Mencari Pantai Palamoko di Sumba Barat

Menjelajahi Sumba tidak pernah ada habisnya. Tempat dengan banyak pantai yang indah dan terkenal ke mancanegara. Bagaimana kalau kita mencari pantai Palamoko? Salah satu dari banyak pantai di negeri Marapu. Belum banyak orang yang tahu tentang pantai ini. Memang belum se-terkenal pantai-pantai lain yang sudah sering dikunjungi, seperti pantai Mbawana, Walakiri atau Tarimbang. Justru disitulah keasyikannya. Anda bisa meng-eksplor tempat baru dan share hasil penjelajahan melalui akun media sosial.

Memang belum banyak ulasan tentang pantai ini, tapi tidak sedikit juga kok yang sudah datang ke sana. Jadi aksesnya juga tidak terlalu sulit. Lokasinya ada di desa Palamoko kecamatan Lamboya kabupaten Sumba Barat. Dari Waikabubak (ibukota kabupaten Sumba Barat ) berjarak sekitar 32 km, kurang lebih butuh waktu 51 menit untuk sampai ke pantai. Anda bisa menyewa kendaraan bermotor untuk sampai ke sini, agar lebih leluasa menikmati pemandangan sepanjang jalan.

Jika anda menemukan gerbang sederhana yang terbuat dari bambu, tandanya anda  sudah sampai  di gerbang pertama menuju Palamoko. Dari gerbang tersebut anda sudah bisa melihat garis laut yang letaknya ada di bawah. Dari gerbang tersebut, terus pacu kendaraan lurus mengikuti jalan. Setelah itu anda akan menemukan gapura yang mengarah ke tempat dengan tanah lapang luas yang sebenarnya adalah kantor desa Palamoko.

Kantor Desa Sekaligus Tempat Wisata

pantai palamoko

Pemandangan kantor desa dengan latar belakang laut dan pesawahan | Sumber: @infosumbaopentrip

Jika anda menemukan bangunan kantor desa dan gubuk-gubuk kecil, itu tandanya anda sudah sampai di pantai Palamoko. Memang belum sampai ke pesisirnya, tapi di sinilah pengunjung biasanya menikmati pemandangan pantai Pamoloko dari jarak jauh.

Uniknya, kantor desa memang sengaja dihias sedemikian rupa untuk menarik wisatawan datang. Pembangunannya dilakukan bersama-sama oleh warga desa Palamoko. Dibuat gubuk-gubuk kecil atau oleh orang sekitar disebut Lopo, yang terbuat dari bambu dengan atapnya dari alang-alang. Menikmati pantai dari ketinggian, duduk di Lopo, sambil mengobrol bersama teman. Anda bisa beristirahat di sini sejenak sebelum melanjutkan lagi perjalanan ke arah pantai.

Pantai Palamoko

Gubuk kecil (Lopo) yang dibuat warga sekitar
| Sumber: @andramanutede

Di kantor desa juga disediakan spot foto yang langsung mengarah ke laut. Sama seperti Lopo, spot buatan warga juga terbuat dari bambu. Dibangun dekat tebing ada yang dibuat berbentuk menyerupai perahu. Anda bisa mengambil foto di spot ini dengan berlatar belakang pantai Palamoko dan pematang sawah. Selain itu ada juga spot foto dengan tulisan nama pantai di bawah gubuk Lopo. Anda bisa berfoto di sini jika ingin terlihat lebih dekat dengan pantai.

Pesona Pantai Palamoko yang Masih Alami

pantai palamoko

Keindahan pantai palamoko yang masih alami Sumber : @andramanutede

Setelah selesai beristirahat dan asyik berfoto, waktunya melanjutkan lagi perjalanan ke arah pantai. Jarak nya tidak terlalu jauh, hanya 1 km saja. Anda bisa memilih untuk berjalan kaki menuju pantai. Ada baiknya anda meminta tolong untuk ditemani warga sekitar. Dengan begitu anda bisa lebih banyak bertanya dan mendapatkan informasi juga cerita tentang pantai Palamoko. Sesampainya di sana, anda akan langsung disuguhi pantai yang luas berpasir gelap dengan air laut berwarna biru cerah.

Beberapa pantai di Sumba terkenal dengan pasir putihnya kan? Nah kalau di Palamoko  memang tidak berwarna putih, pasir pantainya cenderung berwarna gelap ke hitam-hitaman. Tapi bersih dan masih asri. Oleh karena itu anda juga harus bisa ikut menjaga kebersihan pantai. Jangan meninggalkan sampah seperti bungkus makanan dan botor air mineral di pantai. Anda harus membawanya kembali dan dibuang setelah menemukan tempat sampah.

Pantai yang luas dan memanjang, memungkinkan anda untuk melakukan kegiatan dengan leluasa. Anda bisa bermain pasir dengan keluarga, berjalan-jalan menyusuri garis pantai, berlari-lari atau melakukan aktivitas permainan bersama. Anda bisa bermain air atau berenang tapi tetap harus hati-hati. Meskipun ombak-nya tidak besar, namun bukan termasuk pantai dengan air yang tenang juga.

Jangan lupa untuk mengabadikan juga momen bersama di pantai setelah sebelumnya mengambil foto dari ketinggian di kantor desa. Ceritakan pengalaman anda mencari Pantai Palamoko. Tentang keindahannya, alamnya yang masih asri, dan spot menarik di kantor desa. Agar lebih banyak lagi orang tahu tentang Palamoko. Supaya pariwisata di desa ini bisa lebih berkembang lagi.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x