6 Pulau paling indah di Indonesia untuk Berwisata , Selain Bali

Setidak nya sekali dalam hidup anda harus mengujungi salah satu atau seluruh 6 pulau paling indah di Indonesia untuk berwisata. Sebutan surga di garis khatulistiwa pas untuk Indonesia yang memiliki keindahan alam yang tak boleh terlewatkan. Garis pantai yang panjang, rangkaian pegunungan dan hutan tropis yang eksotis menyebar di 17.000 pulau yang ada di Indonesa.

Sumba

sumber: pegipegi.com

Pulau paling indah di Indonesia yang pertama ada pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Satu Pulau indah yang memiliki banyak panorama mengesankan. Sumba memiliki destinasi wisata alam yang eksotis dan masih sangat alami. Dari mulai pantai, perbukitan, air terjun, danau dan juga beberapa desa adat yang masih menjaga tradisi nenek moyang. Sumba menjadi pilihan banyak wisatawan indonesia dan macanegara. Anda tidak akan hentinya dibuat takjub dengan suguhan alam tanah Marapu yang setiap tempat memiliki ciri khasnya tersendiri. Beberapa spot menarik yang wajib didatangi saat anda ke Sumba ada Danau Weekuri, Pantai Mbawana, Pantai Walakiri, Piarakuku Hills, Air terjun Tanggedu dan masih banyak lagi.

Raja Ampat

Sumber: unsplash.com

Nama Raja Ampat tenar sebagai surganya diving di wilayah paling timur Indonesia. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau berdekatan yang berlokasi di sebelah barat dari bagian pulau Papua yang berbentuk kepala burung. Empat pulau terbesarnya ada Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Gugusan pulau karang yang menyebar tak beraturan menjadi pesona tersendiri. Hutan tropis, hewan endemik, ekosistem laut yang kaya dan biota nya yang cantik. Memiliki 75% spesies laut seluruh dunia, tempat bagi 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan. Tak aneh jika Raja Ampat juga menjadi tempat konservasi alam yang terus dikunjungi wisatawan.

Weh

sumber: freepik.com

Pulau vulkanik kecil di ujung paling barat Indonesia. Kota sabang yang sering kita dengar dalam lagu wajib nasional, ada di pulau ini. Pulau Weh tempat tugu kilometer 0 berdiri, memiliki daya tarik pantai dan biota laut. Jika beruntung anda bisa bertemu lumba-lumba yang berlompatan di dekat perahu saat dalam perjalan menuju pulau Weh dari Aceh. Ada pantai berpasir hitam bernama Anoi Itam yang dalam bahasa Aceh artinya pasir hitam. Di pulau weh anda bisa menghabiskan waktu untuk snorkeling dan diving di pulau Rubiah. Atau menikmati pantai yang instagrammable di pantai Teupin Layee dan pantai Iboeh.

Karimun

Sumber: unsplash.com

Tidak hanya wilayah bagian timur yang memiliki pesona alam yang menarik, pulau Jawa juga memiliki pulau paling indah di Indonesia, yaitu kepulauan Karimun. Berada di perairan laut Jawa, kepulauan yang masuk ke dalama wilayah kabupaten Jepara, Jawa Timur ini menjadi destinasi baru untuk wisata alam. Ada 27 pulau, 5 di antaranya berpenghuni. Belanda memberikan julukan caribbean van java karena memiliki kesamaan dengan pulau karibia yang juga terdiri dari pulaui-pulau kecil. Kegiatan yang bisa dilakukan diantranya snorkeling, diving, memancing, hunting foto dan trekking hutan mangrove. Bisa juga berenang bersama ikan dan penyu di penangkaran.

Belitung

sumber: unsplash.com

Bumi laskar pelangi di Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2020 ini berhasil berhasil meraih unesco global geopark, yang membuat Belitung menjadi Geopark Nasional. Ada 7 Geosite yang harus anda kunjungi di antaranya, Juru Sebrang yang merupakan tempat bekas penambangan timah. Lalu ada Bukit peramun untuk melihat keindahan hutan yang kaya akan tanaman obat itulah kenapa disebut peramun/ramuan. Ada juga Kuala Granite mangrove, memandang laut Natuna dari pantai batu bedil . Tak ketinggalan  dua pantai cantik lainnya yang berpasir putih  yaitu pantai tanjung kelayang dan pantai Burung Mandi. Terakhir hamparan hutan lebat yang masih asri dengan batuan-batuan granit besar ada di Batu Baginda.

Lombok

sumber: unsplash.com

Tanah suku Sasak ini sudah jadi salah satu pilihan utama para wisatawan untuk berlibur selain pulau Bali. Pantai yang indah, pegunungan yang sejuk, desat adat semua bisa anda temukan di sini. Bagi anda yang menyukai snorkeling, diving, surfing atau berlibur ke pantai ada banyak pantai indah yang bisa dikunjungi. Juga pulau –pulau kecil (gili) di sekitaran pulau lombok. Tiga pulau yang paling terkenal ada Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Bagi para pendaki ada gunung Rinjani dengan danau Sagara Anak nya yang memukau.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x