Cantiknya Pantai Tarimbang Sumba, Surga Tersembunyi di Sumba Timur

 

Pantai Tarimbang Sumba merupakan salah satu pantai di Sumba tepatnya di kawasan Sumba Timur. Mungkin kamu masih merasa asing dengan naman pantai ini, namun mungkin pernah melihat beberapa foto Pantai Tarimbang Sumba. Selain itu, pantai yang satu ini dikenal oleh turis mancanegera sebagai surganya selancar karena ombaknya yang pas dipadu dengan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan.

Lokasinya yang cukup jauh dan terpencil membuat Pantai Tarimbang Sumba in pantai yang sepi, tenang, dan kebersihannya masih sangat terjaga. Dengan suasana alam perbukitan hijau layaknya Pantai Nihiwatu membuat Pantai Tarimbang Sumba ini destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sumba paling tidak sekali. Kamu bisa melihat birunya air laut bak Kristal dengan panorama alam yang memukau.

Mungkin kamu yang belum pernah dengar nama Pantai Tarimbang Sumba dan penasaran dengan keindahan pantai yang satu ini, yuk simak beberapa informasi mengenai pantai  yang keren ini.

Panorama Pantai dan Perbukitan Hijau yang Memukau

Sumber: indonesiakaya.com

Pantai Tarimbang Sumba ini sangat elok dan menakjubkan dengan perpaduan panorama perbukitan hijau yang berderet di atas tebing-tebing di sekitar Pantai Tarimbang Sumba. Perbukitan tersebut juga ditumbuhi banyak pepohonan lebat sehingga nampak sangat asri dan suasana alam terasa sangat asri di pantai ini.

Pantai Tarimbang Sumba ini bak surge tersembunyi di kawasan Sumba. Ternyata ombak di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta olahraga selancar. Peselancar yang tertarik untuk merasakan langsung ombak Pantai Tarimbang Sumba ini tak hanya dari dalam negeri tetapi juga sampai peselancar mancanegara. Hal unik lainnya seputar Pantai Tarimbang Sumba ini yaitu memiliki sembilai gulungan ombak yang datang bergantian. Wah, tak salah jika Pantai Tarimbang Sumba ini mulai jadi sorotan karena hal-hal unik seperti itu, ya!

Karena jadi spot selancar yang menarik, Pantai Tarimbang Sumba ini juga menyabet penghargaan sebagai tempat surfing terpopuler tahun 2017, lho. Jadi buat kamu yang penasaran dengan keindahan pantai ini dan bagaimana gulungan ombak yang katanya ada Sembilan itu, Pantai Tarimbang Sumba patut kamu kunjungi untuk melihat langsung surga di bumi di kawasan Sumba Timur ini.

Pantai Tarimbang Sumba memiliki panorama yang begitu cantik dan memukau sehingga tak jarang tempat ini dikunjungi oleh fotografer atau sebagai tempat foto pre-wedding. Terdapat banyak ranting pohon kering yang ukurannya cukup besar menjadikan Pantai Tarimbang Sumba ini sangat estetik. Pasir putih yang membaur dengan birunya air laut dan hijaunya perbukitan di belakangnya membuat Pantai Tarimbang Sumba ini jadi pantai yang instagramable.

Daya Tarik Wisata Pantai Tarimbang Sumba

Kalau ngomongin daya tarik wisata apa yang ada di kawasan pantai ini tentu jawabannya adalah semuanya. Namun ada beberapa spot yang dihighlight agar kamu punya gambaran dan lebih tertarik lagi buat mengunjungi Pantai Tarimbang Sumba ini. Berikut beberapa daya tarik wisata di pantai ini:

1. Laguna Air Tawar

Sumber: indonesiakaya.com

Air laut pasti asin, namun Pantai Tarimbang Sumba ini punya laguna mini yang berada di kawasan daratan tak jauh dari bibir pantai dengan airnya yang tawar dan dingin menyegarkan. Laguna ini yang memisahkan air laut dengan sungai-sungai yang bermuara ke Pantai Tarimbang Sumba. Meski laguna ini tak terlalu besar, namun cukup unik bisa ditemukan di dekat pantai dan dijangkau wisatawan.

2. Lokasi surfing yang menantang

Sumber: magicseaweed.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pantai Tarimbang Sumba ini punya daya tarik Sembilan gulungan ombak yang berbeda. Karena hal itu juga mengapa pantai yang satu ini jadi lokasi surfing yang stretegis. Selain bisa dapat ombak yang pas, pemandangan alam di pantai ini juga membuat banyak peselancar tertarik datang ke Pantai Tarimbang Sumba.

3. Pantai berpasir putih

Sumber: backpackerjakarta.com

Pantai Tarimbang Sumba ini punya pemandangan hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Sampah juga sedikit ditemukan di daerah bibir pantai sehingga nampak lebih menarik.

Rute Menuju Pantai Tarimbang Sumba

Sumber: indonesiakaya.com

          Untuk menuju Pantai Tarimbang Sumba ini ada 2 alternatif yakni via Sumba Barat (Waikabubak) atau Sumba Timur (Waingapu). Untuk keduanya sudah terdapat banyak maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke kedua kota ini dengan transit dulu di Bali.

Dari Waingapu ke Pantai Tarimbang Sumba ini sekitar 89 km. Apabila memulai perjalanan dari Waingapu, maka tujuan adalah mengikuti jalur lintas Sumba menuju baratnya Sumba (Waikabubak). Kurang lebih 10 km dari pusat Kota Waingapu pengunjung akan melintasi batas Waingapu yang ditandai dengan patung kuda di sisi kanan dan kiri jalannya. Meskipun jauh, namun ketika sampai rasa lelah akan segera terbayar setelah melihat indahnya Pantai Tarimbang Sumba.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai hal-hal di Pantai Tarimbang Sumba. Jangan sampai nggak masuk ke bucketlist-mu, ya!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x