6 Pulau Terpanas di Indonesia yang Bikin Gersang Tanahnya

Indonesia diklaim sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Memang, banyak pulau, baik besar hingga kecil masuk ke dalam wilayah nusantara. Bahkan pulah terpanas di Indonesia juga ada.

Bukan hanya udara di sekitar membuat gerah. Saking panasnya, tanah yang terdapat di area pulau tersebut juga sampai gersang.

Meski begitu, panasnya udara dan gersangnya tanah di pulau-pulau terpanas di Indonesia tersebut tidak membuat keindahannya menghilang.

Justru, pulau tersebut mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Karena selain panas, destinasi itu memiliki keintimewaan tersendiri. Berikut ulasan singkatnya.

Masalembu

Namanya mungkin masih asing. Namun, pulau yang disebut-sebut misterius dan wilayah perairannya sering dikaitkan dengan segitiga bermuda ini cukup menarik untuk dikunjungi.

Pulau Terpanas di Indonesia

Pulau Masalembu (Sumber: instagram/nbilamrs)

Pulau ini cukup terpencil di Laut Jawa yang berada di antara Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Karena hal ini pula, mayoritas penduduk di Masalembu adalah suku Madura dan sebagian lainnya adalah suku Mandar, Sulawesi Barat.

Secara administratif, Masalembu merupakan sebuah kecamatan dan bagian dari Kabupaten Sumenep, Jawa Timur meski sebenarnya lokasi pulau ini lebih dekat dari Kalimantan Selatan.

Di balik tanahnya yang terlihat gersang dan tandus, wilayah salah satu pulau terpanas di Indonesia ini sangat eksotis. Terdapat banyak wisata yang bisa dikunjungi, seperti Dermaga Cinta, Pantai Songgo, atau Pantai Cemara di Desa Masalima.

Untuk menjangkau pulau terpanas di Indonesia ini, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Kalianget maupun Tanjuk Perak. Waktu tempuhnya sekitar 12 sampai 15 jam perjalanan laut menggunakan kapal perintis.

Kamu perlu menyediakan dana sekitar Rp31 ribu untuk tiket Kapal Pelni yang umumnya berangkat hari Senin. Pemesanan tiket bisa dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Pulau Timor

Pulau Timor

Pulau Timor (Sumber: instagram/ignatiaarina)

Sekitar Agustus, September, sampai Oktober, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur berada di puncak kemarau. Sehingga membuat area ini tampak kering kerontang.

Sebagian besar salah satu pulau terpanas di Indonesia ini adalah bebatuan karang, batuan kapur dikelilingi lautan lepas. Beberapa sumber air seperti Oehala dan Oenesu juga ada.

Menuju Pulau Timor, kamu bisa menggunakan pesawat menuju Bandara El-Tari, Kupang. Kemudian dari Kupang, jalur darat bisa kamu gunakan supaya sampai di Timor.

Pulau Rote

Pulau paling selatan di Indonesia yang masuk ke dalam wilayah administrasi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Australia ini tidak kalah panas.

Pulau Rote

Pulau Rote (Sumber: instagram/tengakarta)

Kendati demikian, salah satu pulau terpanas di Indonesia dengan luas sekitar 1.200 kilometer persegi ini memiliki daya tarik terkait pariwisata. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang rela berkunjung ke wilayah Indonesia bagian timur ini.

Kamu bisa mengunjungi Pulau Rote dengan menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara El-Tari, Kupang, NTT.

Kemudian dari Bandara El-Tari, penerbangan singkat menggunakan pesawat kecil dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dilakukan untuk mencapai Bandara David Constantine Saudale di Pulau Rote.

Pulau Madura

Pulau Madura

Bukit Jaddih Pulau Madura (Sumber: instagram/surya_bw879)

Sudah bukan rahasia lagi jika Pulau Madura tampak gersang. Bisa dibilang wilayah yang berbatasan dengan Surabaya ini adalah salah satu pulau terpanas di Indonesia.

Namun, di balik tanahnya yang gersang, pulau terpanas di Indonesia ini memiliki banyak wisata yang cantik. Wisata di Madura ini mencakup wisata alam seperti pantai maupun destinasi religi.

Cara menjangkau Pulau Madura bisa menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Ferry Surabaya menuju Kamal, Madura. Atau bisa juga menggunakan jalur darat dengan menyeberangi Jembatan Suramadu.

Pulau Sumba

Berada di Sumba, tepatnya di Puru Kambera, kamu akan melihat keindahan padang savana seperti Afrika yang gersang saat musim kemarau tiba.

Letak wilayah di salah satu pulau terpanas di Indonesia adalah Sumba Timur. Atau lebih tepatnya sekitar 24 kilometer dari Kota Waingapu.

Pulau Sumba

Puru Kambera Pulau Sumba (Sumber: instagram/dheajah__)

Padang savana Puru Kambera terletak sekitar 2 sampai 3 kilometer dari area pantai sebagai destinasi utamanya. Selain pesisir, di sini kamu juga bisa melihat kuda liar Sumba di alam bebas.

Khususnya saat musim kemarau, kamu bisa melihat hewan-hewan tersebut berkeliaran dan aktif merumput di area savana.

Nah, untuk mencapai Puru Kambera di Pulau Sumba, kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi maupun sewa. Waktu tempuh dari Kota Waingapu sekitar 1 jam perjalanan.

Perlu kamu tahu, tidak ada angkutan umum menuju wisata yang terdapat di salah satu pulau terpanas di Indonesia ini.

Pulau Sabu

Dikenal pula dengan nama Pulau Sawu, wilayah ini berada di sebelah timur Pulau Sumba dan sebelah barat Pulau Rote. Secara administratif, salah satu pulau terpanas di Indonesia ini berada di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Sabu

Kelabba Maja Pulau Sabu (Sumber: instagram/anw.t.h)

Meski tanahnya gersang dan tandus, namun pulau terpanas di Indonesia memiliki potensi wisata yang menakjubkan.

Salah satu destinasi yang cukup populer adalah Kelabba Maja yang meraih juara 1 Anugerah Pesona Indonesia (API), Kementerian Pariwisata untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler tahun 2018.

Menuju pulau terpanas di Indoenesia ini, kamu bisa menggunakan pesawat perintis yang jalur penerbangannya dibuka dari Bandara El-Tari Kupang ke Bandara Tardamu, Sabu. Selain itu, ada pula jalur penerbangan dari Kota Ende ke Pulau Sabu.

Nah, itulah sederet pualu terpanas di Indonesia yang tanahnya sampai gersang. Meski begitu, soal potensi pariwisatanya tidak akan diragukan lagi.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x