Legit-nya Sayur Daun Ubi Khas Sumba Nusa Tenggara Timur

Salah satu makanan khas Sumba yang layak dicicipi adalah Sayur Daun Ubi Khas Sumba. Kuliner lezat yang bisa bikin lidah bergoyang saking gurih dan lezatnya. Oleh karena itu jika ke Sumba jangan lupa untuk menikmatinya.

Sayur Daun Ubi Khas Sumba

Sayur Daun Ubi Khas Sumba//Okezone

Jika dibaca dari nama memang berkesan seperti makanan biasa. Akan tetapi ciri khas dari Sayur Daun Ubi memiliki aroma yang tajam. Sebab rempah-rempah yang digunakan terpilih dengan teknik memasak penuh ketelatenan dan kesabaran tinggi.

Di artikel kuliner khas berikut ini akan dijelaskan tentang Sayur Daun Ubi ala Sumba. Harapan semoga traveler lebih tertarik untuk berkunjung demi mencicipi makanan yang satu ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Sayur Daun Ubi Khas Sumba

Sayur Daun Ubi Sumba

Sayur Daun Ubi Sumba//Hobbymakan

Sayur Daun Ubi Khas Sumba adalah makanan berkuah dengan tekstur sangat kental. Karena terbuat dari daun ubi yang ditumbuk halus warnanya menjadi semu hijau. Hal ini yang menimbulkan daya tarik travelling untuk langsung mencicipinya.

Ini merupakan makanan khas Sumba NTT. Umumnya Sayur Daun Ubi dikonsumsi bersama nasi. Kadang juga dijadikan kuah untuk Nga’a Watory Patau Kambe atau nasi jagung khas Sumba.

Jika dilihat sekilas Sayur Daun Ubi mirip kuah daun singkong yang khas Pulau Jawa. Namun yang membedakan adalah daun ubi ditumbuk dengan cukup halus. Sehingga sebarannya memenuhi seluruh kuah. Ini yang membuat masakan lebih bercita rasa.

Bahan Membuat Sayur Daun Ubi Khas Sumba

Hampir semua masyarakat Sumba bisa membuat Sayur Daun Ubi. Apalagi bahan yang digunakan mudah didapatkan dan harganya murah. Berikut bahan makanan untuk membuat Sayur Daun Ubi Khas Sumba:

1. Daun Ubi

Bahan makanan yang pertama adalah daun ubi. Ini merupakan bahan pokok. Makanya kuliner ini diberi nama Sayur Daun Ubi. Sekalipun demikian tidak asal mengambil daun ubi melainkan yang bagus saja.

Sebelum dimasak daun ubi harus dihaluskan terlebih dahulu dengan cara ditumbuk. Selain dibutuhkan air serapan tekstur daun yang lembut juga menambah cita rasa kuah. Harapannya juga biar ada nutrisi di dalam makanan.

2. Beras

Beras juga bahan makanan untuk membuat Sayur Daun Ubi. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak karena hanya sebagai pelengkap daun ubi saja. Umumnya beras dicampurkan dengan daun ubi yang sudah halus.

Jika ingin cita rasa yang lebih kental beras dan daun ubi kadang ditumbuk secara bersamaan. Sehingga jika dimasak makanan terlihat lebih kental dan lembut. Aroma sayur juga lebih ketara.

3. Santan

Bahan inti Sayur Daun Ubi Samba yang berikutnya adalah santan. Ini yang membuat cita rasa kuah legit dan gurih. Biasanya santan dicampurkan dengan rempah-rempah khusus agar rasanya lebih mengena.

Sebelum dicampurkan dengan santan rempah-rempah dibaurkan dengan minyak kelapa terlebih dahulu. Jadi setiap memeras santan jangan dipakai semua tetapi sebagian diolah lagi menjadi minyak kelapa.

Keistimewaan Mengkonsumsi Sayur Daun Ubi Khas Sumba

Ada banyak keistimewaan Sayur Daun Ubi khas Sumba. Maka dari itu traveller rugi jika tidak mencicipinya. Nah agar kamu lebih tertarik silakan baca list yang spesial dari makanan ini:

1. Mengandung Vitamin yang Baik

Keistimewaan yang pertama adalah mengandung vitamin yang baik. Hal ini didapatkan dari daun ubi yang tergolong sayuran dengan teknik permasakan tertentu. Maka dari itu sayur ini hanya ditemukan di Sumba.

Selain vitamin Sayur Daun Ubi juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. Tidak jarang masyarakat menjadikannya sebagai menu diet pengganti nasi atau tepung sagu.

2. Bahan Makanan Mudah Didapat

Sayur Daun Ubi tidak hanya mudah dibuat tetapi juga bahan-bahannya mudah didapat. Bahkan masyarakat Sumba tidak perlu membeli melainkan menanam sendiri di pekarangan rumah.

3. Rasanya Legit dan Beraroma

Keistimewaan yang berikut adalah rasa legit dan beraroma. Hal ini dikarenakan adanya santan yang sudah dicampurkan dengan rempah dan minyak kelapa. Apalagi kuah cukup kental karena diselipkan beras halus di dalamnya.

4. Tergolong Makanan Tradisional yang Masih Lestari

Jika mencicipi Sayur Daun Ubi ala Sumba terkesan unik dan istimewa. Karena sejatinya makanan ini merupakan kuliner khas tradisional Samba. Yang unik adalah hingga saat ini makanan masih dilestarikan dan diturunkan dari generasi ke generasi.

Ingin menikmati makanan lezat saat travelling, cicipi saja Sayur Daun Ubi Khas Sumba. Pasti kamu ketagihan apalagi jika dimakan bersama nasi jagung dan lauk ikan ayam kampung.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x