Keindahan Air Terjun Laputi Sumba Yang Luar Biasa

Pulau Sumba memang dikenal dengan alamnya yang indah. Terutama Air Terjun Laputi Sumba yang dianggap destinasi wisata paling mempesona di sana. Bahkan ada kisah mistis yang tersebar mengenai curug ini.

Di artikel travelling berikut ini akan di-review secara singkat tentang Air Terjun Laputi. Area wisata yang menakjubkan dan layak untuk dikunjungi. Maka dari itu silakan dibaca artikelnya dan ini ulasan lengkapnya:

Pesona Wisata Air Terjun Laputi Sumba

Air Terjun Laputi Sumba

Air Terjun Laputi Sumba//Reyginawisataindonesia

Air Terjun Laputi Sumba adalah air terjun yang dikelilingi oleh batu-batu sungai berbagai ukuran. Uniknya batu ini terbentuk secara alami dan terlihat seperti undakan atau tangga. Sehingga terkadang pengunjung menjadikannya sebagai tempat untuk selfie.

Karena Air Terjun Laputi berada di tengah-tengah Taman Hutan Lindung Nasional Laiwangi Wanggameti suhu di sekitar air terjun dingin dan sejuk. Bahkan di siang hari sekalipun udaranya tidak panas karena banyak pepohonan tinggi.

Sekalipun demikian bias cahaya matahari yang menyentuh air terjun menyemburatkan berbagai bias warna. Ini juga menambah pesona air terjun. Apalagi jika traveler berhasil naik ke puncak tebing yang terdapat air terjun utama. Pasti kamu enggan pulang.

Di Air Terjun Laputi traveler juga bisa melakukan pesta belut. Terutama yang beruntung menemukannya di air terjun. Umumnya belut ini berasal dari Danau Laputi yang berada di puncak air terjun. Sayang ketika masih di danau belut tidak boleh ditangkap.

Cerita Mistis Tentang Belut Apu

Di puncak Air Terjun Laputi Sumba terdapat danau cukup besar yang diberi nama Danau Laputi. Di danau ini banyak ditemukan hewan belut yang diberi nama Apu. Menurut masyarakat sekitar Belut Apu adalah ruh nenek moyang masyarakat di sana.

Uniknya belut ini bisa dipanggil oleh traveler. Caranya cukup mudah hanya dengan memanggil dengan sebutan “Apu” saja beberapa kali. Biasanya belut akan muncul di dasar danau yang airnya bening tersebut.

Jika belut masih berada di danau traveler tidak boleh menangkapnya. Apalagi belum diketahui berada kadar kedalaman danau Laputi. Namun jika ikan belut jatuh di Air Terjun Laputi baru kamu bisa menangkap dan mengkonsumsinya.

Fasilitas Wisata Air Terjun Laputi Sumba

Air Terjun Laputi

Air Terjun Laputi//Detiktravel

Air Terjun Laputi sejatinya bukan tempat wisata. Hanya merupakan satu akses air yang dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik. Namun karena curug terdapat di tengah hutan yang permai dan indah maka air terjun ini layak dikunjungi oleh wisatawan.

Karena alasan di atas maka air terjun ini masih belum dikelola dengan baik. Bahkan tidak ada satupun fasilitas wisata yang dipersiapkan kecuali beberapa gardu padang dan gazebo dari kayu saja.

Bahkan untuk datang ke tempat ini kamu harus menyediakan bekal makanan dan minuman dari rumah. Karena di lokasi masih belum ada warung sebab lokasinya yang cukup masuk ke dalam hutan.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Laputi

Air Terjun Laputi Sumba berada di Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Sebuah wilayah yang jauh dari kota. Bahkan masuk ke dalam kawasan taman hutan lindung terbesar di Sumba.

Jika pelancong berangkat dari Tarimbang maka dibutuhkan perjalanan selama 2-3 jam untuk sampai ke jalan utama menuju air terjun. Setelah tiba di tempat ini traveler harus berjalan kaki melakukan tracking singkat.

Namun tidak perlu khawatir karena jalan setapak yang dilalui cukup bersahabat. Bahkan pohon gamal di pinggir-pinggir jalan bisa membuat perjalanan tidak melelahkan. Karena kamu selayaknya berjalan di taman yang dipagari pohon Sakura.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Air Terjun

Tidak ada jam buka khusus di Air Terjun Laputi. Artinya kamu bisa mengunjunginya kapan saja. Namun waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi dan siang hari. Sedangkan kalau senja hari lokasinya sangat gelap karena tidak ada akses penerangan.

Untuk tiket masuk ke air terjun Laputi masih belum tersedia. Jadi traveler bisa mendatanginya secara gratis. Sekalipun demikian ketika tiba di puncak traveler pasti merasa puas.

Untuk lahan parkir kendaraan sendiri bisa dititipkan pada masyarakat sekitar sebelum melakukan tracking. Biasanya para penduduk juga ada yang menyewakan lahannya sebagai tempat parkir.

Itulah review singkat tentang Air Terjun Laputi Sumba yang terkenal mempesona. Silakan didatangi jika ingin mendapatkan pengalaman berwisata yang luar biasa. Dijamin puas karena rasa penat langsung hilang seketika.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x