Menjelajah 5 Gua Eksotis di Sumba

Tanah Sumba menawarkan keelokan alam yang tiada habisnya. Wisata perbukitan atau pantai mungkin sudah banyak dikenal. Tapi bagaimana dengan wisata gua? Ternyata belum banyak yang menjelajahi gua-gua di Sumba.

Wisata gua di Sumba memang belum sepopuler wisata pantai atau bukitnya. Tapi ternyata ada beberapa gua tersembunyi di Sumba yang sangat menarik untuk dijelajahi. Gua mana sajakah itu?

Gua Kamimbi di Sumba Tengah

Gua Kamimbi berada di Desa Dewajara, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan di Eksotisme Gua Kamimbi ini terlihat dari stalagtit dan stalagmit yang sangat runcing. Oleh karena itu, bagi yang ingin melakukan eksplorasi ke gua ini disarankan untuk sangat berhati-hati. Gua ini masih sangat terjaga dan masih dalam tahap eksplorasi.

Ekslorasi Gua Kamimbi di Sumba Tengah. Foto: liputan6.com

Ekslorasi Gua Kamimbi di Sumba Tengah. Foto: liputan6.com

Gua Wewewa di Sumba Tengah

Gua Wewewa berlokasi di Desa Waemeta, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah. Di gua ini ditemukan kerangka manusia yang diperkirakan sudah 20 tahun yang lalu terjatuh di dasar lubang gua. Goa yang memiliki kedalaman 75 meter ini masih sangat alami dan belum banyak didatangi orang. Mirip dengan Gua Kamimbi, Gua Wewewa juga masih dalam tahap eksplorasi.

Gua di Taman Nasional Matalawa: Gua Kanabu Wai dan Gua Laditanana

Sampai saat ini, ada dua gua yang berhasil dipetakan di Taman Nasional Matalawa, yaitu Goa Kanabu Wai dan Goa Laditatana. Keduanya sama-sama memiliki aliran air bawah tanah serta stalagnit dan stalaktit yang indah. Sayang, potensi gua-gua ini belum dieksplorasi dengan maksimal.

Gua Jepang di Bukit Persaudaraan, Sumba Timur

Gua ini berada di puncak Bukit Persaudaraan Mauliru, Kelurahan Mauliru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Di sekitar gua juga terdapat benteng yang juga termasuk peninggalan zaman penjajahan Jepang.

Gua Jepang ini memiliki tinggi sekitar satu meter, dengan lebar sekitar satu meter juga. Jangan lupa membawa senter sebagai penerangan, karena pencahayaan di dalam gua ini sangat minim. Belum ada transportasi umum menuju lokasi ini, namun pengunjung bisa menyewa kendaraan pribadi dari masyarakat sekitar.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Sumba yang Tersembunyi

Gua di Bendungan Waikelo Sawah

Gua yang satu ini mungkin adalah gua yang paling terkenal di Sumba. Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dibangun pada tahun 1976, bendungan Waikelo Sawah ini dirancang untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik. Namun saat ini lokasi ini juga dikunjungi sebagai salah satu obyek wisata.

Eksotisnya Gua di Bendungan Waikelo Sawah. Foto: Google Maps / ERRI WANGGUNG

Eksotisnya Gua di Bendungan Waikelo Sawah. Foto: Google Maps / ERRI WANGGUNG

Bendungan Waikelo Sawah berada di kaki bukit dan dikelilingi asrinya pepohonan dan sawah-sawah. Kondisi itulah yang menambh daya tarik tempat ini. Selain itu pengunjung juga bisa melihat aktivitas warga setempat  di bendungan ini, terutama musim kemarau datang.

Gua yang indah menaungi bendungan Waikelo Sawah ini. Terdapat stalaktit dan stalakmit yang seakan membentuk gigi yang tajam. Pesona utama gua ini bisa kita lihat apabila kita menengok ke bagian dalam, di mana langit gua bagian dalam terlihat berlubang sehingga cahaya matahari bebas masuk menusuk air tenang di bawahnya. Sungguh pemandangan yang memukau, terutama jika kita lihat di atas jam 11 WITA. Gua Waikelo Sawah ini memiliki lebar sekitar empat meter, dan ketinggian sekitar tiga meter.

Di mulut gua membentuk sebuah kolam dengan air yang berwarna biru kehijauan. Kolam airnya sekilas terlihat tenang, namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang dikarenakan terdapatnya arus besar di dalam kolam tersebut.

Bendungan Waikelo Sawah memiliki peran penting bagi penduduk desa setempat. Aliran air dari Waikelo Sawah ini mampu mengairi persawah untuk beberapa desa diantaranya Desa Tema Tana, Kalembu Ndara Mane, Mareda Kalada, Pada Eweta, Wee Rame, Dikira dan Desa Tanggaba.

Gua Waikelo Sawah. Foto: Google Maps / haris sangar

Gua Waikelo Sawah. Foto: Google Maps / haris sangar

Lokasi Waikelo Sawah berjarak sekitar 12 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Durasi tempuhnya sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan menuju lokasi sudah beraspal halus, namun ada beberapa titik di dekat lokasi yang masih berkerikil. Belum ada transportasi umum menuju tempat ini. Oleh karena itu pengunjung bisa menyewa kendaraan atau menggunakan ojek dari Tambolaka.

Diperuntukkan sebagai bendungan, fasilitas pendukung wisata pun tak banyak kita temui di tempat ini. Tidak ada warung makan dan toilet yang memadai. Oleh karena itu, wisatawan dianjurkan untuk mempersiapkan perbekalan sebelum datang ke lokasi ini.

Baca juga: 5 Air Terjun Indah di Sumba Tengah

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x