Inilah 5 Objek Wisata Keren di Sumba Timur

Pantai Walakiri – foto @wilda_29

Sumba Timur – Keindahan pulau Sumba termasuk Sumba Timur sudah terkenal bukan hanya di dalam negeri tapi sudah sampai ke mancanegara. Pesona laut yang indah dan alamnya yang asri seperti menyihir para wisatawan untuk membelokan arah tujuannya ke pulau Sumba.

Pesona eloknya pulau Sumba terutama Sumba Timur tidak kalah dibandingkan dengan Pulau lainnya yang memiliki keindahan pantai dan bukitnya. Sumba Timur yang ber ibu kota di Waingapu merupakan Kabupaten terluas di pulau Sumba yang masih termasuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Inilah 5 tempat keren yang wajib untuk dikunjungi apabila travelling ke sumba Timur, dijamin puas dengan panorama keindahannya.

1. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri – foto @infiatravel

Pantai yang satu ini memang sangat terkenal di Sumba Timur. Bukan karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu yakni sekitar 24 Km atau sekitar 30 menit dengan perjalanan. Tetapi memiliki keindahan dan panorama yang sangat khas terutama dengan penomena sunset nya.

Pantai Walakiri juga terkenal dengan sebutan ‘keindahan surga dunia’ karena pantainya yang unik serta deretan mangrove yang kecil. Selain itu juga deretan pohon kelapa sepanjang pantai yang dihiasi dengan pasirnya yang putih menjadi pesona lainnya di pantai ini. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata di Sumba Timur yang wajib untuk dikunjungi selain fasilitas yang lainnya juga sangat mendukung.

2. Bukit Warinding

Bukit Warinding – foto @langkahjauh

Bukit yang terkenal dengan pesona alamnya. Karena apabila musim hujan tiba terlihat hamparan hijau menghiasi seluruh bukit dan terlihat seperti hiasan yang sungguh mempesona. Dan apabila musim kemarau makan hamparan hijau tadi berubah menjadi padang savana seperti yang terlihat di daerah Afrika, tetapi tetap sangat indah untuk dinikmati.

Destinasi yang satu ini selalu menjadi tujuan wisata di pulau Sumba Timur karena pesona keindahan alamnya dan jalur wisata yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu. Selain itu akses menuju tempat wisata pun terbilang mulus dengan jalan berasal dan sangat nyaman untuk dilalui. Sehingga bukit Warinding menjadi salah satu objek wisata yang wajib untuk di kunjungi apabila mampir ke sumba Timur.

Baca juga ya

3. Bukit Persaudaraan

Bukit Persaudaraan – foto @gussyasngari

Seperti halnya bukit Warinding. Bukit Persaudaraan Bukit Persaudaraan pun bisa menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi di Sumba Timur. Bukit yang memiliki ke khas an seperti bukit-bukit yang ada di Sumba. Hamparan warna hijau ya yang mempesona yang tidak akan pernah terlupakan dan akan menjadi kenangan yang indah dan tak mungkin untuk dilupakan.

Di Bukit Persaudaraan ada dua view dengan latar yang sangat indah. Yakni pemandangan kota Waingapu dengan segala aktivitasnya serta melihat penomena matahari terbenam yang sangat indah. Inilah biasanya yang menjadi tujuan utama para wisatawan  berliburan di buku Persaudaraan selain jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu.

4. Bendungan Lambanapu atau Kambaniru

Bendungan Lambanapu – foto @gilang_boban

Sumba Timur selain terkenal dengan pantai dan bukit serta keindahan alam air terjunnya. Terdapat pesona lainnya yang bisa dijadikan destinasi wisata yakni bendungan Lambanapu. Bendungan ini memiliki pesona yang berbeda dengan bendungan lainnya sehingga bisa menjadi destinasi wisata.

Bendungan yang dapat mengairi persawahan di daerah sekitarnya menjadi bendungan yang sangat besar dengan panorama alam di sekitarnya. Pemandangan perbukitan di sekitarnya menjadi latar yang pas untuk ber swafoto. Ada juga jembatan yang berada di atas bendungan yang bisa menjadi tempat untuk memandangi aliran air bendungan. Destinasi ke bendungan Lambanapu atau Kambaniru bisa menjadi salah satu pilihan dari beberapa tempat wisata di Sumba Timur.

5. Air Terjun Hirumanu

Air Terjun Hirumanu – foto milik Adi Junaidi Rachman

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter ini berada di Desa Kananggar Kecamatan Pariberiwai Sumba Timur ini bisa menjadi pilihan wisata. Pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri untuk melihat air terjun ini.

Lokasi air terjun ini memang berada sekitar 171 Km dari kota Waingapu atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam tetapi semua rasa capek selama perjalanan akan terpuaskan dengan keindahan air terjun Hirumanu ini.

Itulah beberapa destinasi wisata di Sumba Timur yang bisa menjadi pilihan. Sebenarnya ada beberapa destinasi lain yang bisa menjadi pilihan lain untuk berwisata.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x