5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berwisata ke Sumba

Mungkin setelah masa pandemi, banyak dari kita yang sudah merencanakan liburan untuk menghilangkan rasa penat dan rasa suntuk akibat karntina selama masa pandemi. Namun, sudah adakah list destinasi wisata yang ingin kalian kunjung?

Dari sekian banyak destinasi yang ada di Indonesia, Sumba merupakan salah satu destinasi yang harus masuk kedalam list destinasi pilihan kalian. Ada banyak alasan yang bisa menjadi dasar kenapa kamu wajib berwisata ke sana. Berikut ini, TripSumba akan berikan beberapa alasan kenapa kamu harus berwisata ke Sumba.

  1. Full Package Destinasi di dalam Taman Nasional Manupeu Tanah Daru Saat Berwisata Ke Sumba

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru merupakan salah satu kawasan hutan lindung yang ada di wilayah Sumba. Karena lokasinya yang masih asri dan sangat terjaga, terdapat banyak jenis satwa dan tumbuhan.

Selain keanekaragaman hewani dan hayati yang terdapat di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, terdapat pula beberama spot yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Beberapa destinasi wisata yang dapat dinikmati di Kawasan Taman Nasional ini adalah

  • Goa Liang Bakul

Liang Bakul merupakan sebuah goa yang terletak di Desa Umbulangang. Destinasi ini sendiri merupakan salah satu destinasi favorit dan paling sering dikunjungi di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

  • Goa Kanabuwulang

Goa Kanabuwulang

Goa Kanabuwulang

Spot wisata berikutnya masih berupa Goa, namanya adalah Kanabuwulang yang berlokasi di Desa Kambatawundut.

  • Air Terjun Laipopu

Air terjun Laipopu

Air terjun Laipopu

Berikutnya ada destinasi yang terkenal dengan lintasan airnya yang bertingkat sehingga percikan airnya menyebar ke berbagai arah. Yaitu Air Terjun Laipopu

Uniknya, volume air terjun ini juga selalu stabil sepanjang musim. Ini yang menjadi daya tarik dan spot yang Photogenic di sekitar air terjun.

  • Pantai di Konda Maloba

Pantai Konda Maloba

Selain air terjun dan goa, Taman Nasional Manupeu Tanah Daru jua memiliki pantai. yang berada di Kecamatan Katikutana. Namanya adalah pantai Konda Maloba

  1. Menikmati Glamping di Watukaka Resort

pantai Watukaka

Sumber Gambar : Booking.com

Dengan berkembangnya trend pariwisata beberapa tahun terakhir, mulai banyak jenis wisata yang diminati oleh para pengunjung. Mulai dari kegiatan penuh tantangan seperti diving dan trekking, wisata alam seperti air terjun, wisata perkotaan atau urban tourism, bahkan hingga trend baru berkemah dengan sensasi mewah atau Glamping. Glamping sendiri merupakan singkatan dari Glamorous Camping atau kemah mewah.

Salah satu destinasi yang menawarkan kemewahan glamping adalah pantai Watukaka, yaitu Watukaka Resort yang menawarkan sensasi wisata glamping di sekitar pantai Watukaka.

Watukaka resort memberikan pengalaman menginap dengan konsep eco-living. Hal ini bisa dilihat dari desain interior dan arsitekturnya yang dibuat sedemikian rupa agar terlihat menyatu dengan kondisi alam sekitar kemah.

Dengan desain interior yang berbahan dasar kayu dan arsitektur khas daerah Sumba, menambah kesan alami dan sangat senada dengan kondisi alam sekitar.

  1. Menikmati Keindahan Pantai Watubela Saat Berwisata ke Sumba Barat

pemandangan pantai watubela sumba

Pemandangan pantai Watubela, Sumba. Sumber Gambar : instagram.com/roamsumba

Sumba merupakan salah satu wilayah yang sangat kaya akan destinasi wisata. Salah satu wilayah yang menawarkan pesona wisata terbaik adalah wilayah Sumba Barat.

Karena disana, terdapat salah satu pantai yang akan memanjakan mata kamu dengan keindahan dan pesona yang dimilikinya. Pantai itu adalah Pantai Watubela. Pantai ini bahkan dijuluku sebagai “Potongan Surga Yang Ada Di Bumi” oleh banyak wisatawan.

Pantai ini terletak di Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya. Pantai Watubela merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun si Kabupaten Sumba Barat.

  1. Air Terjun Waimarang, Kolam Renang Alami dari Sumba Timur

Alasan kenapa kamu harus berwisata ke sumba

Sumber Gambar : indonesiatraveler.id

Air Terjun Waimarang merupakan destinasi yang terletak di desa Waimarang, Kabupaten Sumba Timur. Air terjun ini menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Kabupaten Sumba Timur.

Selain karena keindahannya, Air Terjun Waimarang memiliki kolam renang yang tercipta secara alami. Kolam inilah yang menjadi salah satu daya tarik utamanya.

  1. Keseruan Festival Pasola Yang Tak Ada Duanya Saat Berwisata ke Sumba

Festival Pasola

Festival Pasola-suara.com

Festival pasola merupakan salah satu festival yang populer di kabupaten Sumba Barat. Umumnya, pasola terdiri dari kata “sola” dan “hola”. Dimana kata tersebut diartikan sebagai lembing kayu yang akan digunakan saat menunggang kuda. Dan kemudian, saat ini dikenal sebagai pasola atau pahola yang dijadikan permainan.

Itulah 5 alasan mengapa kalian wajib berwisata ke Sumba. Namun, selain alasan yang sudah disebutkan diatas, masih ada ratusan alasan dan destinasi lain menjadi alasan wajib untuk berwisata ke sumba .

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x