5 Tempat Menyepi untuk Menyembuhkan Hati

Sedang patah hati? Atau sedang ingin menenangkan diri? Mungkin ini saatnya untuk mengemasi barang-barangmu dan berangkat travelling!

Berlibur atau travelling akan membantu kamu untuk menyegarkan pikiran. Supaya kamu tidak terus-menerus berfokus ke masalah kamu. Justru dengan mengambil jarak sejenak, siapa tau kamu bisa lebih melihat gambaran besar dari situasi yang kamu alami. Pikiran lebih jernih, dan membuka pikiran akan solusi-solusi yang selama ini kamu anggap tidak ada.

Wah, ternyata liburan bisa berdampak sedemikian besar akan kualitas hidup kamu ya. Lalu, kemana sajakah tempat wisata yang paling pas ketika ingin menyembuhkan hati yang patah? Berikut lima pilihan tempat menyepi untuk menyembuhkan hati.

1. Pulau Kenawa, Nusa Tengga Barat

Pulau Kenawa NTB. Foto: Google Maps / bent

Pulau Kenawa NTB. Foto: Google Maps / bent

Pulau Kenawa tidak terlalu luas, hanya sekitar 13 hektar. Tapi justru itulah daya tarik pulau ini. Kamu jadi lebih leluasa untuk menjelajah seisi pulau.

Di pulau ini pengunjung bisa melihat pemandangan savannah yang melegakan pikiran. Lengkap dengan perbukitan kecil, dan pantai pasir putih di sekililingnya. Uniknya, padang savannah ini bisa berubah warna sesuai musim.

Menengok ke perairan di sekitarnya, ternyata airnya cukup jernih. Untuk itu, snorkeling melihat terumbu karang juga bisa menjadi pilihan aktivitas kamu untuk menyegarkan pikiran. Atau jika kamu berniat untuk sekedar bersantai, jangan lewatkan untuk menikmati suasana matahari terbenam di dermaga kayu Pulau Kenawa.

2. Pulau Bawean, Jawa Timur

Penangkaran Rusa Bawean. Foto: Google Maps / Muliawan Qp

Penangkaran Rusa Bawean. Foto: Google Maps / Muliawan Qp

Pulau Bawean berada di Gresik, Jawa Timur. Pulau ini bisa dicapai dengan kapal motor dari Pelabuhan Gresik dengan durasi sekitar 3-4 jam. Kecantikan Pulau Bawean juga bisa menjadi alternatif tempat untuk menyembuhkan hati lho.

Penangkaran rusa bawean bisa menjadi tempat wisata pertama yang disinggahi. Rusa bawean merupakan salah satu jenis hewan yang dilindungi dan terancam punah. Di sini pengunjung juga bisa memberi makan rusa dengan seizin petugas.

Di dalam Pulau Bawean sendiri kita juga bisa menemukan lokasi yang menarik, seperti Danau Kastoba dan Air Terjun Laccar. Jika belum puas juga, pengunjung juga bisa menjelajah ke pulau-pulau sekitar Bawean. Misalnya saja ke Pulau Gili yang menawarkan pantai pasir putih dan perairan yang jernih. Ada juga perairan di sekitar Pulau China, Pulau Karabila, Pulau Lolobi yang terkenal akan spot snorkeling-nya.

3. Pulau Dodola Morotai, Maluku Utara

Jembatan pasir, tempat wisata menarik di Pulau Dodola Morotai. Foto: Google Maps / itsnain

Jembatan pasir, tempat wisata menarik di Pulau Dodola Morotai. Foto: Google Maps / itsnain

Pulau Dodola terletak di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Wisata pantai di sini benar-benar bisa menyembuhkan hati kamu yang sedang sedih lho. Pasir putih lembut dan air laut jernih bisa membantumu untuk menjernihkan pikiranmu.

Pulau Dodola terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Saat laut surut, kedua pulau ini akan Nampak terhubung dengan sebuah jalan pasir. Cobalah untuk melewati jalan ini sambil menenangkan diri. Dengan sapuan ombak kecil di kakimu dan suara sepoi angin pantai, benar-benar pengalaman yang menjanjikan untuk menghibur diri.

Jembatan pasir ini panjanganya sekitar 500 meter, biasanya muncul dari pukul 10 pagi hingga 7 malam. Di sekitarnya kamu juga bisa berenang di bagian pinggir pulau yang dangkal.

Masih belum puas dengan meniti jembatan pasir? Kamu mungkin mau mencoba spot snorkling dan diving di Pulau Dodola. Di sekitar Pulau Dodola terdapat 13 titik penyelaman yang indah. Di beberapa titik peyelaman, kita akan mendapati sisa-sisa peninggalan perang dari masa Perang Dunia II.

4. Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Bukit Warinding di Sumba, Foto: Google Maps / tuba gus

Bukit Warinding di Sumba, Foto: Google Maps / tuba gus

Nah kalau ke Pulau Sumba, kamu bisa mendapat kesempatan untuk melihat sisi kehidupan yang lain. Lho, apa maksudnya?

Ternyata di sini kamu bisa melihat perkampungan adat khas Sumba yang masih erat dengan kesederhanaan dan adat istiadatnya. Sebut saja Kampung Adat Pau Umabara, Kampung Adat Praiyawang dan Kampung Adat Ratenggaro. Di sini pengunjung akan mendapati rumah adat Sumba dengan bentuk atap yang unik. Serta bangunan megalitikum yang membentuk pemakaman para raja di masa lalu.

Kalau kamu ingin wisata alam, Sumba juga terkenal akan perbukitan savannahnya yang eksotik. Misalnya saja Bukit Warinding, Bukit Tanarara dan Bukit Tenau. Wisatawan umumnya datang ke sini untuk berburu foto yang instagrammable.

Baca juga: 5 Resort di Sumba yang Langsung Menghadap Pantai

5. Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Desa Wae Rebo di Flores. Foto: Google Maps / Ria Pattiwael

Desa Wae Rebo di Flores. Foto: Google Maps / Ria Pattiwael

Sedang ingin mendaki perbukitan? Mungkin berkunjung kamu bisa berkunjung di Taman Nasional Kelimutu di Pulau Flores. Di dalam kompleks taman nasional ini kita bisa menemukan perbukitan, dengan Gunung Keibara sebagai puncak tertingginya. Ada pulau Danau Tiga Warna atau Danau Kelimutu. Seperti Namanya, danau ini memiliki tiga warna yang berbeda yaknik merah, biru dan putih.

Tidak hanya wisata alamnya, tapi Pulau Flores juga menawarkan wisata budaya yang memukau. Sebutlah yang paling populer yakni Desa Wae Rebo. Desa sering disebut sebagai desa adat tercantik di Indonesia. Lokasinya yang berada pada 1200 mdpl membuatnya terasa seperti di atas awan. Daya tarik desa ini juga terletak pada rumah adat yang memilki bentuk yang khas.

Jadi, apakah kamu sudah siap berlibur dan berbahagia?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x