6 Motif Kain Khas Sumba

6 Motif Kain Sumba –   Pulau Sumba memang banyak keragamannya , dan karena keragamannya tersebut, Pulau Sumba semakin diminati sebagai tujuan wisata, baik oleh wisatawan mancanegara maupun lokal.

Ada tradisi di Pulau Sumba yang sampai saat ini masih dilestarikan, yaitu menenun kain.  Menenun adalah kegiatan yang biasa dlakukan oleh perempuan di Sumba, dan kemudian mereka menjual hasil tenunan tersebut berupa kain di pasar pasar.

Ada beberapa motif kain tenun yang bisa kamu temui ketika nantinya kamu akan berbelanja kain di pasar tradisional di Pulau Sumba. Berikut ini adalah informasi yang wajib kamu tahu tentang motif kain yang terkenal, dan biasa ada dalam kain khas Pulau Sumba.

1.     Kain Sumba Motif Ayam

Kain Sumba Motif Ayam Foto:waingapuantikstore.site

Kain Sumba dengan motif gambar ayam merupakan salah satu motif kain yang biasa ditemukan di Kabupaten Sumba Timur.  Motif ini merupakan motif ayam jantan, yang melambangkan tanda kesadaran (karena ayam selalu berkokok setiap pagi membangunkan manusia) , kehidupan, serta pemimpin yang bersifat melindungi.

Motif kain ini bisa kamu temui di pasar pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sumba Timur, dan  motif kain ini dijual dengan harga Rp 1.667.000. Harga tersebut sebanding dengan hasil tenunan kain yang sangat bagus.

2.     Kain Sumba Motif Kuda

Kain Sumba Motif Kuda  Foto: gpswisataindonesia.info

Kain Sumba Motif Kuda merupkan salah satu motif kain yang berasal dari Kabupaten Sumba Timur.  Kuda merupakan salah satu hewan yang sering digunakan oleh masyarakat Pulau Sumba sebagai “kendaraan” , dan kuda juga melambangkan sebuah kejantanan, keberanian juga ketangkasan.

Motif Kain kuda merupakan motif yang diminati oleh para wisatawan, dan motif kain kuda juga banyak di jual di pasar pasar tradisional. Karena motifnya banyak diminati oleh wisatawan, tidak mengherankan kalau kain ini harganya cukup mahal yakni sekitar Rp 5.100.000.

3.     Kain Sumba Motif  Rusa

Kain Sumba Motif  Rusa  Foto: gpswisataindonesia.info

Kain Sumba Motif Rusa merupakan motif kain khas Kabupaten Sumba Timur, dan motif kain ini melambangkan kebijaksanaan pemimpin yang diharapkan bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya, serta dapat mengatasi permasalah yang terjadi dalam masyarakat.

Motif Kain Rusa juga banyak di perdagangkan di pasar pasar tradisional, dan harganya sekitar Rp 600.000-1.000.000.  Apakah kamu tertarik untuk membeli kain sumba dengan motif kain Rusa dan memberikannya kepada orang orang terdekat?

4.     Kain Sumba Motif  Manusia

Kain Sumba Motif Manusia  Foto: kumparan.com

Kain khas Sumba dengan motif manusia juga salah satu motif kain yang berasal dari Kabupaten Sumba Timur.  Motif ini melambangkan manusia yang polos, ketakutan , dan juga kesendirian , namun motif ini juga berfungsi untuk menolak kejahatan.

Karena tenunannya yang bagus, membuat kain yang satu ini menjadi salah satu kain favorit dan paling dicari wisatawan. Di banderol dengan harga sekitar Rp 1.000.000, kain ini bisa menjadi kenang kenangan saat kamu berlibur di Kabupaten Sumba Timur.

5.     Kain Sumba Motif  Mamuli

 

Kain Sumba Motif Mamuli  Foto: medium.com

Kain Sumba dengan motif Mamuli  merupakan salah satu motif  kain yang ada di Kabupaten Sumba Barat, dan motif ini biasa digunakan oleh wanita di Kabupaten Sumba Barat sebagai lambang wanita yang maskulin serta wanita yang feminim.

Harga kain ini sama seperti harga kain lainnya yakni sekitar Rp 700.000- Rp 2.000.000, dan juga motif dari kain ini sangat bagus.  Karena motifnya bagus, kamu bisa menjadikan kain dengan motif Mamuli ini sebagai kenang kenangan.

6.     Kain Sumba Motif  Garis

Kain Sumba Motif Garis  Foto: hijf-ringan.blogspot.com

Kain Sumba Motif Garis juga merupakan kain khas Sumba Barat, dan yang membedakan dengan motif Mamuli adalah Motif Kain Garis digunakan untuk para pria.  Kain ini juga digunakan untuk pria saat melaksanakan tradisi Belis (seserahan).

Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat, jangan lupa berkunjung ke pasar pasar tradisional yang menjual kain dengan motif garis. Harga kain ini adalah Rp 800.000, dan kamu bisa menjadikan kain ini sebagai oleh oleh.

BACA JUGA YA

**

Kain adalah salah satu unsur budaya yang wajib kita lestarikan  dan jangan sampai punah. Kain Sumba  sendiri sangat beragam termasuk motifnya, dan  didalamnya terkandung nilai filosofis. Yuk kita berkunjung ke Pulau Sumba, dan beli kain khas Sumba yang motifnya sangat bagus serta menarik.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x