Pesona Lelewatu Resort Sumba

Jika kamu bosan dengan kebisingan dan ingin menikmati kesunyian yang menyatu dengan alam yang eksotis; Lelewatu Resort jawabnya.

Lelewatu resort terletak di Wanokaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Resort indah ini bisa dicapai 90 menit dari gerbang barat Sumba atau bandara Tambolaka, sementara dari dari gerbang timur Sumba atau bandara Umu Mehang Kunda dalam waktu 4 jam berkendara.

 

Surga tersembunyi di Sumba

Lelewatu resort dibangun di atas tebing dan di tengah hutan tropis seluas sepuluh hektar. Kamu akan dimanjakan pemandangan laut biru menakjubkan dari resort yang menghadap laut Hindia ini, hijaunya pepohonan yang tumbuh asri di bukit-bukit di sekitar resort. Bisa jadi pemandangan mempesona itu adalah surga tersembunyi Sumba yang belum kau kenali.

Surga tersembunyi di Sumba ini dikonsep oleh Jenny Tan,  seorang putri Sumba yang selalu punya kerinduan untuk pulang mengembangkan potensi wisata Sumba yang luar biasa  dan belum digarap secara maksimal.  Jenny Tan bukan pemain baru dalam industri  perhotelan di Indonesia, dia pemain lama yang punya segudang pengalaman di industri perhotelan. Jenny Tan, mengelola sejumlah properti di Bali anatara lain: The Wolas Villas dan Sense Sunset Seminyak.

Kemewahan Lelewatu Resort

sumber: lelewatu.com

Ada 27 vila di Lelewatu resort. Vila-vila itu dibangun dengan konsep arsitektur tradisional Sumba yang bergaya mewah, elegan, dan kenyamanan yang tidak terbantahkan. Sentuhan terakhir interior Lelewatu resort adalah pernik-pernik buatan tangan khas Sumba. Seluruh  vila dilengkapi kolam renang dengan pemandangan lepas kelaut Hindia yang tenang. Seluruh arsitektur dan desainer elegan yang mengabungkan konsep arsitektur tradisional Sumba dalam sentuhan modern dikerjakan oleh Popo dan Melati Danes.

Ada satu vila yang sangat istimewa, yaitu: Uma Humbra. Vila ini merupakan replika rumah tradisional Sumba yang hanya  punya satu ruangan. Tradisi keluarga Sumba yang terbiasa berkumpul dan istirahat bersama dalam satu ruangan menginspirasi vila seluas 250 meter persegi ini. Seperti umumnya rumah tradisional Sumba, Uma Hubra memiliki beberapa level. Level pertama, untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari masak hingga tidur. Ada 8 single bed yang di tengah-tengahnya biasa digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan dan berkumpul. Di atas level ini adalah tempat untuk menyimpan hasil panen. Sementara di bagian paling  bawah yang biasa digunakan untuk menyimpan hewan peliharaan dialifungsikan sebagai kamar mandi. Dekorasi Uma Humbra didominsi oleh tenun ikat khas Sumba, sedang balkon berlantai bambu menghadap samudra lepas.

Mencicipi Makanan Khas Sumba di hotel Mewah

sumber: mylemariage.com

Untuk makanan, tentu anda penasaran merasakan sensasi makan masakan khas Sumba di hotel berbintang lima. Ada dua restoran di Lelewatu resort. Pertama, restoran Le Humba. Restoran ini terbuka untuk umum. Le Humba menyajikan makanan khas Sumba dan makanan indonesia yang diracik oleh chef berpengalaman.

Kedua, restoran tertutup untuk menghuni resort bernama Bokosawu. Bokosawu dalam bahasa Sumba bermakna sambal.  Restoran ini menyediakan ikan dan makanan laut yang ditangkap langsung oleh nelayan Sumba. Seluruh makanan disajikan dalam kondisi yang fresh dan segar.

Selain itu, yang tidak boleh dilewatkan dalam soal makanan khas Sumba adalah Manu Pata’u Ni. Manu Pata’u Ni merupakan makanan yang terbuat dari ayam kampung yang diolah dengan santan. Makanan ini merupakan sajian khas Sumba untuk menyambut kedatangan tamu.

Aktivitas seru di Lelewatu

sumber: traveloka.com

Menyesap kehidupan ala Sumba yang magis di Lelewatu resort , rasanya tidak akan lengkap tanpa mengekplorasi kehidupan di sekitar hotel yang masih alami.  Berkuda dan merasakan sensasi menjadi prajurit Pasola dengan semua atribut lengkapnya yang menjelajah padang-padang savana sumba yang menakjubkan pasti akan menjadi pengalaman yang seru d an tidak boleh dilewatkan di Lelewatu. Yang suka bersepeda, tidak ada salahnya bersepeda sambil menikmati hutan tropis di Lelewatu resort.  Bagi yang suka jalan-jalan, tidak boleh dilewatkan turun dan menikmati areal terbuka di sekitar hotel, melihat lelewatu atau cincin tradisional bersejarah dan mendapat pengalaman mengesankan mengenakan pakaian tradisional sumba atau jalan di laguna yang cantik, menikmati pasir putih yang lembut dan deburan ombak.  Bagi anda yang suka aktivitas yang lebih menantang snorkeling, fishing, dan diving dapat menjadi aktivitas menyenangkan untuk menikmati pesona Sumba yang mempersona.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x