan dalam paket lengkap seperti: akomodasi, tranportasi, dan tiket ke destinasi wisata.

Contoh, Paket 4 hari 3 malam dengan titik jemput di Bandara  Tambolaka. Destinasi wisata yang ditawarkan sudah sangat lengkap antara lain:

Air Terjun Waimarang, Bukit Tanarara, Pantai Bwana, Savana Purukambera, Kampung Adat Ratenggaro, Tanjung Mareha, Danau Weekuri, Air Terjun Lapopu, Bukit Wairinding, Bukit Tenau, dan Pusat Kerajinan Kain Asli Sumba.

Biasanya paket wisata opentrip ini dibandrol dengan harga sekitar 3-5 jutaan oleh sebuah agen wisata atau pelaku opentrip.

Dengan model paket ini, kamu tidak perlu kebingungan mencari transportasi rumit di Sumba yang belum kamu kenal sama sekali. Tinggal duduk manis, siapkan kamera, tinggal tunggu moment terbaik di spot-spot favoritmu.

Untuk Memilih Paket Opentrip Juga Kalian Tak Boleh Sembarangan Loh. Usahakan Ikut Open Trip Yang Sudah Kalian Kenal Dan Terbukti Kualitas Maupun Keamananya.

Salah Satunya Adalah Paket Open Trip Yang Dijual Oleh Opentrip Ini.

2. Ikut Trip Komunitas

trip sumba bersama backpacker jakarta

trip sumba bersama backpacker jakarta

Biasanya Ada Banyak Komunitas Yang Mengadakan Trip Bersama Ke Sumba. Salah Satunya Adalah Trip Dari Komunitas Backpacker Jakarta Yang Sering Mengadakan Liburan Bersama Ke Sumba.

Karena Tripnya Adalah Trip Komunitas Dan Dengan Konsep Backpacker Maka Harganya Jauh Lebh Murah Dibanding Opentrip.

Biasanya Backpacker Jakarta Mengadakan Trip Ke Sumba Dengan Biaya 1.300.000 / Orangnya Selama 5h4n.

Salah Satu Kelebihanya Jika Ikut Trip Komuntas Adalah Kalian Tak Perlu Pusing Soal Itin Dan Sebagainya. Tapi Perlu Diingat Karena Backpackeran Maka Semua Akomodiasi Disesuaikan.

3. Sewa Motor / Mobil dan nikmati petualangan di Sumba

Sumber: tripcanvas.co

Setelah sampai Sumba, kamu bisa sewa penginapan untuk istirahat sejenak. Jangan terlalu menforsir tenaga menikmati Sumba.

Tubuhmu butuh istirahat. Ada banyak penginakan murah di tambolaka / Waingapu, jadi tidak perlu kawatir untuk traveler yang dompetnya tidak tebel-tebel amat.

Harga penginapan mulai dari Rp. 200.000 rupiah sampai jutaan rupiah ada.

Di penginapan, kamu dapat mencari informasi tentang sewa motor. Harga sewa motor rata-rata Rp. 100.000 – 150.000 perhari.

Sedangkan jika ingin menyewa mobil bareng teman-teman, biasanya tarif perharinya mulai dari 700.000 – 1 juta sudah include bensin dan supirya.

Putuskan sesuai jadwalmu, mau berapa lama sewa motor/ mobilnya.

Kalau bisa sewa motor usahakan harus benar-benar bagus. Sebab kau tidak tahu seperti apa medan Sumba. Jangan ambil resiko kalau tiba-tiba mogok di jalan.

Jika Kalian Memilih Motor/  Mobil Maka Informasi Yangbisa Kalian Andalkan Hanya Google Maps Dan Bertanya Kepada Penduduk Dijalan. Usahakan Saat Bertanya Kepada Penduduk Tetap Menjaga Etika Dan Kesopanan Ya.

Oke. Selamat berpetualang. Selamat menjelajahi Sumba yang menakjubkan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x