Lapale Hills Sumba

Untuk anda para backpacker yang singgah untuk mengelilingi beberapa tempat wisata di daerah Waikabubak, Sumba Barat, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi menggunakan kendaraan umum seperti gojek dan angkutan umum. Bisa pula menyewa motor yang harga sewanya relatif murah, berkisar antara Rp. 75.000 – Rp. 150.000, pintar – pintar anda dalam menawar.

Akses ke Lapale Hills

Lapale Hills Sumba – Foto: IG @mey.rambu

Anda bisa menyewa motor di sekitar daerah Bandara Tambolaka atau di kota Waikabubak. Nah, kalau anda sedang mencari list tempat wisata yang bisa anda kunjungi selama traveling ke Sumba, anda bisa memasukkan objek wisata baru di Waikabubak, Sumba Barat. Namanya, Lapale Hills. Dari namanya, tentu anda sudah bisa menebak kalau objek wisata ini berupa perbukitan.

Lapale Hills berada di Desa Lapale, Kecamatan Kota Waikabubak, tepatnya berada di ruas jalan utama yang menghubungkan Waikabubak dengan Wanukaka. Dari pusat Kota Waikabubak, anda bisa menggunakan berbagai kendaraan umum yang melintasi wilayah tersebut. Jaraknya pun tidak jauh, hanya 4 km dari pusat kota Waikabubak.

Awalnya, Lapale Hills merupakan sebuah perbukitan kecil tempat pembuangan sampah, yang kemudian diubah menjadi objek wisata yang cukup hits sejak tahun 2019 lalu oleh pemerintah daerah setempat. Dari Lapale Hills, anda akan melihat view alam Sumba yang cantik dalam bentuk bukit, hutan, lembah yang indah, dan tentunya hamparan hijau persawahan layaknya permadani Turki.

Fasilitas di Lapale Hills

View di Lapale Hills Sumba – Foto: IG @rosibale

Tidak seperti objek wisata lainnya di Sumba yang masih tersembunyi dan belum memiliki fasilitas umum, di Lapale Hills sudah tersedia beberapa fasilitas umum seperti pondok yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, para pedagang souvenir khas Sumba, dan juga beberapa spot foto yang hits dan instagramable. Jadi, anda tidak perlu takut kelaparan saat menikmati view alam Sumba dari Lapale Hills.

Tempat Wisata di Sekitar Lapale Hills

Suasana Kampung Tarung – Foto: Satya Winnie

Setelah puas berfoto di berbagai spot foto di Lapale Hills Sumba, anda bisa sekalian mampir ke objek wisata Kampung Tarung yang hanya berjarak 5 km dari Lapale Hills, atau hanya butuh perjalanan selama 10 menit saja. Tepatnya, berada di Kecamatan Loli, Sumba Barat.

Kampung Tarung juga bisa diakses dengan sepeda motor, jadi kalau anda menyewa sepeda motor, tak ada salahnya lebih mengenal budaya Sumba melalui Kampung Tarung. Di sini, anda akan menemukan beberapa rumah adat Sumba yang terbuat dari bambu dan akar, serta beratapkan jerami. Penduduk setempat menyebut rumah ini dengan nama Uma.

Selain merasakan suasana tradisional khas Sumba, anda juga akan menemukan makam megalitik di kampung Tarung ini. Pada zaman dahulu, anggota keluarga yang meninggal dikubur di depan rumah dengan penanda batu megalitik. Tujuannya, supaya tetap terasa dekat dengan keluarga yang masih hidup.

Anda juga akan menemukan kuil Merapu (tempat ibadah bagi penduduk yang beragama asli Sumba), dan tiang tempat mereka menggantung kepala musuh di masa lalu. Hmm, kalau yang ini mungkin terdengar sedikit seram untuk anda.

Tiket Masuk Lapale Hills dan Kampung Tarung

Untuk menikmati view kota Sumba yang hijau dan asri dari atas Lapale Hills, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk tiket masuknya. Sangat terjangkau untuk view Sumba yang cantik, yang akan anda abadikan dalam kenangan anda.

Sedangkan untuk menikmati suasana tradisional khas Sumba, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun. Anda bisa langsung masuk ke Kampung Tarung, dan berkeliling di dalamnya, sembari menyapa dan mengobrol dengan warga sekitar.

Jangan lupa masukkan dua tempat wisata ini dalam traveling itinerary anda ya. Oh ya, untuk mencapai ke dua tempat tersebut, pilihlah Bandara Tambolaka, karena NTT memiliki dua lokasi Bandara. Bandara Tambolaka menjadi tujuan anda yang khusus ingin melakukan traveling mengeksplorasi kekayaan wisata alam dan budaya di area Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Jadi, tunggu apalagi? Segera browsing jadwal penerbangan anda dan selamat menikmati keindahan wisata alam Sumba yang hijau, alami, dengan birunya laut yang jernih, dan budayanya yang etnik.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x