5 Tempat Wisata Berburu Sunrise Di Sumba

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal dunia karena memiliki berbagai pulau – pulau yang indah dan eksotis. Beragam daya tarik seperti keindahan pantai, suasana tropis yang mendukung, hingga pemandangan sunrise menjadi alasan mengapa banyak wisatawan mancanegara ingin berkunjung ke Indonesia.

Salah satu wilayah yang juga menyimpan berbagai keindahan alam adalah Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Selain memiliki pemandangan yang asri, beberapa pantai di daerah ini juga menawarkan pemandangan Sunrise yang indahnya sulit diabaikan.

Berikut ini, Trip Sumba akan berikan daftar 5 tempat wisata yang memiliki spot untuk berburu sunrise di Sumba yang wajib kalian datangi.

Silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

  1. Pantai Walakiri ~ Menikmati Keindahan dan Pesona Sunrise di Sumba

sunset di Sumba

Pantai Walakiri. Sumber Gambar : dakatour.com

Pantai Walakiri merupakan salah satu pantai di Pulau Sumba yang sangat terkenal dengan keindahan lautnya. Pantai yang berada di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur ini memiliki pemandangan matahri terbenam atau Sunset yang sangat indah.

Pantai Walakiri cukup dekat dengan pusat kota Sumba Timur yakni Kota Waingapu. Jaraknya hanya sekitar 24 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Karena pantai Walakiri termasuk pantai ditengah kota jadi akses menuju kepantai walakiri juga sudah cukup baik dan mudah dijangkau meski memang tidak ada angkutan umum menuju pantai ini.

Latar belakang pantai yang ditumbuhi pohon bakau kerdil menambah keeksotisan tempat ini. Dijamin, kamu akan jatuh cinta dengan sunset di pantai ini.

  1. Bukit Warinding

Sunrise di Sumba

Bukit Warinding di Sumba Timur – Sumber Gambar : @dhzstagram

Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Pulau Sumba di NTT memiliki objek wisata perbukitan yang tidak boleh diabaikan dan tentunya memiliki pesonanya sendiri. Salah satu tempat wisata untuk berburu sunrise di Sumba adalah bukit Warinding.

Bukit Warinding berada di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur. Untuk harga tiket masuk yang dibutuhkan cukup murah. Yaitu sekitar Rp.5.000 saja per orangnya.

Di Bukit Warinding ini para pengunjung nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu mempesona. Tentunya para wisatawan  yang berkunjung ke bukit Warinding ini dapat menikmati suasana dan udara yang begitu sejuk.

Salah satu aktivitas yang pastinya tak boleh dilewatkan kala berada di Bukit Warinding ini yaitu menikmati panorama sunrise dan sunsetnya yang begitu menawan yang dijamin dapat membuat pengunjung terkagum – kagum.

  1. Bukit Tanarara 

Sunrise di Sumba

Bukit Tanarara Sumba. Sumber Gambar : camerawisata.com

Destinasi wisata untuk berburu sunrise di Sumba berikutnya adalah Bukit Tanarara. Bukit Tanarara terletak di Sumba Timur. Kontur Bukit Tanarara ini sangat unik dan juga luas.

Bukit Tanara sendiri merupakan susunan bukit karang yang gersang yang ditutupi oleh hamparan rumput. Dan disaat memasuki musim kemarau, rumput di bukit ini akan berubah menjadi coklat keemasan yang sangat indah jika dipadukan dengan panorama sunset dan sunrise.

  1. Pantai Mananga Aba~ Spot Terbaik Untuk Menikmati Sunrise di Sumba

Sunrise di Sumba

Pantai Mananga Aba. Sumber Gambar : travelingmagz.com

Pantai Mananga Aba memang belum menjadi destinasi wisata favorit seperti Danau Weekuri, Bukit Wairinding atau Pantai Walakiri. Akan tetapi, ke depannya pantai yang disebut juga ‘Pantai Kita’ yang berada di perbatasan Desa Ramadana dan Desa Karuni Kecamatan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya ini bakal masuk daftar wajib kunjung saat berada di Sumba.

Keunggulan pantai ini selain garis pantai yang panjang dan lebar, di sini kita bisa melihat sunrise dan juga sunset.

Pantai ini masih tergolong sepi. Menunggu sunset maupun sunrise di sini nggak perlu rebutan spot bagus.

Duduk di mana saja di atas pasir, kita bisa leluasa memandang matahari bulat sempurna masuk ke air ataupun muncul dari balik air. Sunset terlihat di sisi kiri, dan sunrise tentunya di sisi kanan. Matahari terbit dan tenggelam bisa terlihat karena pantai ini tegak lurus menghadap utara dan sisi barat maupun timurnya tak terhalang apa pun.

Jika cuaca disana sedang sangat cerah, selain sunset dan sunrise-nya terlihat sempurna, ujung timur Pulau Sumbawa, TN Komodo, dan ujung barat Pulau Flores juga bisa terlihat walau agak samar.

  1. Pesona Sunrise di Pantai Pahiwi Sumba

Pantai Pahiwi Sumba

Pantai Pahiwi Sumba. Sumber : blog.reservasi.com

Spot wisata untuk berburu sunrise di Sumba berikutnya adalah Pantai Pahiwi. Pantai Pahiwi Sumba merupakan destinasi wisata baru yang sangat indah yang berada di Wai Hura Wanokaka Kabupaten Sumba Barat Nusa Tenggara Timur.  Hal ini dikarenakan panorama yang begitu indah dengan tekstur pantai yang landai dan berpasir empuk.

Ada banyak keistimewaan di Pantai Pahawi. Semuanya menawarkan nuansa wisata yang bisa dijadikan sebagai sarana pengusir penat. Apalagi bagi para wisatawan yang tinggal di perkotaan yang membutuhkan udara segar.

Pantai Pahiwi Sumba dikenal sebagai pantai berpasir empuk dan halus. Sedangkan agak menjorok ke dalam terdapat gugusan pulau yang asri dan membentang seakan menjadi pagar hidup pantai.

Salah satu aktivitas favorit yang bisa dilakukan di pantai ini adalah  menikmati sunset dan sunrise dari pinggir pantai.

Sebuah aktivitas yang pasti bikin kamu ketagihan dan tidak sadar bibir berdecak kagum dan takjub pada pemandangan yang terlihat.

itulah 5 tempat wisata untu berburu sunrise di Sumba yang pastinya sangat sayang untuk kamu lewatkan jika berkunjung ke pulau Sumba.

Selamat berlibur

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x