Sayur Rumpu Rampe, Sayur Yang Enak Dan Menjadi Makanan Khas Sumba

Sayur Rumpu Rampe – Tidak banyak hidangan yang ada di daerah-daerah Indonesia yang menggunakan bunga pepaya untuk sebagai bahan utama dari makanan. Dimana bunga pepaya ini dikenal sebagai sejenis sayur yang sangat pahit. Nah, salah satu makanan yang dapat dicoba oleh anda dengan bahan bunga pepaya adalah sayur yang bernama Ka’pu Pantunnu dan Rumpu Rampe.

Baca juga ya:

Sayur Rumpu Rampe

Sayur Rumpu Rampe – Sumber pikniktoday.com

Akan tetapi, disini kami tidak akan membahas tentang sayur tersebut, karena pada pembahasan ini akan lebih terfokus pada pembahasan yang mengenai semua halnya tentang sayur Rumpu Rampe.

Apakah anda ingin mencari tahu lebih dalam lagi tentang sayur yang satu ini? Nah, jika anda ingin mengenalnya lebih dalam, maka anda dapat menyimak pada ulasan yang sudah ada dibawah ini.

Tentang Sayur Rumpu Rampe

Sayur Rumpu Rampe adalah salah satu jenis sayur yang berasal dari NTT (Nusa Tenggara Timur). Dan, sayur ini juga termasuk pada jenis makanan khas atau tradisional Sumba. Secara umum, sayur yang satu ini terbuat dari bunga pepaya, dan disertai dengan berabgai jenis bumbu dedaunan lainnya. Pada saat ini sayur yang seperti ini dipadukan bersama dengan kangkung serta udang dan juga ikan teri.

Sayur Rumpu Rampe

Sayur Rumpu Rampe – foto milik @Astryd Ndun

Rumpu Rampe ini memiliki arti atau istilah tersendiri, dan inilah yang membuat sayur Rumpu Rampe merupakan salah satu jenis makanan yang sangat unik dan menarik untuk dinikmati oleh anda. Istilah dari sayur yang satu ini adalah ramai atau banyak maupun beragam. Seringkali sayur yang dinamakan sebagai Rumpu Rampe ini bisa konsumsi bersama Jangung Bose, merupakan sebuah makanan khas dari NTT.

Fakta Menarik dari Sayur Rumpu Rampe

Bukan hanya memiliki kenikmatan yang terlihat nikmat untuk dikonsumsi, melainkan sayur ini juga tersedia beberapa fakta yang sangat menarik untuk disimak oleh anda. Sekali anda mencicipnya, memungkinkan kalau anda bisa merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya kembali. Inilah sebabnya kenapa sayur yang satu ini menjadi salah satu makanan khas dari Sumba.

Baca juga ya:

Sayur Rumpu Rampe

Sayur Rumpu Rampe – foto milik @paulina_martina_l

Pada umumnya, sayur yang bernama Rumpu Rampe ini memiliki 3 fakta utama yang sangat menarik dan unik. Tentunya ini sangat wajib untuk diketahui oleh anda sebelum anda menikmati sayur yang seperti ini. Bagi anda yang ingin melihat beberapa fakta menarik dari sayur ini, maka anda dapat melihat pembahasannya yang sudah kami sediakan seperti berikut ini.

  • Fakta yang paling pertama dan sangat wajib untuk diketahui oleh anda adalah sayur yang dinamakan Rumpu Rampe ini memiliki istilah yang sangat unik.
  • Bukan sembarangan sayur biasa saja, karena sayur ini sudah terkenal di beberapa daerah atau wilayah Indonesia lainnya.
  • Memiliki rasa yang aneh, unik dan menarik. Hal ini dikarenakan, rasa dari sayur ini bisa dibilang pahit, tapi lama kelamaan rasanya akan menjadi lebih nikmat.
  • Memiliki bahan yang hampir sama dengan sayur Ka’pu Pantunnu Sumba, dimana sayur tersebut termasuk salah satu makanan khas Sumba juga.
  • Mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, dan memiliki banyak manfaat lainnya.

Bahan dan Bumbu Sayur Rumpu Rampe

Sebelum anda membuat sayur yang satu ini, maka pastikan anda sudah mengetahui bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya. Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat sayur Rumpu Rampe, maka cobalah anda menyiapkan bahan-bahan yang seperti bunga pepaya dan daunnya, daun singkong serta jantung pisang. Jumlah dari setiap bahan tersebut berkisaran 250 gram.

Sayur Rumpu Rampe

Bunga Pepaya adalah bahan utama dari Sayur Rumpu Rampe – foto milik @tijanatimebomb

Berikutnya anda dapat menyiapkan bumbu-bumbu dalam pembuatan sayur yang satu ini. Untuk bumbu-bumbunya anda bisa lihat pada uraian yang sudah ada dibawah ini.

  1. Bawang merah sebanyak 50 gram.
  2. Bawang putihi sebanyak 30 gram.
  3. Kemiri sebanyak 30 gram.
  4. Garam yang secukupnya.
  5. Merica yang secukupnya.
  6. Penyedap rasa yang secukupnya.

Cara Pembuatannya

Bagi anda yang ingin membuat sayur Rumpu Rampe, maka langkah yang paling pertama dan paling utama adalah anda dapat merebus daun pepaya serta bunga pepaya dengan menggunakan air yang mendidih. Dimana ini bertujuan agar rasa dapat menghilangkan getah sehingga rasa pahitnya bisa berkurang. Tunggulah dalam beberapa saat, kemudian angkat dan juga tiriskan.

Baca juga ya:

Sayur Rumpu Rampe

Proses Pembuatan Sayur Rumpu Rampe – foto milik @Solly Thresya

Sesudah beberapa hal yang sudah ada diatas, maka selanjutnya anda dapat merebus daun singkong, lalu rebus juga jantung pisang tersebut dengan menggunakan metode yang terlihat sama. Langkah yang berikutnya anda dapat menghaluskan bumbu-bumbunya yang seperti bawang putih dan merah hingga pada kemiri.

Lalu anda dapat menusimnya hingga tercium aroma yang wangi. Tambahkan sayurannya, garam dan merica, lalu masaklah hingga terlihat matang dan siap untuk disajikan. Sebagai tambahan, jika anda ingin rasa pahitnya hilang, maka anda dapat mencoba merebusnya atau merendamkan ke air yang sangat lama, begitupun dengan sebaliknya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x